Cara Translate Jurnal Inggris ke Indonesia 2022

Cara Translate Jurnal Inggris ke Indonesia
Cara Translate Jurnal Inggris ke Indonesia - Buat anda yang saat ini ingin menerjemahkan jurnal Bahasa Inggris, kami punya caranya untuk anda.

Untuk akademisi seperti halnya Mahasiswa atau Dosen pastinya saat ini lagi mengerjakan skripsi, tesis atau disertasi tentu saja anda akan memperoleh referensi jurnal internasional berbahasa Inggris.

Dikarenakan umumnya, jika digunakan jurnal internasional akan lebih berkualitas apa lagi di beberapa kampus di Indonesia para dosen mewajibkan karya ilmiah mahasiswanya.

Pasalnya di haruskan memakai referensi jurnal internasional, namun yang jadi masalah utamanya di jurnal internasional biasanya Bahasa Inggris.

Terlebih lagi lagi bagi orang yang tidak ahli di bidang ini, biasanya mereka akan memakai Google penerjemah didalam menerjemahkan bahasa dan itu adalah senjata andalannya.

Jadi masalahnya, jika menggunakan alat penerjemah yang dimana jumlah mau diterjemahkan banyak itu pastinya akan merepotkan jika harus mengetik ulang dari PDF atau copy paste ke Google translate.

Kami punya solusi buat anda, untuk itu silahkan anda ikuti artikel ini dimana akan menjelaskan cara translate jurnal Inggris ke Indonesia sebagai berikut.


Cara Translate Jurnal Inggris ke Indonesia



1. Cara Translate Jurnal Inggris ke Indonesia dengan Google Docs

Cara Translate Jurnal Inggris ke Indonesia
Cara Translate Jurnal Inggris ke Indonesia dengan Google Docs
Pasalnya Google Docs, akan menampilkan template disesuaikan dengan asli sebelum melakukan terjemahan apa bila anda menggunakan Google penerjemah maka akan mengalami perubahan.

Berikut cara translate jurnal Inggris ke Indonesia dengan Google Docs:
  • Pertama-tama, buka berkas dokumen yang terdapat pada Google Docs.
  • Lalu anda pilih opsi Alat > Terjemahkan dokumen.
  • Setelah itu pilih opsi Bahasa, lalu klik Terjemahkan sebab anda akan menemukan berbagai macam bahasa yang ada di dunia.
  • Selanjutnya anda tunggu beberapa saat lagi, maka hasil terjemahan akan langsung terbuka di tab baru.
  • Google Docs sendiri memiliki keunggulan, sebab format penulisan hasil dari terjemahan akan mirip dengan dokumen aslinya.
  • Jika anda belum mempunyai dokumen yang terupload pada Google Docs, anda dapat mengunggahnya melalui Google Drive lho guys.


2. Cara Translate Jurnal Inggris ke Indonesia Melalui Ms Word

Cara Translate Jurnal Inggris ke Indonesia
Cara Translate Jurnal Inggris ke Indonesia Melalui Ms Word
Mungkin anda sudah gak asing lagi dengan software satu ini, tentu saja semua mahasiswa atau dosen sudah sangat familiar dengan software dari Microsoft tersebut.

Lewat Ms Word tersebut, anda dapat menerjemahkan dokumen tanpa memakai peralatan tambahan lainnya bukan hanya proses yang gampang pasalnya anda tidak perlu lagi copy paste dokumennya.

Dalam hal ini, cukup memanfaatkan menu yang terdapat di Ms Word yang telah disediakan di sana maka anda bisa menerjemahkan jurnal dari Bahasa Inggris ke Indonesia.

Berikut cara translate jurnal Inggris ke Indonesia Melalui Ms Word:
  • Terlebih dahulu, anda buka file dokumen dengan menggunakan Ms.Word.
  • Lalu pilih teks yang anda ingin terjemahkan, pasalnya anda bisa memilih teks tertentu dengan cara select. Akan tetapi, anda nantinya diberi kesempatan untuk melakukan penerjemahan seluruh dokumen secara bersamaan tanpa harus ribet.
  • Selanjutnya anda tentukan teks mana yang ingin diterjemahkan, lalu anda pilih opsi menu Revie yang terdapat pada navigasi bar Ms Word.
  • Disana akan ada beberapa bahasa internasional, bukan hanya Inggris saja namun anda juga bisa melakukan penerjemahan balik contohnya saja Indonesia ke Inggris atau sebaliknya.
  • Maka anda menunggu beberapa saat sampai proses penerjemahan selesai.
  • Apa lagi hasil dari penerjemahan akan ditampilkan pada bagian samping kanan, dilayar komputer anda.


3. Cara Translate Jurnal Inggris ke Indonesia dengan Google Translate

Cara Translate Jurnal Inggris ke Indonesia
Cara Translate Jurnal Inggris ke Indonesia dengan Google Translate
Berikut cara translate jurnal Inggris ke Indonesia dengan Google Translate:
  • Dalam hal ini, anda dapat mengetik langsung di kolom yang disediakan jika ingin copy paste dari dokumen juga bisa dilakukan.
  • Selanjutnya anda dapat mengupload dokumen didalam bentuk Ms Word ataupun PDF, jika anda melakukan cara tersebut. Apa bila anda telah mengisikan yang anda mau terjemahkan, silahkan anda klik Terjemahkan lalu Google secara otomatis akan segera menerjemahkan dokumen anda menurut bahasa yang dipilih.


4. Cara Translate Jurnal Inggris ke Indonesia Lewat Onlinedoctranslator.com

Cara Translate Jurnal Inggris ke Indonesia
Cara Translate Jurnal Inggris ke Indonesia Lewat Onlinedoctranslator.com
Berikut cara translate jurnal Inggris ke Indonesia lewat Onlinedoctranslator.com:
  • Silahkan anda kunjungi melalui link berikut ini (Onlinedoctranslator.com), lalu anda pilih opsi menu "Translator" pada bagian atas kemudian scroll sampai kebawah dan cari kotak bertuliskan "Upload File".
  • Jika di klik, anda akan diminta mengupload jurnal yang mau anda terjemahkan ke dalam bentuk PDF. Silahkan anda tunggu beberapa saat, pasalnya situs akan langsung mendeteksi bahasa apa saja yang maau dipakai.
  • Apa bila telah selesai, maka pilih jurnal tersebut yang ingin diterjemahkan ke bahasa apa saja tinggal klik 'Translate" jika proses terjemahan telah selesai. Kemudian secara otomatis akan didownload ke dalam format yang persis yakni PDF, bukan hanya menerjemahkan namun situs ini memiliki fitur mengubah file dari PDF ke Word atau JPG.


Akhir Kata

Begitulah penjelasan yang telah kami sampaikan buat anda, bahwasannya keempat cara barusan sebetulnya masih ada lagi cara lagi menerjemahkan jurnal Bahasa Inggris ke Indonesia.

Pasalnya anda dapat memanfaatkan aplikasi web online pada internet sama halnya onlinedoctranslator.com atau yang lain sebagainya.

Dalam hal ini, anda bisa gunakan cara yang kami bagikan diatas untuk memudahkan anda menerjemahkan jurnal Inggris ke Indonesia.

Itulah seluruh isi artikel kita kali ini mengenai cara translate jurnal Inggris ke Indonesia. Sekian dan selamat mencoba.
Dody S. Praktisi teknologi, editor dan jurnalis di 1001Media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel