Cara Live Youtube dengan Kamera DSLR 2022

Cara Live Youtube dengan Kamera DSLR
Cara Live Youtube dengan Kamera DSLR - Apa bila anda ingin membuat konten dengan siaran langusng atau live streaming ke platform media sosial lainnya seperti Youtube.

Itu adalah hal yang paling mudah dilakukan dalam membuat, bahkan anda dapat menggunakan bantuan dari web cam atau kamera dari Smartphone.

Namun apa bila anda kurang puas dengan kualitas gamar dari web cam atau kamera Smartphone-nya maka anada dapat menggunakan kamera digital lain entah itu DSLR, Mirroless dan Camcorder.

Sampai dengan kamera aksi dapat menjadi salah satu solusinya, kalau anda penasaran dan ingin melakukan percobaan maka kami akan memberikan tips-tipsnya untuk anda.


Maka dari itu, di artikel kali ini kami akan menjelaskan dan membagikan informasi seputar cara live Youtube dengan kamera DSLR tentunya anda simak ulasan sebagai berikut.


Cara Live Youtube dengan Kamera DSLR


1. Cara Live Youtube dengan Kamera DSLR dengan Perangkat yang Dibutuhkan

Cara Live Youtube dengan Kamera DSLR
Cara Live Youtube dengan Kamera DSLR dengan Perangkat yang Dibutuhkan
Berikut cara live Youtube dengan kamera DSLR dengan perangkat yang dibutuhkan:
  • Pastikan anda memiliki laptop ataupun PC
  • Elgato Cam Link 4K.
  • Pastikan kamera mirroless atau DSLR, apa bila tidak ada anda bisa menggunakan camcorder, kamera saku atau kamera aksi ( Kamera yang kompatibel dengan Elgato Cam Link 4K).
  • Tripod
  • Kabel Micro HDMI ke dalam HDMI.
  • Lampu LED atau Studio Lighting (Opsional).
  • Baterai Dummy, dalam hal ini anda harus memastikan dengan tipe kamera anda.
  • Software OBS Studio, silahkan anda kunjungi melalui link berikut ini Aplikasi Software OBS Studio.


2. Cara Live Youtube dengan Kamera DSLR

Cara Live Youtube dengan Kamera DSLR
Cara Live Youtube dengan Kamera DSLR
Berikut cara live Youtube dengan kamera DSLR:
  • Terlebih dahulu anda harus menyiapkan kamera mirroless, DSLR, camcorder ataupun kamera aksi yang anda punya.
  • Jika anda ingin menghindari kamera kehabisan baterai, maka ada solusi yang bisa anda gunakan yakni memakai baterai Dummy. Tinggal mengganti baterai kamera dengan menggunakan baterai Dummy, setelah itu sambungkan kabel baterai dummy ke dalam colokan listrik atau powerbank.
  • Setelah itu anda pasang kamera ke tripod, apa bila ruangan kurang pencahayaan maka anda bisa menggunakan tambahan lampu LED atau lighting studio. Dalam hal ini, akan sangat membantu untuk memperoleh hasil rekaman dengan pencahayaan yang cukup baik.
  • Jika sudah, maka anda hubungkan ke kamera Eligato Cam Link 4K dengan memakai kabel micro HDMI to HDMI lalu anda tancapkan ke Elgato Cam Link 4K ke Port HDMI pada PC ataupun laptop.
  • Apa bila sudah selesau terhubung dan menyalakan kamera pada menu Setting kamera, namun anda harus memastikan juga opsi output info display HDMI di nonaktifkan.
  • Namun sebelum anda melakukan siaran langsung di PC ataupun laptop, anda harus menginstall software yang bernamakan OBS Studio pasalnya OBS sendiri tersedia secara gratis dan anda unduh melalui link yang kami bagikan di atas tadi.
  • Lalu anda masuk ke dalam kanal Youtube Creator Studio melalui browser, dimana antar muka Youtube Creator Studio pilih create dan Go Live setelah itu pilih opsi Live Streaming.
  • Selanjutnya anda harus melengkapi dan isi semua info yang berkaitan dengan aktivitas Live Streaming-nya, maka anda scrool ke bawah sampai ke menu Encoder Setup. Pada menu tersebut, nantinya anda akan melihat 2 kolom yakni Server URL dan Stream name atau key yang disembunyikan. Tinggal klik opsi Reveal, untuk dapat melihat kata sandi lalu copy kata sandi ini dalam memasukkan ke OBS Studio.
  • Kemudian OBS Studio, maka anda masuk ke menu Setting yang terdapat di bagian bawah kanan layar dan pilih opsi Stream Type lalu pilih Streaming Service. Setelah itu, pada Service pilih Youtube atau Youtube Gaming server pilih Primary Youtube Ingest Server. Selanjutnya di kolom Stream Key, anda paste kata sandi yang telah anda copy dari Youtube dan klik Apply lalu anda klik OK.
  • Jika anda ingin memulai siaran langsung, anda klik menu Sources pada OBS Studio dan pilih opsi tanda (+) dan pilih Video Capture Device. Kemudian anda isikan nama perangkat, di bagian Device pilih opsi Cam Link 4K pada menu tersebut dan pilih resolusi video untuk melakukan siaran langsung. Apa bila koneksi internet anda kencang, maka kualitas terbaik bisa anda pilih opsi 4K lalu anda klik OK.
  • Setelah selesai semuanya, anda tinggal tekan tombol Start Streaming namun pastikan audio sinkron dengan baik dan gambar di tampilkan. Jika terdapat delay atau lag pada bagian kolom Mixer, anda harus mengatur Sync Offset sampai suara sinkron dengan gambar.
  • Apa bila sudah sempurna, silahkan anda klik Start Streaming dan anda sudah dapat melakukan siaran langsung pada platform Youtube.


Akhir Kata

Begitulah kira-kira penjelasan yang telah kami sampaikan untuk anda, tentu saja dengan cara kami berikan ini anda dapat menggunakan kamera DSLR.

Namun anda harus memastikan, semua yang akan di butuhkan harus sudah siap untuk ke langkah selanjutnya dalam menggunakan live streaming di Youtube.

Maka dari itu, jika anda ingin berhasil dalam melakukannya anda harus memastikan dengan teliti di dalam lakukan langkah-langkah secara cermat.

Itulah seluruh isi artikel kita kali ini mengenai cara live Youtube dengan Kamera DSLR. Sekian dan selamat mencoba.
Dody S. Praktisi teknologi, editor dan jurnalis di 1001Media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel