Cara Menggunakan NFC Untuk Cek Saldo 2024

Daftar Isi
Cara Menggunakan NFC Untuk Cek Saldo
Cara Menggunakan NFC Untuk Cek Saldo - bertambahnya sejumlah jalan tol di Indonesia memudahkan mobilitas masyarakat untuk bepergian ke suatu daerah.

Selain cepat, pembayarannya juga terbilang lebih praktis karena dapat menggunakan kartu E-Toll.

Singkatnya, E-Toll merupakan pembayaran yang memungkinkan pengendara untuk melewati jalan Tol meski hanya dengan menempelkan kartu pada mesin di pintu masuk.

Jika dibandingkan dengan pembayaran tunai, cara ini lebih praktis karena tidak membutuhkan waktu lama dan hanya menghabiskan waktu sekitar 4 detik saja setiap kali transaksi.

Meskipun penggunaan kartu Tol sudah lama diterapkan, namun nyatanya masih banyak pengendara yang belum tahu cara untuk cek saldo E-Toll tersebut.


Padahal, prosedurnya sangatlah mudah dilakukan, bahkan dapat dikatakan bisa dilakukan di HP menggunakan fitut NFC atau tanpa fitur NFC.

Langsung saja simak cara menggunakan NFC untuk cek saldo yang akan kami uraikan dalam pembahasan dibawah ini.


Cara Menggunakan NFC Untuk Cek Saldo


1. Cara Menggunakan NFC Untuk Cek Saldo E-Toll

Cara Menggunakan NFC Untuk Cek Saldo
Cara Menggunakan NFC Untuk Cek Saldo E-Toll
NFC atau Near Field Comunnication merupakan salah satu fitur khusus di Smartphone yang berfungsi untuk melakukan pembayaran tanpa perlu memasukkan detail tranaksi.

Umumnya, hampir semua HP terbaru sudah tersematkan dengan fitur ini.

Nah, jika Hp anda sudah didukung dengan fitur NFC, maka berikut ini beberapa cara menggunakan NFC untuk cek saldo.


a. Menggunakan Aplikasi Mandiri E-Money

Mandiri E-Money merupakan aplikasi cek saldo E-Toll yang sudah dibuat khusus untuk mengetahui sisa saldo dengan memanfaatkan NFC.

Mirip seperti Tokopedia, cara ini juga hanya dapat dilakukan di Smartphone yang mempunyai fitur NFC, langsung saja, berikut ini langkah-langkahnya.
  • Pertama, buka Google Play dan install aplikasi Mandiri E-Money Info, Klik Disini.
  • Setelah itu aktifkan fitur NFC di HP Android anda.
  • Lalu buka aplikasi Mandiri E-Money Info
  • Kemudian tempelkan kartu E-Toll pada Body Belakang HP yang terdapat sesnsor NFC-nya.
  • Terkahir, sisa saldo akan muncul halaman di laman aplikasi beserta nomor kartu.

Selain dapat melihat saldo E-Toll, aplikasi juga memungkinkan anda untuk tahu sisa saldo dari semua layanan yang menggunakan E-Money seperti Transjakarta, MRT, Commuterline dan TPE.


b. Menggunakan Aplikasi Tokopedia

Tidak hanya untuk berbelanja saja, namun aplikasi satu ini juga menyediakan pembayaran digital seperti Top Up E-Walllet sampai isi saldo E-Toll.

Tidak hanya itu saja, aplikasi Tokopedia ini juga memungkinkan anda untuk mengetahui sisa saldoo E-Toll dengan sangat mudah, berikut cara melakukannya.
  • Buka aplikasi yang sudah ada di Smartphone anda.
  • Selanjutnya masuk ke menu Top Up dan akan muncul beberapa opsi dan klik "Uang Elektronik".
  • Kemudian pilih jenis kartu E-Toll yang digunakan.
  • Lalu klik tombol "Update Saldo".
  • Setelah itu, aktifkan dulu fitur NFC.
  • Terakhir, tempelkan kartu E-Toll dibagian belakang HP anda.

Sampai disini, aplikasi Tokopedia akan menampilkan sisal saldo E-Toll anda dan jika saldonya tidak mencukupi maka anda bisa langsung mengisinya di Tokopedia melalui fitur Top Up.


2. Cara Menggunakan NFC Untuk Cek Saldo Tanpa Fitur NFC

Cara Menggunakan NFC Untuk Cek Saldo
Cara Menggunakan NFC Untuk Cek Saldo Tanpa Fitur NFC
Lalu, tahukah anda jika HP anda belum mendukung fitur NFC? Dalam kasus ini anda tidak perlu hawatir karena ada cara cek saldo E-Toll di HP tanpa NFC yang bisa anda lakukan.

Salah satunya yaitu dengan menggunakan kode USSD *141*6# pada menu panggilan, simak langkah-langkah cara menggunakan NFC untuk cek saldo dan tanpa fitur NFC.
  • Pertama, Buka menu panggilan atau Call di Hp Android atau iPhone anda.
  • Selanjutnya dial kode USSD *141*6#.
  • Dari beberapa opsi yang muncul, silahkan ketik 7 (e-Cash)
  • Lalu pilih "Info" dan "Cek Saldo"
  • Masukkan PIN atau nomor yang ada di kartu E-Toll dan terkahir "Kirimkan".


Setelah semua proses selesai, maka sistem akan memproses permintaan anda jika sudah selesai, biasanya akan muncul notifikasi yang menampilkan sisa saldo lengkap dengan nomor kartu.


Akhir Kata

Itu tadi beberapa cera cek saldo E-Toll pada HP Android yang bisa anda coba gunakan, baik yang menggunakan fitur NFC ataupun tanpa fitur NFC.

Selain caranya yang sangat mudah, rupanya cara ini juga sangat praktis karena anda tidak perlu pergi ke Indomart ataupun ATM untuk sekedar mengetahui sisa saldo kartu tol.

Jika anda belum tahu caranya, silahkan simak langkah-langkah yang sudah kami bagikan dalam ulasan diatas untuk dijadikan panduan.

Itulah seluruh pembahasan kita pada artikel kali ini mengenai cara menggunakan NFC untuk cek saldo. Sekian dan semoga bermanfaat.