Cara Cek Prakerja 2022

Cara Cek Prakerja
Cara Cek Prakerja - Pasalnya pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 23 bisa mengecek hasil seleksi pada situs resmi Prakerja di www.prakerja.go.id diketahui.

Sebab pendaftaran kartu Prakerja Gelombang 23 sudah dibuka hari Kamis 17 Februari 2022 yang lalu, akan tetapi sampai saat ini belum diketahui kapan pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 23 ditutup.

Oleh sebab itu, sambil menunggu informasi pengumuman Kartu Prakerja Gelombang 23 maka anda harus melakukan pengecekkan hasil seleksinya.

Pada umumnya notifikasi hasil dari seleksi akan tampil didashboard Kartu Prakerja, buat pendaftaran Kartu Prakerja yang lolos diwajibkan ikut pelatihan Kartu Prakerja yang dilakukan secara online.

Dimana peserta bisa login ke dalam akun Kartu Prakerja pada www.prakerja.go.id, kemudian anda lakukan pengecekkan di dashboard ditanggal pengumuman secara berkala.

Untuk itulah, diartikel kali ini kami akan membagikan beberapa informasi mengenai cara cek prakerja tentunya anda simak ulasannya sebagai berikut.


Cara Cek Prakerja


1. Cara Cek Prakerja Hasil Seleksi di Dashboard

Cara Cek Prakerja
Cara Cek Prakerja Hasil Seleksi di Dashboard
Berikut cara cek Prakerja hasil seleksi di dashboard:
  • Kunjungi situs Prajkerja melalui link berikut ini https://dashboard.prakerja.go.id/daftar.
  • Apa bila di dashboard terdapat keterangan "Pendaftaran sedang didalam evaluasi" itu berarti proses seleksi sedang berjalan.
  • Jika anda ingin mengetahui, apakah lolos seleksi gelombang dengan melakukan cek dashboard secara berkala.
  • Kalau lolos seleksi, maka peserta akan memperoleh notifikasi pada dashboard dan diminta menonton tiga video pengenalan program Kartu Prakerja.
  • Kemudian peserta bisa melihat Nomor Kartu Prakerja dan saldo pelatihan pada dashboard, sehingga anda segera beli satu pelatihan dari tujuh platform digital yang terdapat.
  • Apa bila tidak lolos seleksi dapat mengetahui alasannya dari riwayat gelombang di dashboard.


2. Cara Cek Prakerja dengan SMS Pemberitahuan

Cara Cek Prakerja
Cara Cek Prakerja dengan SMS Pemberitahuan
Bukan hanya cara cek prakerja itu saja, buat pendaftaran yang lolos seleksi Kartu Prakerja Gelombang 23 juga akan menerima notifikasi kelolosan lewat SMS.

Namun anda harus pastikan nomor telepon yang telah didaftarkan di akun Kartu Prakerja aktif, sedangkan itu peserta yang tidak lolos tidak akan memperoleh SMS pemberitahuan.

Bagi peserta yang telah dinyatakan lolos, dimana akan memperoleh biaya pelatihan dan insentif pascapelatihan untuk meningatkan kemampuan.

Dimana bantuan dana pelatihan yang diperoleh sebesar Rp 1.000.000 sedangkan untuk dana insentif pasca pelatihan sebesar Rp 2.400.000 yang akan diberikan sebesar Rp 600.000 selama 4 bulan.

Namun terakhir dana insentif pengisian 3 survei evaluasi Rp 150.000 yang telah dibayarkan sebesar Rp 50.000 survei, dimana bantuan insentif akan memberikan jika peserta selesai melakukan pelatihan.


3. Cara Cek Prakerja dengan Mengikuti Pelatihan Kartu Prakerja

Cara Cek Prakerja
Cara Cek Prakerja dengan Mengikuti Pelatihan Kartu Prakerja
Berikut cara cek Prakerja dengan mengikuti pelatihan Kartu Prakerja:
  • Pertama-tama cek dashboard akun Prakerja untuk bisa memastikan dana pelatihan telah tersedia melalui link berikut ini https://dashboard.prakerja.go.id/daftar.
  • Setelah itu bandingkan pelatihan pada Bukalapak, ingin Belajar Apa, Pintaria Pijar Mahir, Sisnaker, Sekolahmu atau Tokopedia.
  • Dimana peserta diharuskan menonton video mengenai Kartu Prakerja yang terdapat pada dashboard sebelum membeli pelatihan pertama.
  • Lalu pilih pelatihan disesuaikan kebutuhannya.
  • Kemudian anda beli pelatihan dan bayar dengan menggunakan nomor Kartu Prakerja.
  • Sebab batas waktu pembelian pelatihan yakni 30 hari sejak menerima SMS pengumuman, jika melalui dari waktu ini maka kepesertaan akan dicabut.

Pasalnya bantuan Kartu Prakerja tidak diberikan dalam kebentuk kartu fisik, maka peserta akan memperoleh Nomor Kartu Prakerja yang bisa dipakai untuk membeli pelatihan.

Namun dimasa pemberian bantuan intensif tersebut, itupun hanya akan berlaku selama tiga hingga empat bulan lamanya.


4. Cara Cek Prakerja dengan Menukarkan Kode Voucher

Cara Cek Prakerja
Cara Cek Prakerja dengan Menukarkan Kode Voucher
Berikut cara cek Prakerja dengan menukarkan kode voucher:
  • Dimana peserta membeli pelatihan disalah satu dari platform digital yang tersedia disana, hanya dengan cara memilih pelatihan yang mau dan membayar dengan memakai 16 angka Nomor Kartu Prakerja.
  • Dimana peserta membeli pelatihan termasuk dari platform digital yang tersedia disana, hanya dengan cara memilih pelatihan yang mau dan membayar dengan memakai 16 angka Nomor Kartu Prakerja.
  • Namun anda harus memastikan nomor Handphone yang dipakai mendaftar Kartu Prakerja aktif, dikarenakan peserta akan menerima nomor OTP.
  • Jika sudah, maka peserta memperoleh kode Voucher berbentuk gabungan acak huruf ataupun angka.
  • Tinggal salin kode voucher ini untuk digunakan dalam mengakses pelatihan yang telah dipilih.
  • Lalu buat akun (sign up) atau bisa masuk (sign-in) ke dalam halaman lembaga pelatihan yang dipilih.
  • Kemudian anda cari kelas yang sudah dipilih atau dibeli.
  • Tahap terakhir, anda masukkan kode voucher lalu peserta baru dapat memulai pelatihan.


Akhir Kata

Demikianlah penjelasan yang telah kami sampaikan untuk anda, dimana informasi sangat penting buat anda ketahui didalam melakukan pengecek Prakerja.

Namun anda harus ingat, jika anda ingin informasi lebih detailnya silahkan anda langsung ke lembaga pelatihan yang anda pilih.

Apa lagi, kalau anda ingin menukarkan kode voucher sebaiknya anda ke lembaga pelatihannya masing-masing dimana Kartu Prakerja ini untuk meningkatkan SDM Sumber daya manusia.

Itulah seluruh isi artikel kita kali ini mengenai cara cek Prakerja. Sekian dan selamat mencoba.
Dody S. Seseorang yang senang belajar dan sharing segala hal tentang teknologi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel