Algoritma IG 2022

Algoritma IG
Algoritma IG - Masing-masing platform atau search engine pasti memiliki algoritma yang berbeda antara satu dengan yang lainnya, tak terkecuali Instagram.

Algoritma dalam Instagram sendiri adalah sebuah teknologi atau parameter yang digunakan untuk menentukan konten mana saja yang banyak dilihat oleh orang, ketika para pengguna Instagram membuka feed mereka.

Algoritma di Instagram dibuat dengan kecerdasan buatan, sehingga cara untuk menampilkan konten akan terus mengalami perkembangan.


Tentu, hal tersebut harus diperhatikan, apalagi jika Anda sedang memnfaatkan Instagram sebagai media digital marketing strategist guys.


Pembahasan Algoritma IG

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan, jika ingin bekerja menggunakan Instagram algoritma guys.

Bila ingin mempelajari parameter Instagram algoritma, makan akan sangat berguna untuk meningkatkan kinerja social media campaign yang dilakukan menggunakan Instagram, karena bisa terhubung dengan lebih banyak audiens.

Feed dari masing-masing pengguna Instagram telah diatur, agar sesuai dengan algoritma yang sudah dibuat oleh pihak Instagram, terasuk akun bisnis Anda guys.


Nah, berikut ini kami akan bagikan ulasan tentang cara kerja dan tips bekerja sama dengan algoritma IG yang bisa dipelajari dan diterapkan.


Algoritma IG


1. Cara Kerja Utama Algoritma IG

Algoritma IG
Cara Kerja Utama Algoritma IG
Ada 3 cara kerja utama algoritma IG yang harus diperhatikan oleh para pengguna Instagram, jika ingin akunnya berkembang dengan cepat, diantaranya:


1. Relationship atau Hubungan

Instagram adalah media sosial yang memiliki misi utama yaitu membuat orang-orang menghabiskan lebih banyak waktu di aplikasi mereka.

Karena alasan tersebutlah, salah satu algoritmanya lebih menampilkan postingan dari akun-akun yang sudah saling terhubung atau berinteraksi dengan akun lainnya.

Sehingga, tampilan feed Anda saat pertama kali membuka Instagram, pasti akan menampilkan postingan dari akun-akun yang terakhir kali berinteraksi dengan Anda.

Baik itu interaksi dengan saling memberikan like, komentar, mention, tagging atau DM.


2. Interest atau Ketertarikan

Bila para pengguna sudah menikmati beberapa postingan sebelumnya, maka algoritma akan memilih untuk menampilkan jenis atau tema yang sama kepada pengguna tersebut, pada sesi berikutnya.

Contohnya, jika Anda sering memberikan likes, komentar atau melakukan pencarian pada gambar ataupun video tentang fashion, maka ketika Anda membuka feed, postingan dengan tema tersebut akan kembali ditampilkan di layar beranda.


3. Timeliness atau Ketepatan Waktu

Postingan baru pastinya memiliki kesempatan yang lebih besar untuk muncul di feed pengguna dan aturan ini tetap berlaku dalam penerapan algoritma Instagram hingga sekarang.

Tetapi, untuk bisa tetap bertahan di feed utama para followers, Anda harus bisa memilih waktu yang tepat untuk memposting konten.

Anda juga harus mengunggah kontent yang diminati oleh para followers, jika ingin tetap bertahan lama.


2. Tips Khusus Bekerja Sama dengan Algoritma IG

Algoritma IG
Tips Khusus Bekerja Sama dengan Algoritma IG
Berikut ini kami akan bagikan beberapa tips bekerja sama dengan algoritma IG yang bisa diterapkan:


1. Analisis Akun

Bila Anda sudah mengalihkan akun Instagram ke akun bisnis atau kreator, maka Anda akan diberikan fitur Insight, yang berguna untuk mengetahui, kontent mana saja yang paling mempengaruhi audiens, baik itu foto, video atau hashtag.

Dengan menganalisis akun, maka Anda akan lebih mudah untuk mengetahui lebih dalam tentang audiens yang dimiliki.

Contohnya, bisa mengetahui kapan mereka online, mereka berasal dari mana, berapa usianya dan apa jenis kelaminnya. Seluruh data tersebut bisa dibaca dengan mudah, pada fitur Insight.


2. Memposting Kontent Secara Rutin

Bila ingin lebih mudah dijangkau oleh pengguna lain dan memancing mereka untuk berinteraksi dengan unggahan Anda, maka postinglah kontent secara rutin.

Memposting kontent secara rutin, juga memudahkan akun Anda beradaptasi dengan algoritma yang mereka miliki.

Buatlah kalender kontent yang baik, agar Anda lebih mudah menentukan mana waktu yang tepat untuk memposting kontent terbaru di akun Instagram.

Anda juga harus menyesuaikan dengan data Insight, karena berkaitan dengan performa performa akun yang berbeda-beda.


3. Posting Kontent pada Waktu yang Tepat

Setiap akun Instagram pasti mempunyai waktu terbaik, dalam memposting kontent terbarunya.

Untuk itu, Anda harus mempelajari kebiasaan para audiens, misalnya memposting saat mereka sedang online.

Tidak hanya berpatokan pada waktu, Anda juga dapat menyesuaikan dengan kalender kontent serta data yang ada di akun guys.


4. Menggunakan Hashtag yang Sedang Trending

Untuk mengelompokkan jenis konten atau topik pada platformnya, Instagram menggunakan hashtag.

Nah, Anda bisa menggunakan hashtag yang tepat atau sedang trending pada setiap postingan, karena bisa memberikan kesempatan pada uanggahan untuk dilihat oleh pengguna lain secara lebih luas.

Semakin trending hashtag yang digunakan, semakin besar pula kemungkinan orang yang menggunakan hashtag tersebut.

Anda juga harus lebih sering melakukan penelitian atau riset hashtag, karena ada beberapa hashtag populer yang dapat memberikan pengaruh negatif bagi akun, bahkan dapat menyebabkan akun terkena banned atau pemblokiran.


5. Membangun Hubungan yang Baik dengan Para Followers

Akun bisa berkemang dengan lebih cepat, jika Anda memiliki hubungan yang baik dengan para followers.

Untuk bisa membangun hubungan yang baik, Anda harus melakukan beberapa hal penting diantaranya mengajukan pertanyaan, melakukan social media campaign, membuka Q&A.

Selain itu, pastikan untuk selalu memberikan respon yang baik terhadap pesan yang masuk dari para followers, baik dari komentar ataupun DM.

Saat memberikan respon dengan kalimat, usahakan untuk menggunakan kata-kata yang baik dan sopan, karena biasanya para followers akan menilai seseorang dari kata-kata yang biasa diucapkan.


6. Berkolaborasi dengan Influencer

Bila ingin memperluas jangkauan akun digital bisnis yang Anda miliki, cobalah untuk bekerjasama atau berkolaborasi dengan beberapa inluencer.

Carilah influencer yang sesuai dengan audiens Anda, agar kolaborasi yang dilakukan bisa saling melengkapi serta memberikan keuntungan antara satu dengan yang lainnya.


Akhir Kata

Demikian gambaran atau ulasan singkat tentang algoritma Instagram yang bisa dipelajari, agar bisa memaksimalkan kinerja akun Instagram Anda.

Memaksimalkan penggunaan Instagram secara tepat, tentu bisa membantu bisnis yang sedang dikelola dapat berkembang dengan cepat, terutama di kalangan generasi milenial.

Pelajari cara kerja algoritma Instagram yang kami bagikan dan terapkan tips-tips khusus, jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal.

Itulah seluruh isi artikel kami kali ini mengenai algoritma IG 2022. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Dody S. Seseorang yang senang belajar dan sharing segala hal tentang teknologi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel