Aplikasi Proyektor untuk Laptop 2022

Aplikasi Proyektor untuk Laptop
Aplikasi Proyektor untuk Laptop - Proyektor laptop memang akan selalu dibutuhkan, terutama saat Anda akan melakukan presentasi atau kegiatan sejenis yang membutuhkan layar lebar.

Dengan perangkat tersebut, maka pekerjaan jauh lebih ringan untuk dijalankan, tanpa terlalu banyak menjelaskan.

Karena, materi yang ingin disampaikan sudah bisa dibaca langsung oleh para audiens, melalui layar lebar yang telah disiapkan guys.

Di sisi lain, terkadang Anda juga membutuhkan dual display alias dua layar untuk kebutuhan tertentu, sehingga meningkatkan produktivitas.

Oleh karena itu, kami memberikan sedikit tips mudah untuk menghubungkan laptop ke proyektor di Windows 10, 11 atau versi di bawahnya. Agar lebih praktis dan evisien, Anda bisa memanfaatkan aplikasi proyektor khusus untuk laptop.


Pembahasan Aplikasi Proyektor untuk Laptop

Tetapi, sebelum menggunakan aplikasi proyektor tersebut, pastikan terlebih dahulu Anda sudah mengetahui port apa saja yang mendukung perangkat.

Umumnya proyektor masih menggunakan port VGA dan termasuk port yang terbilang cukup mainstream.

Namun, laptop versi terbaru sudah mulai meninggalkan port VGA, sehingga Anda perlu peralatan tambahan yang disebut converter VGA to HDMI.

Bila sudah memiliki converter tersebut, Anda bisa langsung menghubungkan perangkat tanpa perlu menggunakan aplikasi proyektor untuk laptop atau Windows.


Aplikasi Proyektor untuk Laptop


Cara Mengubungkan Perangkat tanpa Aplikasi Proyektor untuk Laptop

Aplikasi Proyektor untuk Laptop
Cara Mengubungkan Perangkat tanpa Aplikasi Proyektor untuk Laptop
Bila laptop Anda mempunyai port VGA, maka tinggal di colok saja, tanpa harus menggunakan aplikasi guys.

Tentu hal ini termasuk berita bagus, karena Anda tidak perlu repot-repot untuk mendownload dan install aplikasi lagi.

Berikut ini cara menghubungkan perangkat tanpa aplikasi proyektor untuk laptop, yang bisa diterapkan:


1. Menghubungkan Perangkat dengan Proyektor

  • Silahkan colok converter VGA to HDMI ke laptop. Jika laptop mempunyai colokan atau port VGA maka tinggal dicolok saja.
  • Lalu colok kabel VGA proyektor ke converter atau langsung ke laptop jika mendukung.
  • Kemudian tekan tombol Windows (keyboard berlogo windows) + P, jika sudah terhubung dan pilih output yang Anda inginkan.
  • Selesai dan Anda sudah bisa menampilkan apa yang ada di laptop ke proyektor.

2. Opsi untuk Menampilkan Apa yang Ada di Laptop ke Proyektor

  • PC Screen Only. Opsi ini bisa Anda pilih, bila belum siap untuk menampilkan apapun di proyektor. Sehingga, display nya hanya yang tampil di laptop Anda saja.
  • Duplicate. Opsi ini bisa dipilih bila Anda ingin menampilkan ke proyektor dengan tampilan yang sama persis dengan yang ada di laptop. Sesuai dengan namanya duplicate alias duplikasi, maka opsi ini bisa dipilih untuk memperluas layar Anda. Jadi, dengan tampilan layar yang jauh lebih luas, Anda bisa menampilkan presentasi di proyektor secara maksimal, sedangkan layar laptop untuk browsin dan lainnya.
  • Second Screen Only. Opsi ini biasanya akan menampilkan layar proyektor sebagai layar utamanya, sedangkan layar laptop yang sebenarnya akan mati.

Akhir Kata

Demikian ulasan mengenai cara menyambungkan perangkat Windows yang ada di laptop atau PC, tanpa perlu menggunakan aplikasi proyektor khusus untuk laptop.

Dengan begitu, Anda tidak perlu menginstall aplikasi lagi, cukup manfaatkan converter yang ada dan peralatan lainnya.

Namun, metode ini lumayan ribet, karena Anda harus menyiapkan lebih banyak peralatan, bila dibandingkan dengan menggunakan aplikasi.

Itulah seluruh isi artikel kami kali ini mengenai aplikasi proyektor untuk laptop 2022. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Dody S. Praktisi teknologi, editor dan jurnalis di 1001Media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel