Cara Hack Database Perusahaan 2022

Cara Hack Database Perusahaan
Cara Hack Database Perusahaan - Database adalah sebuah sistem dari perangkat lunak yang digunakan untuk menyimpan dan mengambil informasi dalam format yang terstruktur.

Di awal kemunculannya, database adalah sebuah flat file, contohnya file besar Excel dan menjadi lebih besar , namun struktunya tetap sederhana.

Biasanya, database ini dimiliki oleh perusahaan, lembaga pemerintah, organisasi dan lainnya, yang di dalamnya tersimpan banyak sekali data penting dan harus dijaga kerahasiaannya.

Apalagi database perusahaan, pastinya menyimpan banyak sekali data penting terkait keuangan, data karyawan, kontrak kerja sama dan lainnya.

Bila database tersebut bocor ke publik atau orang lain, kemungkinan reputasi perusahaan bisa saja menurun dan tentu akan merugikan banyak pihak.

Oleh karena itu, jika Anda seorang yang bekerja di sebuah perusahaan atau memiliki perusahaan sendiri, penting mengetahui cara hack database yang sering digunakan oleh para hacker.


Jika cara hack tersebut diketahui, setidaknya Anda bisa mengantisipasi jika ada hal-hal yang mencurigakan terjadi di server database perusahaan.

Nah, berikut ini kami bagikan cara hack database perusahaan yang harus diketahui dan bisa dipelajari guys.


Cara Hack Database Perusahaan


Cara Hack Database Perusahaan menggunakan SQL Injection

Cara Hack Database Perusahaan
Cara Hack Database Perusahaan menggunakan SQL Injection
SQL Injection adalah salah satu alat yang sering digunakan untuk menguji sebuah website apakan memiliki kerentanan terhadap bug atau tidak.

Bila sebuah website diketahui memiliki kerentanan terhadap bug, maka para hacker bisa membobolnya dengan lebih mudah.

Karena alasan tersebutlah, yang membuat SQL Injection bisa digunakan untuk membobol atau hack database sebuah perusahaan.

Adapun cara hack database perusahaan menggunakan SQL Injection sebagai berikut:
  • Untuk langkah pertama, Anda harus menemukan kelemahan pangkalan database perusahaan dengan cara buka layar log masuk web lalu klik Login. Bila Anda melihat sebuah pesan yang bertuliskan "SQL Exception: quoted string not properly terminated" atau "invaled character", berarti database tersebut rentan terhadap SQL Injection.
  • Kemudian kembalilah ke halaman log masuk database dan klik kotak alamat peramban. Di akhir URL, tekan spasi dan ketik order by 1 lalu tekan enter. Anda bisa terus menambah angka hingg pesan galat didapatkan. Angka kolo sebenarnya adalah angka yang dimasukkan sebelum angka yang menampilkan pesan galat tersebut.
  • Di akhir URL pada kotak alamat peramban, silahkan ubah catid=1 atau id=1. Tekan juga tombol spasi dan ketikkan union select 1,2,3,4,5,6 (bila ada 6 kolom). Angka yang dimasukkan harus berurutan, hingga ke total jumlah kolom dan setiap angka harus dipisahkan dengan tanda koma. Tekan enter dan Anda akan melihat masing-masng angka dari setiap kolom yang mendapatkan permohonan.
  • Sekarang Anda bisa memasukkan pernyataan SQL ke dalam kolom. Contohnya, jika Anda ingin mengetahui siapa pengguna saat ini dan menaruh injeksi di kolom ke 2, maka hapus eluruh teks di URL setelah ID=1 lalu tekan tombol spasi. Selanjutnya ketik union select 1, contact(user()),3,4,5,6 dan seterusnya. Nantinya, Anda akan melihat nama pengguna pangkalan database perusahaan di layar.
  • Silahkan gunakan SQL sesuai dengan yang diinginkan bila ingin mengembalikan informasi, misalnya daftar nama pengguna dan kata sandi website yang akan dihack.


Akhir Kata

Demikian cara yang bisa diterapkan, jika ingin hack database perusahaan menggunakan SQL Injection.

Langkah yang dilakukan lumayan panjang, sehingga disarankan untuk mempelajarinya terlebih dahulu, agar setiap langkahnya bisa dipahami.

Sehingga proses hack yang dilakukan bisa berjalan dengan lancar dan pastinya berhasil.

Itulah seluruh isi artikel kami kali ini mengenai cara hack database perusahaan 2022. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Dody S. Praktisi teknologi, editor dan jurnalis di 1001Media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel