Cara Download Data di WA 2022

Cara Download Data di WA
Cara Download Data di WA - Beberapa waktu lalu, aplikasi chatting sempat ingin ditinggalkan oleh sebagin penggunanya, akibat dari kebijakan baru mengenai WhatsApp varian bisnis ang akan berbagi data dengan Facebook, selaku perusahaan induknya.

Rencananya tersebut disinyalir muncul karena WhatsApp sendiri mempunyai dan menyimpan lebih dari 1 miliar informasi atau data dari penggunanya yang aktif serta tersebar di seluruh dunia.

Sehingga, saat ini papa penggunanya bisa mencari tahu informasi apa saja yang dikais oleh aplikasi pesan instan tersebut, karena fiturnya telah tersedia.

Fitur tersebut hadir setelah Uni Eropa mengeluarkan sebuah aturan tentang privasi yang tertuang dalam Data Protection Regulation (GDPR).


Walaupun belum ada kasus penyalahgunaan data seperti yang terjadi di Facebook, namun pengguna juga tetap bisa mengetahui informasi apa saja yang disimpan WhatsApp tentang dirinya.


Pembahasan Cara Download Data di WA

Sayangnya masih banyak pengguna WhatsApp yang belum mengetahui cara untuk mengambil atau mendownload data di WhatsApp.

Padahal metode tersebut harus dikuasi, agar mereka bisa mendownload data pribadinya dengan mudah dan cepat.


Sebenarnya, untuk proses download data di WhatsApp caranya cukup mudah, karena pengguna hanya perlu melakukan beberapa langkah saja dan tidak perlu menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Jika Anda adalah salah satu pengguna yang ingin mengetahui cara download data di WA, maka kami sarankan untuk menyimak artikel ini hingga selesai, karena kami akan membagikan metodenya dengan lengkap.


Cara Download Data di WA


Cara Download Data di WA dengan Mudah

Cara Download Data di WA
Cara Download Data di WA dengan Mudah
Ada beberapa langkah atau tahapan yang harus dilakukan, agar proses download data di WhatsApp berhasil dilakukan.

Baca juga : Virtex WA

Nah, berikut ini cara download data di WA yang bisa diterapkan:


1. Meminta Data

  • Untuk bisa mendownload data di WhatsApp, maka terlebih dahulu Anda harus mengupdate aplikasi WhatsApp ke versi 2.18, dengan cara klik link berikut ini (Update WhatsApp ke Versi 2.18).
  • Bukalah aplikasi WhatsApp lalu klik ikon tiga titik yang ada di pojok kanan atas dan klik menu Settings.
  • Jika sudah, langsung pilih menu Akun (Account) dan klik opsi Permintaan informasi akun (Request account info) lalu klik Permintaan laporan.
  • Secara otomtis WhatsApp akan menginformasikan jika laporan baru bisa diterima selang tiga hari, setelah permintaan Anda kirimkan.
  • Namun ada juga yang mendapatkan informasi balasan setelah beberapa jam guys, jadi tunggu saja dengan sabar.
  • Bila Anda menghapus akun WhatsApp, mengganti nomor HP dan menregistrasi ulang akun selama masa tunda permintaan, maka permintaan informasi akan dibatalkan.
  • WhatsApp akan memberikan notifikasi yang mengatakan "akun Anda siap diunduh (Your account info report is ready to download), setelah dokumen siap.
  • Notifikasi tersebut juga akan menginformasikan masa berlaku dokumen untuk bisa di download. Sebagian besar informasi hanya dapat diunduh dalam kurun waktu beberapa minggu saja. Saat sudah kadaluarsa, maka informasi tersebut akan terhapus dari server.


2. Mengunduh Data

  • Setelah notifikasi tersedia, silahkan buka WhatsApp dan buka menu Settings.
  • Lanjutkan langakh dengan klik menu Akun> Permintaan informasi akun> Unduh laporan (Download report).
  • Format unduhan berupa file ZIP dan akan langsung diekstrak.
  • Setelah diekstrak, informasi akan ditampilkan dalam format HTML dan bisa dibuka menggunakan browsr dengan format JSON lalu bisa dipindahkan di port ke aplikasi lain.
  • Akan terlihat informasi apa saja yang WhatsApp kumpulkan tentang penggunanya, setelah unduhan terbuka.
  • Informasi tersebut diantaranya nomor HP, koneksi IP yang digunakan, jenis dan vendor perangkat, foto profil dan seluruh nomor kontak.
  • Seluruh grup WhatsApp di mana pengguna masuk di dalamnya dan nomor kontak mana saja yang diblokir.


Akhir Kata

Demikian cara yang bisa diterapkan, bila ingin mendownload data di WhatsApp dengan mudah.

Informasi yang disimpan WhatsApp tidak terlalu pribadi seperti yang ada di Facebook dan begitu juga dengan Instagram, yang memiliki fitur serupa dan memungkinkan pengguna bisa mengunduh datanya.

Perhatikan dan lakukan setiap langkah dengan baik dan benar, agar proses pengunduhan data di WA berhasil dilakukan guys.

Itulah seluruh isi artikel kami kali ini mengenai cara download data di WA 2022. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Dody S. Praktisi teknologi, editor dan jurnalis di 1001Media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel