Cara Mengunci Aplikasi di Laptop 2022

Cara Mengunci Aplikasi di Laptop
Cara Mengunci Aplikasi di Laptop - Sama seperti smartphone, laptop juga bisa menginstall beragam aplikasi sesuai dengan yang dibutuhkan oleh penggunanya.

Tanpa aplikasi, seperti laptop tidak akan berfungsi secara maksimal, bahkan tidak bisa bekerja guys. Karena aplikasi memang diciptakan untuk mempermudah aktivitas manusia.

Bahkan, saat ini laptop mempunyai berbagai aplikasi penting yang wajib dimiliki oleh penggunanya dan jumlahnya terus meningkat secara eksponensial sejak dirilisnya Windows 10 dan aplikasi universal lainnya seperti Facebook, Instagram, WhatsApp, Line, Chrome, MS Word dan lainnya.

Saat laptop Anda digunakan oleh orang lain, baik itu keluarga ataupun teman, rasanya sangat wajib untuk mengunci aplikasi yang dianggap penting dan menyimpan banyak data pribadi Anda.

Tujuannya jelas agar data tersebut tidak bisa dibuka, disebarluaskan atau disalahgunakan oleh mereka, yang jika hal tersebut terjadi, maka akan merugikan Anda sendiri pastinya guys.


Untuk mengunci aplikasi yang ada di laptop, bisa dilakukan dengan memanfaatkan layanan atau fitur pengaman yang ada di perangkat itu sendiri.

Bisa juga dengan memanfaatkan aplikasi pihak ketiga yang lebih fungsional di berbagai tipe atau versi Windows guys.

Nah, berikut ini kami akan bagikan cara mengunci aplikasi di laptop yang bisa dipelajari dan diterapkan guys.


Cara Mengunci Aplikasi di Laptop


1. Cara Mengunci Aplikasi di Laptop dengan Aplikasi ExeLock

Cara Mengunci Aplikasi di Laptop
Cara Mengunci Aplikasi di Laptop dengan Aplikasi ExeLock
ExeLock adalah salah satu aplikasi yang bisa digunakan untuk mengunci aplikasi yang ada di laptop.

Adapun cara mengunci aplikasi di laptop dengan aplikasi ExeLock sebagai berikut:
  • Untuk langkah pertama, silahkan download dan install aplikasi yang dibutuhkan melalui link berikut ini (Download Aplikasi ExeLock).
  • Bila sudah, langsung ektract filenya dan jalankan aplikasinya guys.
  • Selanjutnya pilih aplikasi yang ingin dikunci dengan cara klik tombol Select.
  • Kemudian arahkan ke lokasi file Exe berada, misalnya Mozilla Firefox yang tersimpan di Local Disk yakni
  • Selanjutnya isilah password yang akan digunakan untuk mengunci aplikasi. Gunakanlah password yang rumit, namun mudah diingat guys.
  • Lalu klik tombol Lock jika sudah selesai. Sebelum aplikasi dikunci menggunakan password, pastikan terlebih dahulu jika program atau aplikasinya sudah diclose, jika tidak maka proses yang dilakukan tidak bisa lanjut ke tahap selanjutnya.
  • Anda bisa mencoba untuk membuka kembali aplikasi yang telah dikunci, dengan cara buka aplikasi ExeLock lalu klik Unlock, untuk memastikan proses yang dilakukan berhasil atau tidak.


2. Cara Mengunci Aplikasi di Laptop dengan Aplikasi My Lockbox

Cara Mengunci Aplikasi di Laptop
Cara Mengunci Aplikasi di Laptop dengan Aplikasi My Lockbox
Sedangkan cara mengunci aplikasi di laptop dengan aplikasi My LockBox sebagai berikut:
  • Silahkan unduh dan install aplikasi My LockBox terlebih dahulu dengan cara klik link berikut ini (Unduh Aplikasi My LockBox).
  • Buka aplikasinya setelah selesai diinstall dan Anda akan diminta untuk mengatur password atau kata sandi yang akan digunakan untuk mengunci aplikasi yang ada di laptop nantinya.
  • Anda juga bisa menambahkan password hint dan ID email, yang bisa digunakan untuk memulihkan kata sandi, jika sewaktu-waktu Anda lupa guys.
  • Selanjutnya pilihlah folder yang akan diproteksi lalu klik Ok. Anda bisa memilih folder tempat untuk menginstall aplikasi atau perangkat lunak yang ingin dikunci. Aplikasi Windows biasanya diinstll melalui C:/Program Files atau Program Files (x86) dan Anda bisa klik link tersebut untuk mencari aplikasi yang ingin dikunci. Bahkan, bisa juga memilih foder Program Files untuk mengunci seluruh aplikasi yang terdapat di dalamnya.
  • Secara otomati, folder dan aplikasi yang telah dipilih akan langsung dikunci. Saat Anda akan mengakses aplikasi yang telah dikunci, maka sebuah pesan yang berbunyi "you don't have appropriate permissions" akan ditampilkan.
  • Untuk membuka kunci aplikasi, Anda bisa menuju ke Control Panel My LockBox lalu tekan tombol Unlock dan masukkan kata sandi yang telah diinput sebelumnya.


Akhir Kata

Demikian beberapa cara yang bisa diterapkan jika ingin mengunci aplikasi yang ada di laptop.

Masing-masing cara yang kami bagikan bisa dilakukan dengan mudah, cepat dan gratis.

Selain aplikasi, Anda juga bisa mengunci folder yangada di laptop, sehingga data atau file penting juga tersimpan dengan aman.

Itulah seluruh isi artikel kami kali ini mengenai cara mengunci aplikasi di laptop 2022. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Dody S. Praktisi teknologi, editor dan jurnalis di 1001Media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel