Cara Daftar BST Online Lewat HP 2022

Cara Daftar BST Online Lewat HP
Cara Daftar BST Online Lewat HP - Bila Anda belum pernah mendapatkan bantuan sosial atau bansos dari pemerintah, dalam hal ini Kementrian Sosial, maka bisa mendaftar secara mandiri dan bisa dilakukan secara online.

Adapun beberapa jenis bantuan yang akan didapatkan seperti PKH, BST dan BPNT guys dan jika beruntung, maka salah satu dari jenis bantuan tersebut akan didapatkan.

Untuk bisa mendapatkan bantuan tersebut, tentunya Anda harus memenuhi beberapa persyaratan yang telah ditetapkan oleh pihak Kementrian Sosial guys.

Namun, tidak semua proses pendaftaran bantuan, khususnya BST bisa dilakukan secara online dan melalui HP guys.

Karena untuk tahap awal, pihak Kementrian Sosial masih menerapkan alur pendaftaran BST dan bantuan lainnya seperti aturan sebelumnys.

Untuk informasi lengkapnya, Anda bisa simak ulasan berikut ini tentang cara daftar BST online lewat HP.


Cara Daftar BST Online Lewat HP


Syarat dan Cara Daftar BST Online Lewat HP

Cara Daftar BST Online Lewat HP
Syarat dan Cara Daftar BST Online Lewat HP
Seperti yang telah dijelaskan di awal, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, agar Anda bisa mendaftar BST secara online melalui HP.

Bila persyaratan tersebut tidak terpenuhi, kemungkinan data Anda tidak akan diapprove sebagai penerima BST dari Kementrian Sosial.

Nah, berikut ini syarat dan cara daftar BST online lewat HP yang harus diperhatikan dan diterapkan:


1. Syarat terkait Pendaftaran BST Online lewat HP

  • Masuk dalam kategori masyarakat miskin/ rentan miskin.
  • Buka anggota Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI dan Polri.
  • Kehilangan mata pencaharian karena adanya PHK atau pemutusan hubungan kerja, akibat Covid-19.


2. Pendafatarn di Instansi Pemerintahan

Setelah semu persyaratan terpenuhi, maka Anda bisa memulai proses pendaftaran dengan cara berikut ini:
  • Silahkan datang ke kantor desa atau kelurahan setempat dengan membawa KTP dan KK untuk mendaftar di DTKS Kemensos.
  • Data Anda dan masyarakat lain yang baru mendaftar akan dimusyawarahkan, untuk memutuskan status kelayakan, apakah bisa masuk dalam DTKS Kemensos atau tidak.
  • Hasil musyawarah nantinya akan dimuat dalam berita acara dan ditanda tangani oleh kepala desa atau lurah.
  • Dinas sosial kemudian akan menggunakan berita acara tersebut untuk melakukan verifikasi dan validasi data beserta instrumen lengkap lainnua melalui kunjungan rumah tangga.
  • Data yang sudah diverifikasi dan validasi selanjutnya akan diinput oleh operator desa atau kecamatan di aplikasi Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial (SIKS).
  • Data yang telah diiunput di SIKS kemudian diproses oleh Dinas Sosial, untuk verifikasi dan validasi lapor ke pihak Bupati/ Walikota.
  • Kemudian Bupati/ Walikota akan menyampaikan hasil verifikasi dan validasi data yang sudah disahkan kepada Gubernur baru diteruskan kepada Menteri.
  • Data calon penerima BST atau bantuan lainnya yang sudah dilengkapi, akan diproses oleh Himpunan Bank Milik Negara (Himbara), kantor kelurahan dan kantor wali kota atau kabupaten.
  • Khusus untuk para penerima Kartu Sembako BPNT, akan dibuatkan rekening bank dan diberikan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).

3. Pendaftaran BST Secara Online

Setelah proses pendaftaran di Instansi Pemerintahan setempat selesai dilakukan, barulah Anda bisa memulai proses pendaftaran BST secara online melalui HP dan caranya seperti berikut ini:
  • Siapkan NIK KTP terlebih dahulu.
  • Kemudian download dan install aplikasi yang dibutuhkan melalui link berikut ini (Download Aplikasi Cek Bansos).
  • Buka aplikasinya, setelah proses install selesai kemudian pilih menu Daftar Usulan, untuk mendaftarkan diri, keluarga atau masyarakat yang datanya sudah terdaftar di DTKS Kemensos.
  • Lalu pilih opsi Tambah Usulan dan sistem akan mencocokkan nama, NIK, KK, Status kesesuaian Dukcapil dan kesesuaian pengusul sesuai dengan data DTKS Kemensos.
  • Selanjutnya pilih jenis bansos Kemensos yang diinginkan, misalnya BST, PKH atau BPNT.
  • Jika semua syarat dan tahapan telah terpenuhi, maka KPM selanjutnya akan mengecek siapa saja penerima bansos Kemensos BST, PKH atau BPNT.
  • Tujuan dari dilakukannya pengecekan adalah agar status penerima bantuan bisa diketahui guys dan bisa dicek melalui aplikasi Cek Bansos lalu pilih menu Cari Data.

Akhir Kata

Demikian cara yang bisa diterapkan, bila ingin mendaftar bansos BST dari Kemensos secara online melalui HP.

Proses pendaftarannya memang tidak terlalu ribet, namun proses validasi dan verifikasi data yang lumayan panjang dan membutuhkan waktu yang panjang juga.

Jadi, Anda harus bersabar jika sudah mendaftar dan untuk memastikan apakah bantuan bisa didapatkan atau tidak, silahkan cek melalui aplikasi Cek Bansos, seperti yang telah kami jelaskan di atas.

Itulah seluruh isi artikel kami kali ini mengenai cara daftar BST online lewat HP 2022. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Dody S. Seseorang yang senang belajar dan sharing segala hal tentang teknologi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel