Cara Melihat History WiFi Orang Lain 2022

Cara Melihat History WiFi Orang Lain
Cara Melihat History WiFi Orang Lain
- Mungkin anda pernah merasakan koneksi Wifi di rumahnya tiba-tiba saja melambat, kemungkina ada orang lain yang menggunakan Wifi anda.

Bukan hanya keluarga anda saja yang ikut memakai Wifi-nya, oleh sebab itu ada cara mengetahui pengguna Wifi anda agar anda bisa mengetahui siapa saja yang ikut serta memakainya.

Oleh sebab itu, anda dapat melakukan tindakan pencegahan kalau itu benar-benar anda penyusup Wifi namun anda pernah berkeinginan untuk bisa melihat website apa saja yang diakses oleh orang itu?.

Kalau anda melakukan secara benar-benar maka anda dapat melihat link gambar, iklan dan file yang sedang di download.


Untuk lebih lengkapnya, diartikel kali ini kami akan membagikan beberapa cara melihat history Wifi orang lain tentunya anda simak ulasan sebagai berikut.


Cara Melihat History WiFi Orang Lain


1. Cara Melihat History WiFi Orang Lain di Android dan PC

Cara Melihat History WiFi Orang Lain
Cara Melihat History WiFi Orang Lain di Android dan PC
Berikut cara melihat history Wifi orang lain di Android dan PC:
  • Silahkan anda buka aplikasi browser yang sudah terinstall pada Android atau PC.
  • Lalu anda klik menu Settings.
  • Setelah itu anda pilih opsi menu History.
  • Bahkan anda bisa juga memakai shortcut tombol Ctrl + H dalam mengakses fitur History secara lebih gampang dan juga praktis.


2. Cara Melihat History WiFi Orang Lain dengan Wireshark

Cara Melihat History WiFi Orang Lain
Cara Melihat History WiFi Orang Lain dengan Wireshark
Mungkin sebagian orang ada yang belum tahu Wireshark itu apa? Pasalnya Wireshark merupakan perangkat lunak (software) yang spesifikasinya dalam hal menganalisis paket data.

Dijaringan secara real time, tentu saja bisa menampilkan hasilnya dalam bentuk format yang dapat dipahami oleh para penggunanya.

Pasalnya Wireshark bisa melakukan paket filtering, paket color coding, proses sniffing beserta fitur yang lainnya yang kemungkinan pengguna dapat melihat secara rinci traffic jaringan.


Bahkan inspeksi paket data secara invdividu, hal ini di karenakan supaya bisa memantau segala aktivitas transfer data yang saat itu sedang terjadi di jaringan Wifi.

Berikut cara melihat history Wifi orang lain dengan Wireshark:
  • Terlebih dahuluh anda unduh dan install Wireshark atau silahkan anda kunjungi melalui link berikut (https://www.wireshark.org/download.html).
  • Lalu anda buka software Wireshark, namun anda harus pastikan jika PC anda telah terkoneksi dengan jaringan Wifi.
  • Setelah itu, pilih opsi Wifi sebagai salah satu jaringan yang mau anda pantau di tabel Interface List dan klik Start.
  • Kemudian anda ketik http dikolom filter, setelah itu tekan Enter untuk bisa melihat website yang saat itu dibuka di jaringan Wifi.
  • Selanjutnya anda pilih salah satu data yang mempunyai kata GET, dalam hal ini terdapat disamping nama yang dapat dibaca.
  • Tahap ini, anda klik di "Hypertext Transfer Protocol" pada bagian bawah untuk bisa melihat nama website yang sedang dibuka. Maka lihat pada bagian Source, kalau anda mau mengetahui alamat IP pembuka website.

Walaupun begitu, untuk bisa melihat history Wifi memakai Wireshark tetap tidak bisa dilakukan sebab website yang di akses menggunakan HTTPS.


Itu sebabnya, anda tidak dapat membaca data-data penting yang di isi pada website ini baik itu informasi personal, password atau PIN perbanka.

Pasalnya data-data yang dikirimkan oleh HTTPS akan terenkripsi, itu sebabnya lebih baik menggunakan HTTP yah karena situs besar ini memakai protokol keamanan cukup terkenal.


3. Cara Melihat History WiFi Orang Lain dengan Custom Firmware pada Router

Cara Melihat History WiFi Orang Lain
Cara Melihat History WiFi Orang Lain dengan Custom Firmware pada Router
Dalam hal ini, Router merupakan perangkat keras (hardware) yang digunakan untuk menyambungkan beberapa jaringan Wifi.

Entah itu jaringan yang sama ataupun berbeda, jika menggunakan setting router WiFi maka anda bisa memperoleh koneksi internet yang cukup cepat dan juga stabil.

Supaya dapat berfungsi dengan baik, maka router sendiri mempunyai sebuah firmware atau sistem operasi didalamnya sebab Firmware ini telah didesain dan juga diinstall langsung perusahaan router.


Ketika anda melakukan pembelian, namu anda juga masih bisa melakukan kustomisasi firmware kalau router yang anda pakai mendukung hal tersebut.

Itu sebabnya anda bisa mencari custom firmware yang mmepunyai fitur URL Logging sebagai salah satu cara melihat history Wifi orang lain.

Maka anda dapat memakai OpenWrt sebagai custom firmware untuk router, pastinya cara kerja dari OpenWrt ini telah banyak dibahas di internet.


4. Cara Melihat History WiFi Orang Lain dengan Transparent Proxy Server

Cara Melihat History WiFi Orang Lain
Cara Melihat History WiFi Orang Lain dengan Transparent Proxy Server
Untuk cara melihat history WiFi orang lain ini, maka anda bisa menggunakan Transparent Proxy Server pasalnya salah satu server yang bisa mengarahkan ke traffic web lewat proxy yang anda buat.

Jika anda memakai konfigurasi jaringan seperti itu, itu sebabnya anda dapat melihat history web para pengguna Wifi sebab alamat URL dari setiap traffic yang lewat proxy buatan anda akan terlihat.


Lewat Log, sehinggan anda dapat mencoba Proxy Server Squid sebagai salah satu cara melihat history Wifi lewat transparent proxy server bukan hanya mendukung HTTP dan HTTPS Squid.

Dalam hal ini, yang kompatibel dengan banyak sistem operasi berupa Windows dan Linux hingga anda bisa memperolehnya dengan gampang.


Akhir Kata

Demikianlah penjelasan yang telah kami sampaikan untuk anda, tentu cara ini dapat anda gunakan dalam melihat history Wifi orang lain.

Bahkan anda bisa memilih salah satu cara cukup mudah untuk anda gunakan, agar bisa melihat history WiFi orang lain dengan sangat gampang.

Untuk itu, jangan sampai anda ketinggalan informasi menarik ini supaya anda dapat dengan mudah melihat history Wifi orang lain ini.

Itulah seluruh isi artikel kita kali ini mengenai cara melihat History Wifi orang lain. Sekian dan selamat mencoba.
Dody S. Praktisi teknologi, editor dan jurnalis di 1001Media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel