Cara Memulai Classroom 2023

Cara Memulai Classroom
Cara Memulai Classroom - Jika anda masih bingung, bagaimana cara memulai memakai aplikasi Google Classroom ini, apa lagi aplikasi konferensi video tersebut digolongkan populer.

Bukan hanya Zoom saja yang dipergunakan, pada saat kegiatan belajar mengajar kembali di adakan pada tahun ajaran baru ini.

Seperti yang anda ketahui, ditengah pandemi Covid-19 ini masih saja terjadi hal tersebut itupun menyebabkan sebagian besar kegiatan belajar dan mengajar belum dapat dilakukan secara tatap muka.

Itupun tergantung dari gurunya yang menggunakan Zoom, namun terdapat juga yang GCR menurut Gemilang bisa di lihat di wilayah Tanggerang Selatan menggunakan sistem GCR sebagai Classroom.

Apa lagi aplikasi ini dipergunakan dikarenakan menawarkan kemampuan untuk dapat membantu para guru mengelola tugas kelas, menilai hasil dan memberikan masuk kepada para siswa.

Bahkan pihak Google sendiri memberikan panduan atau langkah-langkah, untuk bisa memulai memakai Classroom didalam Google Blog.

Untuk lebih jelasnya, diartikel kali ini kami akan membagikan beberapa informasi seputar cara memulai Classroom tentunya anda simak ulasan sebagai berikut.


Cara Memulai Classroom



Cara Memulai Classroom

Cara Memulai Classroom
Cara Memulai Classroom
Apa bila anda ingin memulai Classroom, namun tidak tahu cara menggunakannya apa lagi baru-baru saja memakainya untuk memulai mengajar lewat Google Classroom.

Untuk anda yang belum paham betul, oleh sebab itu kami akan memberikan langkah-langkah cara memulai Classroom tentunya anda simak berikut ini.


1. Cara Memulai Classroom dengan Mempunyai Akun G Suite for Education

Untuk cara memulai Classroom, maka para pengajar dan juga siswa di haruskan mempunyai akun G Suite for Education agar bisa memakai Google Classroom.

Pasalnya Administrator G Suite, diharuskan menyiapkan akun untuk sekolah apa bila diperlukan walaupun semua orang yang memiliki akun dari Gmail dapat membuat Google Classroom.

Apa lagi para pengguna di haruskan menggunakan akun G Suite for Education, kalau memakai Google Classroom hanya untuk keperluan sekolah.

Dalam hal ini, akun dari G Suite for Education maka sekolah dapat memutuskan layanan Google apa pun itu yang dapat digunakan oleh para siswa mereka.

Maka akun G Suite for Education juga telah menyediakan, berbagai perlindungan privasi dan juga keamanan tambahan yang cukup penting didalam lingkungan sekolah.

Bahkan bisa memperoleh aplikasi Classroom didalam perangkat Android, iOS dan juga Chrome OS. gimana mudahkan?.


2. Cara Memulai Classroom dengan Membuat Kelas

Cara memulai Classroom selanjutnya, pasalnya Google Classroom merupakan ruang tempat para siswa dapat menerima tugas dan juga membaca pengumuman.

Tinggal anda buka Classroom di Google.com, dalam hal ini untuk bisa memulai maka anda bisa langsung mengoperasikan kelas didalam waktu singkat.


3. Cara Memulai Classroom dengan Mengundang Siswa dan Wali ke Kelas

Cara memulai Classroom selanjutnya, para pengguna di haruskan mengundang siswa dan wali kelas supaya mereka dapat melakukan pendaftaran dirinya dengan mengundang melalui email dan kode.


4. Cara Memulai Classroom dengan Menyiapkan Sistem dan Kategori Nilai

Cara memulai Classroom selanjutnya, pasalnya pengguna dapat memilih sistem penilaian "Poin Total" atau "Bobot Nilai Berdasarkan Kategori".

Maka perhitungan nilai akan dilakukan dalam hal ini kategori nila dan pengguna dapat digolongkan ke tugas kelas berupa esai, pekerjaan rumah dan ujian.

Apa bila tidak ingin menggunakan sistem penilaian, itu sebabnya pengguna dapat memilih "Tanpa Nilai Keseluruhan" hingga tidak akan terdapat penilaian.

Walaupun tidak menetapkan dari sistem penilaian, maka pengguna masih dapat memakai Google Classroom untuk bisa membagikan materi dan juga komunikasi dengan para siswa.


5. Cara Memulai Classroom dengan Membuat Tugas Berdasarkan Topik

Cara memulai Classroom selanjutnya, maka pengguna dapat mengupload tugas ke beberapa kelas secara bersamaan ke masing-masing para siswa.

Bahkan bisa memberikan masuk untuk tugasnya, menilai dan juga mengembalikan tugas beserta menggunakan ulang tugas bukan itu saja.

Para pengguna dapat menambahkan pertanyaan pada halaman Classroom, itu adalah cara tercepat dan gampang untuk melakukan absensi.


6. Cara Memulai Classroom dengan Kuis

Cara memulai Classroom selanjutnya didalam Google Classroom maka pengguna dapat membuat kuis, mengimpor nilai kuis dan juga memberikan nilai ke para siswa.


7. Cara Memulai Classroom dengan Kelas Online Live

Untuk cara memulai Classroom terakhir ini, lewat kelas online ini bisa membuat anak-anak menjadi lebih tertarik dan menumbuhkan rasa saling terhubung.

Tentunya kebersamaan lewat konferensi video memakai Google Meet, pastinya secara langsung dari Google Classroom maka pengguna dapat menyiapkan jam konsultasi digital.


Akhir Kata

Demikianlah penjelasan yang telah kami sampaikan untuk anda, tentu saja dengan cara ini anda dapat memulai melakukan Classroom.

Apa lagi ditengah pandemi seperti sekarang ini yang mengharuskan, para guru dan siswa harus bertatap muka melalui digital belum bisa sepenuhnya kembali normal.

Untuk itulah, segera gunakan cara yang kami berikan ini agar anda bisa memulai Classroom-nya dan jjangan sampai lupa bagikan link artikel ini supaya memperoleh update terbaru.

Itulah seluruh isi artikel kita kali ini mengenai cara memulai Classroom. Sekian dan semoga bermanfaat.
Dody S. Praktisi teknologi, editor dan jurnalis di 1001Media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel