Cara Live Youtube dari Zoom 2022

Cara Live Youtube dari Zoom
Cara Live Youtube dari Zoom - Apa lagi dimasa pandemi seperti sekarang ini Zoom banyak digunakan didalam pertemuan santai, formal ataupun bisnis secara daring.

Ditambah dengan situasi yang membuat pertemuan itu harus berintegrasikan dengan Youtube secara live, sebagai salah satu upaya membagi slot dan kemudahan dalam mengakse tanpa registrasi.

Mungkin anda bertanya-tanya, gimana sih cara menghubungkan zoom ke Youtube dan melakukan siaran langsung sekaligus pasalnya anda akan membutuhkan yang namanya akun berlisensi.

Oleh sebab itu, sangat di sayangkan jika versi gratis tidak bisa melakukannya secara langsung akan tetapi anda masih bisa melakukan hal itu.


Maka dari itu, anda janganlah cemas sebab intergrasi masih bisa dilakukan dengan akun gratis atau basic hanya saja memanfaatkan software perekam layar seperti halnya OBS Studio.

Dimana hal itu, mampu menghubungkan ke platform Youtube untuk lebih jelasnya di artikel kali ini kami akan membagikan beberapa informasi seputar cara live Youtube dari Zoom sebagai berikut.


Cara Live Youtube dari Zoom


1. Cara Live Youtube dari Zoom dengan Akun Pro

Cara Live Youtube dari Zoom
Cara Live Youtube dari Zoom dengan Akun Pro
Berikut cara live Youtube dari Zoom dengan Akun Pro:
  • Terlebih dahulu, anda login ke Zoom atau silahkan anda kunjungi melalui link berikut ini (https://zoom.us/) dimana hal ini bisa mengatur perizinan akses akun pengguna.
  • Lalu anda pilih menu Settings atau pengaturan, bisa anda temukan di jendela samping kiri dashboard akun pengguna.
  • Kemudian anda scrool sampai bawah maka anda menemukan perizinan Live Streaming Meetings setelah itu geser ke kanan di button dan ceklis di kolom Youtube, Facebook bisa sesuaikan dengan kebutuhannya tinggal Save untuk menyimpan perubahan.
  • Silahkan pengguna membuka aplikasi Zoom untuk memulai pertemuan yang telah di jadwalkan sebelumnya, lalu anda tekan tombol tambahkan Live on Youtube bisa ditemukan pada menu More.
  • Selanjutnya anda klik Live on Youtube, dalam hal ini untuk memulai berintegrasikan jedelan peralihan lalu pop akn muncul dan pilih akun yang di pakai untuk mengizinkan broadcast dari Zoom.
  • Kemudian anda pilih channel yang di pakai untuk dapat menampilkan broadcast dari Zoom.
  • Setelah itu anda berikan judul atau title dari pertemuan daring yang anda akan bagikan ke Youtube, bukan itu saja anda bisa memilih beberapa opsi penayangan contohnya saja publik atau pribadi bisa sesuaikan dengan kebutuhannya.
  • Selanjutnya anda tunggu proses menghubungkan ke dua platform sampai selesai, maka jendela siap untuk menampilkan broadcast zoom ke dalam aplikasi Youtube live.
  • Tahap terakhir, semua proses sudah selesai maka pertemuan akan di siarkan secara langsung pada channel Youtube jika ingin menghentikannya bisa tekan Stop pada menu More Zoom.


2. Cara Live Youtube dari Zoom dengan Menggunakan Custom Live Streaming

Cara Live Youtube dari Zoom
Cara Live Youtube dari Zoom dengan Menggunakan Custom Live Streaming
Pasalnya Custom Live Streaming biasanya di pakai untuk menjadwalkan pertemuan yang akan datang, sebab host sendiri akan membuat dan mempersiapkan di jauh-jauh hari.


Berikut cara live Youtube dari Zoom dengan menggunakan Custom Live Streaming:
  • Terlebih dahulu, anda kembali ke pengaturan live streaming meetings di akun Zoom, maka anda aktifkan Custom Live Streaming Service dengan melakukan centang setelah itu buat jadwal meeting atau webinar sama seperti biasanya.
  • Lalu anda alihkan sementara dan buka halaman Youtube Live Streaming, kemudian anda buat jadwal setelah itu lakukan penyesuaian sampai lengkap.
  • Kemudian anda peroleh streamkey, steam URL dan Live Stream Page URL ketika di proses share untuk dapat menambahkan ke Zoom.
  • Kita lanjut kembali ke Zoom, anda salin dan save link keynya di pertemuan yang telah anda jadwalkan sebelum-belumnya.
  • Silahkan anda start pertemuan untuk dapat memulai mengintegrasikan Zoom ke Youtube secara Custom Streaming.
  • Lalu anda pilih More dan Live on Custom Live Streaming Service.
  • Tahap terakhir, maka integrasi Zoom ke Youtube sudah berhasil dilakukan sebelum melakukan pertemuan dimulai dan link pertemuan dari kedua hal itu bisa anda peroleh untuk membagikan kepada peserta pertemuan di jauh-jauh hari.


3. Cara Live Youtube dari Zoom dengan Menggunakan OBS

Cara Live Youtube dari Zoom
Cara Live Youtube dari Zoom dengan Menggunakan OBS
Berikut cara live Youtube dari Zoom dengan menggunakan OBS:
  • Terlebih dahulu, silahkan anda kunjungi melalui link berikut ini (https://obsproject.com/).
  • Setelah itu anda tambahkan source media display capture untuk dapat menangkap layar di aplikasi Zoom.
  • Kemudian anda tambahkan juga Source Output Video Capture.
  • Lalu masukkan stream key Youtube ke dalam OBS Studio, maka akses ke pengaturan Live Streaming dapat menambahkannya.
  • Tahap terakhir, anda tinggal klik tombol start Streaming pada OBS Studio.


Akhir Kata

Demikianlah penjelasan yang telah kami sampaikan untuk anda, tentu saja cara ini bisa anda gunakan mudah dalam melakukan live Youtube dari Zoom.

Pasalnya kami telah menyiapkan tiga cara untuk anda gunakan, jika anda menggunakan OBS anda dapat membagiaknnya juga siaran langsung tersebut di Facebook.

Bukan hanya Youtube saja lho, oleh sebab itu anda segera gunakan cara kami berikan di atas tetntunya akan memudahkan anda dalam melakukan live Youtube dari Zoom.

Itulah seluruh isi artikel kita kali ini mengenai cara live Youtube dari Zoom. Sekian dan selamat mencoba.
Dody S. Praktisi teknologi, editor dan jurnalis di 1001Media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel