Cara Instal Windows 11 2022

Cara Instal Windows 11
Cara Instal Windows 11 - Beberapa waktu lalu, Microsoft baru saja mengeluarkan sistem operasi terbarunya yakni Windows 11, yang merupakan penerus dari versi sebelumnya dan sudah bisa diupdate pada perangkat komputer Anda.

Windows 11 tersebut bisa didownload dan install secara gratis dan sudah tersedia di Windows 100 dan bisa dibelu untuk perangkan konputer atau laptop.

Windows 11 ini diklaim mempunyai sistem operasi dan kemampuan yang lebih baik bila dibandingkan dengan versi sebelumnya atau lawas.

Selain itu, pihak Micrososft juga telah mengumumkan jika pengguna Windows 10 secara resmi akan mendapatkan upgrade ke Windows 11 dan bisa didownload secara gratis.


Nantinya Windows 11 akan terpasang di perangkat yang dijual dengan pre-load Windows 11.


Pembahasan Cara Instal Windows 11

Notifikasi mengenai ketersediaan Windows 11 akan ditampilkan pada menu Windows update bagi pengguna Windows 10.

Bila belum tersedia, kemungkinan update tersebut akan digelontorkan secara bertahap dan para pengguna harus bersabar dulu guys.

Anda bisa langsung download dan install Windows 11 secara gratis, jika notifikasi tersebut sudah ditampilkan di perangkat Anda.


Yang tak kalah menarik, Windows 11 ini memiliki beragam fitur menarik dan canggih, serta dihadirkan dengan desain antarmuka (UI) yang lebih segar dan bersih.

Seluruh fitur tersebut bisa digunakan oleh semua pengguna, setelah Windows 11 berhasil diinstall.

Bila Anda belum mengetahui tentang fitur dan cara instal Windows 11, maka kami sarankan untuk menyimak artikel ini hingga selesai guys, karena kami akan membagikan cara atau metodenya dengan lengkap.


Cara Instal Windows 11


Fitur dan Cara Instal Windows 11

Cara Instal Windows 11
Fitur dan Cara Instal Windows 11
Sebelum mendownload dan install Windows 11, ada baiknya untuk mengetahui fitur apa saja yang dimiliki oleh sistem operasi tersebut, agar Anda semakin yakin untuk menginstallnya.

Dengan mengetahui fitur-fitur yang dimiliki, Anda juga bisa mengetahui kelebihan dan kekurangan dari Windows 11 tersebut.


Adapun fitur dan cara instal Windows 11 sebagai berikut:


1. Fitur Windows 11

Fitur-fitur yang dimiliki oleh Windows 11 diantaranya manajemn jendela tugas, peningkatan kinerja dan dikungan aplikasi Android juga tersedia pada sistem operasi terbaru ini.

Salah satu perubahan yang paling mencolok adalah di bagian antarmuka, terutama pada taskbar dan menu Start.

Jika pada versi sebelumnya, kedua menu tersebut berada di samping kiri, namun sekarng sudah berpindah tempat ke sisi tengah seperti di tampilan MacOS.

Item lain seperti koneksi, jam dan baterai masih di tempat yang lama, yakni di sisi kanan taskbar.

UI Windows 11 tampil lebih transparan dengan nuansa aplikasi yang lebih segar, sedangkan menu Start pindah ke bagian tengah.


Hal tersebut adalah beberapa perubahan yang terlihat pada Windows 11 dan pihak Microsoft juga mengumumkan jika beberapa aplikasi Android yang akan tersedia di Windows Store dan bisa berjalan di Windows 11, tanpa harus melakukan modifikasi terlebih dahulu, diantaranya game dan sosial media.


2. Cara Install Windows 11

Microsoft sebelumnya mengumumkan jika hanya perangkat komputer yang CPU dengan CPU Intel generasi 8 atau lebih baru saja yang bisa menggunakan atau menginstall Windows 11.

Tetapi, Microsoft memberikan solusi bagi pengguna yang masih menggunakan perangkat lama atau CPU lama yang tidak lolos uji pembaharuan secara resmi, yakni bisa menginstall Windows 11 secara manual melalui file ISO.

Bila PC Anda memiliki CPU 64-bit dual core, kecepatan minimal 1GHz, perangkat mempunyai RAM 4GB serta ruang penyimpanan 64 GB dan chip TPM 1.2, maka metode tersebut bisa diterapkan.

Bisa dipastikan perangkat tidak akan mendapatkan akses ke pembaruan Windows atau patch keamanan, jika perangkat lama tidak sesuai dengan spesifikasi yang ditetapkan oleh microsoft digunakan untuk menginstall Windows 11.

Microsoft juga akan tetap memberikan dukungan untuk Windows 10 sampai 14 oktober 2025, jika perangkat tidak sepenuhnya kompatibel dengan Windows 11.

Beberapa ketentuan yang telah kami jelaskan tersebut harus diperhatikan dan pastikan perangkat Anda sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan, agar Windows 11 bisa diinstall.

Untuk cara download dan install Windows 11 sebagai berikut:
  • Untuk langkah pertama, silahkan buka menu Pengaturan atau Settings yang ada di perangkat PC atau laptop Anda.
  • Lalu pilih menu Pembaruan Windows atau Update Windows.
  • Setelah itu klik Periksa Pembaruan. Anda akan melihat opsi Pembaruan Fitur ke Windows 11, jika update tersedia.
  • Kemudian klik Download atau Unduh lalu install pada menu yang tersedia, untuk mengunduh update Windows.
  • Tunggulah beberapa saat, sampai proses instalasi Windows 11 selesai dilakukan oleh sistem.


Akhir Kata

Demikian cara yang bisa diterapkan, jika ingin menginstall Windows 11 yang merupakan sistem operasi terbaru dari Microsoft.

Sebelum melakukan proses install, pastikan terlebih dahulu perangkat Anda kompatibel dengan Windows 11 atau telah memenuhi syarat yang ditetapkan oleh pihak Microsoft.

Bila tidak kompatibel, maka Anda akan kesulitan dan kemungkinan tidak bisa menginstall Windows 11 tersebut.

Itulah seluruh isi artikel kami kali ini mengenai cara instal Windows 11 2022. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Dody S. Praktisi teknologi, editor dan jurnalis di 1001Media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel