Cara Daftar SNMPTN 2022

Cara Daftar SNMPTN
Cara Daftar SNMPTN - Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022 telah resmi dibuka sejak 14 Februari hingga 28 Februari lalu.

Perlu dipahami juga jika SNMPTN adalah jalur masuk perguruan tinggi negeri menggunakan nilai rapor dan prestasi akademik yang dimiliki oleh siswa selama sekolah.

Siswa dengan nilai akademik konsisten dan memiliki prestasi lain, tentu memiliki kesempatan untuk mengikuti seleksi ini.

Sedangkan cara untuk mendaftar SNMPTN 2022 ini masih sama seperti tahun sebelumnya yang diselenggarakan secara daring melalui laman resmi Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi Negeri (LTMPT).

Sebelum mengajukan pendaftaran SNMPTN, pastikan terlebih dahulu jika Anda sudah melakukan registrasi dan memiliki akun LTMPT.

Selain itu, Anda juga harus memenuhi beberapa persyaratan yang telah ditetapkan, bila ingin mendaftar SNMPTN tersebut.

Untuk lebih jelasnya, Anda bisa simak ulasan berikut ini tentang syarat dan cara daftar SNMPTN yang bisa diterapkan.


Cara Daftar SNMPTN


1. Syarat terkait Cara Daftar SNMPTN

Cara Daftar SNMPTN
Syarat terkait Cara Daftar SNMPTN
Adapun syarat terkait cara daftar SNMPTN seperti berikut ini:
  • Mempunyai akun LTMPT yang telah difinalisasi.
  • Masuk dalam kuota pendaftaran SNMPTN atau eligible.
  • Mempunyai NISN dan terdaftar dalam portal data sekolah dan siswa (PDSS).
  • Mempunyai nilai semester 1-5 yang terlah diisi di PDSS.
  • Peserta SNMPTN yang mempunyai program studi seni dan olahraga, maka diwajibkan untuk mengunggah portofolio.
  • Mempunyai prestasi dibidang akademik dan telah memenuhi persyaratan yang ditentukan masing-masing perguruan tinggi negeri.


2. Cara Daftar SNMPTN

Cara Daftar SNMPTN
Cara Daftar SNMPTN
Ada beberapa langkah yang perlu dilakukan terkait dengan cara daftar SNMPTN, seperti berikut ini:


1. Login di Laman LTMPT

Untuk langkah pertama, silahkan masuk ke tautan berikut https://portal.ltmpt.ac.id/ atau https://snmptn.ltmpt.ac.id/.

Setelah laman terbuka, silahkan klik menu 'Masuk' kemudian login menggunakan alamat email dan password yang terdaftar di LTMPT.


2. Mengisi Pilihan Kampus dan Program Studi

Jika Anda termasuk siswa eligible, maka setelah berhasil log in akan ditampilkan Halaman Profil yang berisi Biodata.

Sebaliknya, jika Anda bukan siswa eligible, maka notifikasi berisi tulisan 'Mohon maaf, Anda tidak berhak mengikuti SNMPTN 2022. Silahkan mengikuti SBMPTN 2022", akan ditampilkan.

Siswa eligible nantinya tinggal melanjutkan ke menu Pilihan lalu klik Pilihan Prodi untuk menentukan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) atau Politeknik yang Anda inginkan.


3. Melampirkan Portfolio

Panitia penyelenggara SNMPTN 2022 juga mensyaratkan para pendaftar untuk melampirkan portfolio dan biasanya ketentuan tersebut hanya berlaku pada beberapa prodi khusus.

Syarat ketentuan mengenai portfolio ini bisa Anda lihat melalui menu Unduhan di laman LTMPT.

Setelah selesai memilih prodi yang diinginkan, silahkan klik 'Simpan Semua Pilihan' yang ada di bagian kanan atas dan sebuah konfirmasi jika prodi pilihan tidak mensyaratkan portfolio, akan muncul.


4. Melampirkan Bukti Prestasi

Setiap siswa/siswi yang ingin mendaftar SNMPTN 2022 dan tercatat memiliki prestasi, baik akademik atau non-akademik, bisa melampirkan bukti prestasinya di halaman Prestasi.

LTMPT juga membatasi level prestasi, yakni paling rendah yaitu setingkat kabupaten/ kota dan maksimal dilampirkan sebanyak tiga prestasi.

Pengisian halaman prestasi ini bersifat opsional atau tidak wajib, jika Anda tidak memiliki prestasi, mka bisa melanjutkan langsung ke tahap berikutnya.


5. Finalisasi

Sebelum masuk ke finalisasi, disarankan untuk mengecek kembali seluruh keabsahan data-data yang dilampirkan pada laman LTMPT.

Apabila semua persyaratan telah selesai diisi dan data yang dituliskan sudah diyakini benar, maka Anda bisa melanjutkan finalisasi.

Setelah menyetujui finalisasi, Anda atau peserta lainnya dinyatakan tidak bisa mengubah data atau pilihan apa pun dengan berbagai alasan.


6. Unduh Kartu Registrasi

Untuk tahap terakhir, yakni mengunduh serta mencetak kartu registrasi yang ada di bagian kanan halaman finalisasi.

Jika sudah sampai pada tahap ini, maka Anda tinggal menunggu hasil final SNMPTN yang akan diumumkan pihak LTMPT pada 29 Maret 2022 mendatang.


Akhir Kata

Demikian cara yang bisa diterapkan, jika ingin mendaftar sebagai peserta SNMPTN.

Agar bisa mengikuti proses pendaftaran, silahkan siapkan beberapa persyaratan yang dibutuhkan, seperti yang telah kami sebutkan di atas.

Selain itu, pelajari juga semua materi soal, agar Anda bisa menjawab semua soal dengan benar dan peluang untuk lulus SNMPTN semakin terbuka lebar, mengingat pendaftar berasal dari seluruh wilayan Indonesia, tentu persaingan pun semakin ketat.

Itulah seluruh isi artikel kami kali ini mengenai cara daftar SNMPTN 2022. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Dody S. Seseorang yang senang belajar dan sharing segala hal tentang teknologi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel