Cara Setting Ethernet di Android 2022

Cara Setting Ethernet di Android
Cara Setting Ethernet di Android - Dapat terkoneksi ke internet menggunakan jaringan wireless adalah hal yang umum dilakukan saat ini dan menjadi pilihan utama bagi para pengguna internet, karena memang sangat nyaman digunakan.

Tetapi, kecepatan wirelee terkadang tidak konsisten dan lebih berpotensi menimbulkan masalah keamanan saat digunakan.

Hal tersebut sebenarnya biasa terjadi, khususnya saat banyak orang menggunakan koneksi wifi pada waktu yang bersamaan.

Tentu saja, hal tersebut menjadi sesuatu yang tidak bisa diandalkan, karena akan menganggu kenyamanan kita saat berselancar di dunia internet.

Untuk itu, jika masalah tersebut terjadi pada Anda dan ingin menggunakan kecepatan internet tercepat yang tersedia di perangkat Android, maka bisa melakukan setting pada bagian ethernet atau jaringan LAN.

Nah, berikut ini kami akan bagikan tips atau cara setting ethernet di Android yang bisa diterapkan, agar bisa menikmati kecepatan internet yang stabil di Android.


Cara Setting Ethernet di Android


1. Cara Setting Ethernet di Android dengan Mudah

Cara Setting Ethernet di Android
Cara Setting Ethernet di Android dengan Mudah
Sebelum melakukan setting ethernet atau jaringan LAN di Android, maka Anda harus menyiapkan beberapa hal penting atau peralatan, agar proses settingnya berjalan dengan lancar.

Setelah peralatan penting tersebut siap, barulah Anda bisa memulai proses setting ethernet di perangkat Android.

Adapun cara setting ethernet di Android dengan mudah sebagai berikut:


1. Menyiapkan Peralatan Penting

  • Pastikan perangkat Android Anda dilengkapi dengan Sistem Operasi Android minimal 6.0.1 Marshmallow. Android versi ini dirilis sejak bulan Oktober 2015 lalu dan mempunyai driver baru yang mampu menghubungkan perangkar Android secara langsung ke koneksi ethernet atau kabel LAN, tanpa harus menggunakan akses root terlebih dahulu. Bila ingin mengetahui versi perangkat Android Anda, silahkan ekses menu Settings lalu pilih About Device.
  • Kabel USM ORG cabel. USB OTG adalah singkatan dari USB on-the-go yang berupa kabel kecil yang telah terkoneksi ke port micro USB di perangkat Android. Kabel ini biasanya digunakan untuk menyalin file ke flashdisk atau HPP eksternal. Namun, bisa juga digunakan untuk terkoneksi ke jaringan LAN atau ethernet.
  • Kabel USB ke LAN. Komponen terakhir atau ketiga yang berfungsi untuk menghubungkan perangkat Android ke jaringan LAN atau ethernet. Kabel ini juga sering digunakan untuk menggantikan port LAN di laptop atau PC, agar bisa terkoneksi ke internet menggunakan jaringan kabel LAN.


2. Proses Setting Ethernet di Android

Proses setting ethernet ke Android sangat mudah dilakukan, asalkan ketiga peralatan atau komponen yang telah kami sebutkan di atas sudah siap guys dan berikut ini langkah-langkahnya:
  • Silahkan hubungkan kabel ethernet ke kabel adpter USB ke ethernet.
  • Lalu diikuiti dengan menghubungkannya ke kabel adapter USB OTG.
  • Setelah itu, hubungkan kabel USB OTG ke perangkan Android.
  • Ikon ethernet nantinya akan ditampilkan di pojok kanan atas dan seluruh aplikasiyang sudah terinstall di Android, koneksinya akan pindah ke jaringan kabel LAN atau ethernet. Silahkan matikan jaringan wifi dan lakukan pengecekan kecepatan jaringan seperti biasanya.

2. Tips Mengatasi Masalah yang Timbul Saat Menerapkan Cara Setting Ethernet di Android

Cara Setting Ethernet di Android
Tips Mengatasi Masalah yang Timbul Saat Menerapkan Cara Setting Ethernet di Android
Walaupun cara setting ethernet di Android terbilang mudah untuk diterapkan, namun pada kenyataannya masih ada beberapa masalah yang mungkin timbul dan membuat koneksi internet tidak bisa berjalan dengan lancar.

Tapi jangan khawatir guys, karena masalah yang timbul tersebut bisa diatasi dengan cara di berikut ini:
  • Mengaktifkan mode pesawat di Android, jika masalah yang timbul pada koneksi internet. Lakukan opsi ini beberapa kali dan lihatlah, apakah ikon ethernet sudah muncul di pojok kanan atas atau tidak.
  • Memastikan driver-driver mendasar agar tetap ada di perangkat Android, karena jika driver utama dibutuhkan oleh Android tidak tersedia, maka akan mempengaruhi kondisi koneksi internet. Bila tidak tahu atau lupa apakan telah uninstall driver, silahkan lakukan factory reset untuk mengatasinya.

Akhir Kata

Demikian cara yang bisa diterapkan, jika ingin menyetting ethernet di perangkat Android Anda.

Terhubung atau terkoneksi ke jaringan kabel ethernet dari perangkat Android adalah salah satu solusi ampuh yang bisa diterapkan, bila ingin menikmati kecepatan internet yang stabil dan kuat.

Metode ini juga bisa dimanfaatkan sebagai alternatir lain ketika jaringan wifi yang tersedia di sekitar Anda tidak bisa digunakan.

Itulah seluruh isi artikel kami kali ini mengenai cara setting ethernet di Android 2022. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Dody S. Seseorang yang senang belajar dan sharing segala hal tentang teknologi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel