Cara Instal GCam Tanpa Root di HP Android 2022

Cara instal GCam Tanpa Root di HP Android
Cara instal GCam Tanpa Root di HP Android - Saat ini, fotografi menjadi salah satu aktivitas yang sering dilakukan oleh sebagian orang, mulai dari anak-anak, remaja hingga orang dewasa melalui smartphone.

Selain praktis, tetpi saat ini memang sudah banyak smartphone Anroid yang telah dibekali dengan spesifikasi kamera yang mumpuni, sehingga Anda tak perlu repot membawa dan menggunakan kamera dslr.

Namun, masih ada dari mereka yang merasa kurang puas dengan hasil kamera bawaan smarphone Android, sehingga ingin menocba menggunakan aplikasi kamera yang memiliki fitur menarik layaknya kamera profesional dengan harga mahal.


Salah satu aplikasi tersebut adalah Google Camera atau GCam dan sedang populer karena digunakan oleh banyak orang, terutama yang gemar berfoto selfie.


Pembahasan Cara instal GCam Tanpa Root di HP Android

Aplikasi GCam sendiri awalnya hanya bisa digunakan oleh HP besutan Google seperti Pixel, namun sekarang banyak developer yang mengembangkan APK GCam, agar bisa digunakan di Android merek lain.

Sayangnya masalah baru justru timbul, karena beberapa sumber mengatakan jika pengguna harus melakukan proses root terlebih dahulu, jika ingin menginstall aplikasi tersebut.


Tentu hal tersebut adalah sebuah proses yang terbilang rumit dan merepotkan pengguna, apalagi proses root tidak bisa dilakukan sembarangan, karena bisa membahayakan perangkat.

Pertanyaannya, apakah bisa menginstall GCam tanpa root di HP Android? Jawabannya tentu bisa guys.

Nah, berikut ini kami akan bagikan cara instal GCam tanpa root di HP Android yang bisa diterapkan.


Cara instal GCam Tanpa Root di HP Android


1. Cara instal GCam Tanpa Root di HP Android menggunakan Config

Cara instal GCam Tanpa Root di HP Android
Cara instal GCam Tanpa Root di HP Android menggunakan Config
Bila ingin menginstall GCam tanpa proses root di Android, Anda bisa memanfaatkan file config atau file configurasi yang mampu membuka seluruh fitur yang terdapat di dalam aplikasi GCam, agar bisa digunakan dengan normal.

Langkah yang harus dilakukan memang lumayan panjang, namun cara ini sudah banyak digunakan oleh pengguna lain dan terbukti berhasil.

Adapun cara instal GCam tanpa root di HP Android menggunakan config sebagai berikut:
  • Untuk langkah pertama, silahkan download aplikasi GCam melalui file berikut ini (Download APK Google Camera).
  • Kemudian download file config dari versi GCam, jika APK nya sudah selesai didownload.
  • Setelah itu, pilihlah tipe HP yang digunakan lalu download file confignya. Bila ada dua pilihan, silahkan pilih yang pertama saja.
  • Lalu install file APK GCam dan buka aplikasinya setelah proses tersebut selesai dilakukan.
  • Anda juga harus memberikan izin akses yang diminta dengan cara memilih opsi Allow lalu masuk ke menu Settings pada aplikasi GCam dan pilih menu More> Settings> Save Settings.
  • Jika sudah, Anda bisa memasukkan nama apa saja, karena berfungsi untuk membuat folder config di dalam folder GCam, yang nantinya akan digunana untuk menyimpan file config yang telah didownload sebelumnya.
  • Menu Settings biasanya akan muncul setelah Anda mengaktifkan fitur Advanced Mode dengan cara pilih About lalu geser toggle Enable advanced mode, pada beberapa versi GCam APK.
  • Langkah selanjutnya, pidahkan file config dengan cara buka aplikasi File Manager dan carilah file config yang telah didownload sebelumnya dan pilih opsi Move kemudian arahak ke Internal shared storage> GCam> Configs> Paste.
  • Bila sudah, langsung hapus file yang sebelumnya telah dibuat di dalam aplikasi Google Camera.
  • Setelah dihapus, aktifkan kembali file config dengan cara buka aplikasi GCam dan ketuk 2x di bagian hitam> file config dan pilih tombol Restore.
  • Selesai dan aplikasi berhasil diinstall.


2. Cara instal GCam Tanpa Root di HP Android tanpa Config

Cara Instal GCam Tanpa Root di HP Android
Cara instal GCam Tanpa Root di HP Android tanpa Config
Menginstall aplikasi GCam tanpa harus root di HP Android tanpa menggunakan file config memang langkahnya lebih pendek guys, namun semua fitur yang ada di dalam aplikasi tidak bisa digunakan.

Fitur-fitur yang tidak bisa digunakan jika menggunakan cara ini diantaranya Portrait, Lens Blur, Slow motion, Time lapse dan lainnya.

Cara ini bisa menjadi pilihan yang pas, bila Anda kurang memahami apa itu file config.


Sedangkan cara instal GCam tanpa root di HP Android tanpa config sebagai berikut:
  • Silahkan download aplikasi GCam melalui link berikut ini (Download Google Camera).
  • Pada tahap ini, kami memilih GCam Arnova, karena termasuk salah satu modder terkenal untuk aplikasi GCam itu sendiri.
  • Anda bisa langsung install file APK GCam, jika proses download sudah selesai dilakukan.
  • Kemudian buka aplikasinya dan berikan izin aplikasi dengan cara pilih opsi Allow.
  • Aplikasi GCam sudah berhasil terinstall di HP Android dan siap untuk digunakan.

Akhir Kata

Demikian beberapa cara yang bisa digunakan, jika ingin menginstall aplikasi GCam di HP Android tanpa root.

Jika ingin hasil yang maksimal, Anda bisa gunakan cara yang pertama, karena seluruh fitur pada aplikasi GCam bisa digunakan.

Namun, jika tidak ingin ribet, silahkan gunakan cara kedua guys, tapi sebagian besar fitur pada aplikasinya tidak akan bisa digunakan.

Itulah seluruh isi artikel kami kali ini mengenai cara instal GCam tanpa root di HP Android 2022. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Dody S. Seseorang yang senang belajar dan sharing segala hal tentang teknologi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel