Cara Membuat Daftar Pustaka Otomatis 2022

Cara Membuat Daftar Pustaka Otomatis
Cara Membuat Daftar Pustaka Otomatis - Menulis makalah bukan saja sesuatu yang sering dilakukan saat sekolah ataupun kuliah.

Namun saat bekerja pun anda sering menulis makalah untuk beragam kepentingan.

Bagi anda yang baru pertama kali menulis makalah dan sering mengalami kesulitan untuk membuat salah satu bagian dari makalah yaitu Daftar Pusatakan.

Maka anda tidak perlu hawatir, karena anda bisa membuat daftar pustaka dengan mudah di aplikasi Word.

Daftar Pustaka tidak hanya ada dalam makalah saja namun juga Skripsi, Tesis, Disertasi, dan juga artikel ilmiah ataupun jurnal.


Dalam hal ini, daftar pustaka merupakan suatu susunan tulisan yang diletakkan pada akhir sebuah karya ilmiah.

Bahkan daftar pustaka juga merupakan salah satu bagian terpenting yang harus dilampirkan, tanpa adanya daftar pustakan maka karya ilmiah anda tidak dapat dibuktikan kebenarannya.

Untuk informasi cara membuat daftar pustaka otomatis dan mudah, silahkah simak ulasan yang sudah kami rangkum dibawah ini.


Cara Membuat Daftar Pustaka Otomatis


Mengenal Daftar Pustaka

Cara Membuat Daftar Pustaka Otomatis
Mengenal Daftar Pustaka
Daftar Pustaka adalah sebuah daftar yang berisi judul buku, artikel serta bahan-bahan penerbitan lainnya yang berkaitan dengan sebuah karangan seperti tesis, skripsi, dan jurnal.

Pada daftar pustaka yang disertakan diakhir tulisan, para pembaca bisa melihat kembali di sumber aslinya.


Hal yang sangat penting dicantumkan dalam daftar pustaka yaitu nama penulis, judul tulisan, penerbit, identitas penerbit dan juga tahun terbit.

Kegunaan dari daftar pustaka ini yaitu sebagai bahan rujukan atau sumber seorang penulis dalam penyelesaian pembuatan karya.


1. Cara Membuat Daftar Pustaka Otomatis di Word

Cara Membuat Daftar Pustaka Otomatis
Cara Membuat Daftar Pustaka Otomatis di Word
Tanpa banyak basa-basi, langsung saja simak langkah-langkah atau cara membuat daftar pustaka otomatis di Word berikut ini.
  • Pertama, buka dokumen Microsoft Word yang akan anda berikan Daftar Pustaka.
  • Selanjutnya pada menu bar, silahkan klik menu "References".
  • Lalu dibagian Citation dan Bibliography pilih "Insert Citation" dan klik "Add New Source" sebelum itu pastikan bagian "Style" anda pilih opsi "APA".
  • Kemudian akan muncul tampilan dan lakukan pengisian data disemua kolom yang tersedia lalu klik "OK".
  • Dibagian "Type of Source" ada beberapa opsi yang dapat anda pilih yaitu: Book, Book Section, Journal Articel, Articel in a Periodical, Conference Preceeding dan Report.
  • Anda bisa menyesuaikan dengan sumber yang digunakan. Selesai!


2. Cara Membuat Daftar Pustaka Otomatis Yang Benar

Cara Membuat Daftar Pustaka Otomatis
Cara Membuat Daftar Pustaka Otomatis Yang Benar
Bagi mahasiswa/i yang sedang dalam proses penyelesain skripsi ataupun tesis, Daftar Pustaka adalah hal yang paling untuk diperhatikan.

Biasanya, sebagaian kesalahan dalam karya ilmiah selalu terletak dibagian Daftar Pustaka dikarenakan cara penulisannya yang kurang tepat.

Baca juga : Cara Buat Footnote

Oleh karena itu, berikut ini kami bagikan beberapa cara membuat daftar pustaka otomatis yang benar dan bisa anda jadikan panduan.


a. Skripsi dan Thesis

Jika anda menggunakan referensi dari Skripsi dan Thesis maka penerbit yang digunakan adalah Universitas dari mana Skripsi itu diajukan.

Contoh:
Sugiya, Aritasisus. 2012. Strategi Tranformasi Konvergensi Media. Jakarta: Universitas Indonesia.


b. Dari Website

Kini anda bisa mencari berbagai jenis informasi dengan cepat hanya menggunakan Internet.

Ketentuan untuk menulis daftar pustaka melalui Website atau media online yaitu mencantumkan alamat URL dengan lengkap, mulai dari dan sampai waktu akses.

Contoh:
Roland Hughes. 2018. "Muslim Uighur Dan Perlakuan Cina Terhadap Mereka, Yang Perlu Anda Ketahui" Diakses pada https://www.bbc.com/indonesia/amp/dunia-46601638 pada 05 Agustus 2021 pukul 15.44 WIB


c. Dari Jurnal, Makalah dan Laporan

Untuk menulis daftar pustaka melalui jurnal, maka anda harus mencantumkan volume dan halamannya.

Jika mengambil dari jurnal yang diakses secara online, maka silahkan cantumkan juga URL secara lengkap, mulai dari sampai waktu akses.

Contoh:
Khadziq. 2016. "Konvergensi Media Surat Kabar Lokal (Studi Deskriptif Pemanfaatan Internet pada Koran Tribun Jogja dalam Membangun Industri Media Cetak Lokal)", vol. 10, no. 1 hlm 124-130 diakses dari http://ejournal.uin-suka.ac.id/isoshum/profetik/article/view/091-01 pada 05 Agustus pukul 15.47


d. Buku

Nah, cara menulis daftar pustaka dari buku ini sudah kami jelaskan pada ulasan diatas, langsung saja berikut contoh cara membuat daftar pustaka otomatis yang benar.


Contoh:
Mulyana, Deddy. 2000. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar (italic). Bandung: PT Remaja Rosdakarya


Akhir Kata

Sangat mudah bukan membuat daftar pustaka otomatis di Microsoft Word? Anda bisa membaca ulasan diatas sampai selesai jika ingin tahu cara lengkapnya.

Anda bisa mengikuti beberapa contoh penulisan daftar pustaka yang sudah kami bagikan, dengan begitu anda bisa meminimalisir kesalahan.

Informasi ini tentu sangat berguna bagi anda yang sedang mengerjakan tugas akhir perkuliahan atau penyelesaian karya ilmiah.

Itulah seluruh bahasan kita pada artikel kali ini tentang cara membuat daftar pustaka otomatis. Sekian dan semoga bermanfaat.
Dody S. Seseorang yang senang belajar dan sharing segala hal tentang teknologi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel