Cara Menonaktifkan WA Tanpa Mematikan Data 2022

Cara Menonaktifkan WA Tanpa Mematikan Data
Cara Menonaktifkan WA Tanpa Mematikan Data - WhatsApp atau kerap disebut WA merupakan aplikasi chating teks instan yang paling populer saat ini.

Terkadang kita mungkin perlu menonaktifkan aplikasi untuk sementara waktu akun WhatsApp tersebut dengan berbagai alasan tertentu.

Misalnya anda akan menghadapi ujian dan tidak ingin diganggu oleh teman atau orang lain, atau anda sedang melakukan suatu hal yang sangat penting.

Nah pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang cara mudah menonaktifkan sementara WA tanpa perlu mematikan data dan uninstall aplikasi.

WhatsApp sendiri memiliki opsi langsung untuk menghapus akun maupun aplikasi, jika anda melakukannya.


Akun WhatsApp akan terhapus secara permanen dan semua data-data yang ada di aplikasi akan hilang termasuk semua pesan dan obrolan anda.

Jika anda tidak ingin menghapus akun WhatsApp secara permanen atau mencopot pemasangan WA pada perangkat Hp, maka anda harus mengikuti cara menonaktifkan sementara WhatsApp tanpa perlu uninstall aplikasi seperti di bawah ini:


Cara Menonaktifkan WA Tanpa Mematikan Data


1. Cara Menonaktifkan WA Tanpa Mematikan Data Dengan FORCE STOP

Cara Menonaktifkan WA Tanpa Mematikan Data
Cara Menonaktifkan WA Tanpa Mematikan Data Dengan FORCE STOP
Cara menonaktifkan WA tanpa mematikan data pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan Force Stop, cara melakukannya pun sangat mudah.

Berikut ini adalah langkah-langkah menonaktifkan WA tanpa mematikan data yang bisa anda ikuti:
  • Langkah pertama, masuklah ke pengaturan telepon anda.
  • Setelah itu, masuk ke menu pengaturan lalu pilih "manajer aplikasi atau opsi aplikasi".
  • Selanjutnya, layar akan memuat semua aplikasi dan carilah aplikasi WhatsApp.
  • Kemudian anda akan menemukan opsi untuk aplikasi WhatsApp, lalu klik opsi "FORCE STOP". Maka aplikasi akan berhenti bekerja secara otomatis setelah anda mengkik opsi tersebut dan tidak akan berjalan di belakang layar.

Jadi disaat seseorang mengirimi anda pesan, anda tidak akan mendapatkan notifikasi apa pun.

Cara ini paling sederhana dan termudah untuk menonaktifkan aplikasi WhatsApp sementara, sedangkan untuk mendapatkan kembali akses ke akun WA anda tinggal membuka kembali aplikasi WhatsApp lalu mengulang langkah dari awal untuk kembali menonaktifkannya.


2. Cara Menonaktifkan WA Tanpa Mematikan Data Dengan MUTE

Cara Menonaktifkan WA Tanpa Mematikan Data
Cara Menonaktifkan WA Tanpa Mematikan Data Dengan MUTE
Cara menonaktifkan WA tanpa mematikan data kedua ini bisa anda lakukan jika hanya terganggu dengan bunyi notifikasi dari WhatsApp.

Anda bisa menonaktifkan suara langsung dari ponsel maupun melalui pengaturan aplikasi WhatsApp.


Dan jika anda ingin menonaktifkan nada dering telepon, anda tinggal menekan tombol volume turun sampai ke paling minimum untuk membisukan perangkat.

Apabila anda ingin melakukannya pada aplikasi tersebut, anda bisa masuk ke profil WhatsApp dan klik pengaturan untuk memunculkan opsi suara notifikasi kemudian aturlah ke mode senyap atau silent.


3. Cara Menonaktifkan WA Tanpa Mematikan Data Dengan Matikan Sambungan Data

Cara Menonaktifkan WA Tanpa Mematikan Data
Cara Menonaktifkan WA Tanpa Mematikan Data Dengan Matikan Sambungan Data
Cara menonaktifkan WA tanpa mematikan data termudah dan tercepat untuk sementara adalah dengan mematikan data seluler dan WiFi atau bisa juga dengan mengaktifkan fitur pesawat (Airplane Mode).

Jika anda menggunakan cara ini, maka anda tidak akan menerima pesan maupun notifikasi apapun pada aplikasi WhatsApp.


Dan disaat anda ingin kembali untuk terhubung dengan aplikasi, anda hanya tinggal mengaktifkan kembali sambungan data. Gampang kan.


4. Cara Menonaktifkan WA Tanpa Mematikan Data Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Cara Menonaktifkan WA Tanpa Mematikan Data
Cara Menonaktifkan WA Tanpa Mematikan Data Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga
Cara menonaktifkan WA tanpa mematikan data terakhir untuk sementara waktu yaitu dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Ada banyak pilihan aplikasi yang tersedia di Play Store, setelah aplikasi sudah terpasang biasanya anda akan diminta untuk menghubungkan ponsel ke sebuah server VPN.

Setelah terhubung, maka anda perlu memilih dengan menekan ikon untuk memutuskan koneksi internet ke WhatsApp.


Jika anda masih ingin untuk menguninstall aplikasi WhatsApp, maka anda jangan lupa terlebih dahulu untuk melakukan pencadangan ke Google Drive.

Karena anda memerlukan akun Google yang telah ditambahkan di ponsel serta layanan Google Play yang telah diinstal di ponselmu.

Hal ini akan berfungsi untuk mengembalikan semua obrolan dan media disaat anda memutuskan untuk kembali memasang aplikasi WhatsApp.


Akhir Kata

Demikian informasi tentang 4 cara untuk menonaktifkan akun Whatsapp anda tanpa melakukan uninstall dan tanpa mematikan koneksi data internet.

Pastikan anda untuk mengikuti langkah-langkah diatas untuk menonaktifkan akun WhatsApp dengan mudah, sederhana dan aman dalam melakukannya.

Dengan cara diatas, anda juga bisa dengan mudah untuk kembali mendapatkan akses ke akun WhatsApp-mu di kemudian hari.

Anda jangan melakukan root ponsel hanya untuk mendapatkan akses ke fitur-fitur khusus, maka kemungkinan aplikasi tersebut bisa membahayakan perangkat dan juga bisa membahayakan data-data penting yang anda bagikan dengan pihak ketiga setelah memasang WA jenis MOD.

Itulah seluruh isi artikel kita kali ini mengenai Cara Menonaktifkan WA Tanpa Mematikan Data. Sekian dan selamat mencoba.
Dody S. Praktisi teknologi, editor dan jurnalis di 1001Media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel