Cara Cek Indihome Gangguan 2022

Cara Cek Indihome Gangguan
Cara Cek Indihome Gangguan
- Jika anda mengalami gangguan di Indihome-nya, anda bisa memperhatikan tanda-tanda yang muncul disana.

Dalam hal ini, gangguan ini biasanya akan terjadi di akibatkan oleh router dari penggunaannya atau bisa juga pusat Indihome sendiri.

Pasalnya Indihome merupakan salah satu produk dari perusahaan telekomunikasi Telkom, dalam hal ini menyediakan berbagai layanan komunikasi dan juga data berupa telepon rumah dan internet.

Baca juga : Batas FUP Indihome

Bahkan layanan televisi interaktif, namun saat ini yang paling banyak penggunanya yakni di layanan Wifi sebab Wifi Indihome mempunyai pengguna terbanyak di Indonesia.

Sebab dilihat dari jaringannya yang sudah sangat mampu mencapai pelosok negeri, ditambah dengan kebutuhan internet yang cukup meningkat seperti sekarang ini.


Pembahasan Cara Cek Indihome Gangguan

Akan tetapi, pada saat kita sedang berselancar dengan internet namun prosesnya begitu lambat dan itupun sering dialami oleh para pengguna Indihome.

Itu adalah salah satu hal yang sering mereka alami, disebabkan oleh internet Indihome mengalami gangguan atau website yang anda buka sedang down.


Agar bisa memastikan penyebab terjadinya, untuk itulah anda harus tahu cara melakukan pengecekkan Indihome yang mengalami gangguan.

Untuk lebih jelasnya, diartikel kali ini kami akan membagikan informasi seputar cara cek Indihome gangguan tentunya anda simak ulasan sebagai berikut.


Cara Cek Indihome Gangguan


1. Cara Cek Indihome Gangguan di Router

Cara Cek Indihome Gangguan
Cara Cek Indihome Gangguan di Router
Cara cek Indihome gangguan di router, biasanya gangguan ini bisa anda lihat dengan mengamati lampu indikatornya kalau terdapat masalah yang terdeteksi di router.

Maka anda dapat segera menyelesaikannya, bisa disesuaikan dengan penyebabnya dan ada juga beberapa masalah dapat diselesaikan dengan cara restart atau reset router.


Berikut tanda-tanda yang dapat router Indihome:
  • Lampu Indikator PON : Jika anda menemukan warna hijau itu artinya normal, namun jika sebaliknya berwarna merah itu berarti sedang mengalami gangguan akibat belum registrasi ONT.
  • Lampu Indikator LOS : Jika anda menemukan mati itu artinya normal, akan tetapi kalau warnanya merah itu berarti sinyal yang diterima ONT abnormal.
  • Lampu Indikator WLAN : Jika anda menemukan hijau itu artinya WLAN enable, sebaliknya kalau mati itu berarti WLAN disable.
  • Lampu Indikator POTS : Kalau berwarna merah itu artinya ONT sudah teregistrasi di SS atau IMS, tapi tidak terdapat traffic yang ditangkap. Kalau itu mati yang artinya belum di teregistrasi di SS atau IMS sedangkan flashing itu berarti sedang terdapat percakapan yang terjadi.
  • Lampu Indikator LAN : Pada saat lampu berwarnakan merah itu artinya port, tentu saja sudah terkoneksi namun tidak terdapat data-data yang terkirim. Tapi, kalau lampu indikatornya mati itu artinya tidak terdapat koneksi sedangkan lampu flashing itu tandanya sedang terjadi percakapan yang berlangsung.


2. Cara Cek Indihome Gangguan di Server Pusat

Cara Cek Indihome Gangguan
Cara Cek Indihome Gangguan di Server Pusat
Untuk cara cek Indihome gangguan yang terakhir, biasanya gangguan terjadi di server pusat dan tidak ada tanda-tanda yang perlu anda amati di routernya.

Jika anda merasakan internetnya lebi lemot atau tidak dapat digunakan, pada dasarnya Indihome akan selalu memberikan peringatan pada akun media sosial mereka.

Kalaupun itu terjadi gangguan di server pusat, maka pihak Indihome akan segera melakukan perbaikan bukan itu saja pengguna Indihome lain juga akan membagikan keluhannya yang sama.


Maka anda dapat mengecek keluhan ini dengan cara membuka akun media sosial Indihome pada Facebook, Twitter dan Instagram dengan menggunakan username @Indihome.

Itu sebabnya pengguna dapat melaporkan gangguan yang terjadi di Indihome Call Center Jakarta, pada kode area + 147 atau bisa juga mengirimkan keluhan ke email customercare@telkom.co.id.

Bukan itu saja, anda juga dapat mengirimkan direct message berkaitan dengan Gangguan ke Facebook, Twitter dan Instagram @IndihomeCare dan pihak dari Indihome akan segera membantu masalahnya.


Akhir Kata

Demikianlah penjelasan yang telah kami sampaikan untuk anda, tentu saja anda bisa langsung mengecek gangguan di routernya.

Bisa juga terjadi di server pusat Indihome sendiri, oleh sebab itu anda bisa langsung cek tanda-tanda tersebut jika mengalami gangguan di Indihome.

Jika bukan itu masalahnya, silahkan anda adukan masalah yang terjadi dengan cara kirimkan direct message ke media sosial atau email ke Indihome.

Itulah seluruh isi artikel kita kali ini mengenai cara cek Indihome gangguan. Sekian dan selamat mencoba.
Dody S. Praktisi teknologi, editor dan jurnalis di 1001Media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel