Cara Daftar DTKS Online Lewat HP 2022

Cara Daftar DTKS Online Lewat HP
Cara Daftar DTKS Online Lewat HP - Sejak masa pandemi yang berlangsung dari beberapa tahun lalu, pemerintah rutin menyalurkan sejumlah bantuan sosial kepada masyarakat melalui Kementrian Sosial (Kemensos).

Bantuan sosial yang disalurkan oleh Kementrian Sosial diantaranya Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan BST.

Diharapkan, dengan adanya bantuan tersebut bisa meringankan sebagian beban ekonomi masyarakat yang sempat terpuruk, karena dampak Covid-19.


Masyarakat yang mendapatkan bantuan tersebut datanya terdaftar ebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).


Pembahasan Cara Daftar DTKS Online Lewat HP

Masyarakat sendiri bisa mendaftar secara mandiri, agar namanya terdaftar sebagai penerima bantuan di DTKS melalui HP dan bisa dilakukan secara online.

Sedangkan proses pendaftarannya sendiri tidak terlalu sulit dan ribet, asalkan beberapa persyaratan yang dibutuhkan sudah siap.

Namun Anda harus mendownload aplikasi yang bernama Cek Bansos, karena proses pendaftaran akan dilakukan melalui aplikasi tersebut.

Aplikasi tersebut adalah aplikasi resmi dari Kementrian Sosial (Kemensos) dan bisa diakses oleh semua masyarakat yang ingin mendaftar di DTKS, mengadukan kendala yang dihadapi oleh penerima bantuan sosial dan lainnya.

Agar tidak semakin penasaran, yuk langsung saja simak ulasan berikut ini tentang cara daftar DTKS online lewat HP.


Cara Daftar DTKS Online Lewat HP


Cara Daftar DTKS Online Lewat HP dengan Mudah

Cara Daftar DTKS Online Lewat HP
Cara Daftar DTKS Online Lewat HP dengan Mudah
Sebelum memulai proses pendaftaran, pastikan HP yang digunakan sudah terkoneksi dengan jaringan internet yang kuat dan stabil, agar proses yang dijalankan berjalan lancar.

Selain itu, siapkan juga beberapa persyaratan yang dibutuhkan, seperti e-KTP, KK dan dokumen pendukung lainnya.


Adapun cara daftar DTKS online lewat HP dengan mudah sebagai berikut:
  • Untuk langkah pertama, silahkan unduh dan install aplikasi yang dibutuhkan melalui link berikut ini (Unduh Aplikasi Cek Bansos).
  • Kemudian buka aplikasinya setelah proses install selesai dan lanjutkan langkah dengan melakukan proses registrasi. Proses registrasi bisa dilakukan dengan mengkil menu "Buat Akun Baru".
  • Setelah itu, isilah data diri sesuai dengan yang diminta, pada kolom yang tersedia.
  • Selanjutnya, siapkan KTP untuk mengunggah foto KTP dan foto selfi dengan KTP.
  • Pastikan seluruh data sudah diisi dengan baik dan benar, lalu klik menu Buat Akun Baru.
  • Lalu pilih menu Daftar Usulan, setelah proses registrasi akun berhasil dilakukan.
  • Isi kembali data diri yang diminta pada kolom yang tersedia.
  • Pada tahap ini, Anda harus memilih jenis bantuan sosial yang ingin didapatkan, seperti PKH atau BPNT.
  • Data Anda kemudian akan diverifikasi dan validasi terlebih dahulu oleh pihak Kementrian Sosial. Proses verifikasi dan validasi ini membutuhkn waktu, sehingga Anda harus sabar menunggu guys, bila ingin menjadi KPM DTKS penerima bansos 2022.

Anda atau masyarakat yang telah melakukan proses pendaftaran, bisa mengecek apakah datanya lolos verifikasi dan validasi sebagai KPM DTKS penerima bansos, melalui aplikasi Cek Bansos atau melalui situs berikut ini (Cek Penerima Bansos).

Bila data Anda terdaftar sebagai penerima bansos, maka akan mendapatkan dana bantuan sesuai dengan kategori yang dimiliki dan diberikan maksimal untuk 4 kategori.

Dana bantuan yang diberikan pun jumlahnya berbeda-beda yakni Rp 900.000/ tahun untuk kategori SD/ sederajat, Rp 1,5 juta pertahun untuk kategori SMP/ sederajat dan Rp 2 juta/ tahun untuk kategori SMS/ sederajat.


Untuk ibu hamil akan mendapatkan Rp 3juta/ pertahun, kategori anak usia dini 0-6 mendapatkan Rp 3juta/pertahun.

Sedangkan kategori lansia 60 tahun ke atas Rp 2,4juta/ tahun, Rp 2,4juta pertahun untuk para penyandang disabilitas.

Untuk masyarakat yang terdaftar sebagai KPM penerima bansos BPNT, juga akan mendapatkan Rp 2,4juta, tahun.


Akhir Kata

Demikian cara yang bisa diterapkan, bila ingin mendaftar sebagai KPM DTKS penerina bantuan sosial dari Kemensos.

Silahkan terapkan cara yang kami bagikan dengan baik dan benar, agar proses pendaftaran yang dilakukan berhasil.

Anda juga harus bersabar beberapa waktu, setelah pendaftaran selesai dilakukan, karena pihak Kemensos membutuhkan waktu yang lumayana lama untuk memverifikasi dan validasi data para pendaftar.

Itulah seluruh isi artikel kami kali ini mengenai cara daftar DTKS online lewat HP 2022. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Dody S. Seseorang yang senang belajar dan sharing segala hal tentang teknologi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel