Cara Agar Stiker WA tidak Terdownload Otomatis

Cara Agar Stiker WA tidak Terdownload Otomatis
Cara Agar Stiker WA tidak Terdownload Otomatis - WhatsApp (WA) adalah satu dari sekian banyak aplikasi chatting yang memiliki fitur Stiker di aplikasinya dan bisa digunakan oleh para penggunanya untuk berkirim pesan.

Ada beragam stiker yang ada di aplikasi WA, mulai dari stiker lucu, romantis, sedih, karakter, hewan, bunga dan lainnya.

Namun, stiker-stiker tersebut terkadang sering terdownload secara otomatis dan pastinya akan langsung tersimpan di ruang penyimpanan smartphone guys.


Jika dibiarkan, maka tanpa disadari dan setelah dicek, ternyata ada beberapa pengguna yang ruang penyimpanannya hampir 40% dipenuhi oleh stiker, terutama yang intensitas chattingnya lumayan tinggi setiap hari.


Pembahasan Cara Agar Stiker WA tidak Terdownload Otomatis

Stiker yang terdownload otomatis tersebut sebenarnya disebabkan karena WhatsApp sendiri memiliki pengaturan untuk mendownload media seperti foto, video dan stiker secara otomatis guys.

Jika pengaturan tersebut belum diubah, maka wajar saja stiker bisa terdownload dan begitu juga dengan file-file lainnya.

Selain menghabiskan ruang penyimpanan yang lumayan banyak, pengaturan tersebut juga bisa boros kuota guys.

Bisa dibayangkan, jika setiap ada foto, video dan stiker yang dikirimkan oleh kontak baik secara personal ataupun melalui grup, akan langsung terdownload secara otomatis dan masuk ke ruang penyimpanan.


Oleh karena itu, Anda harus segera mengubah pengaturan di aplikasi WhatsApp agar stiker dan file lainnya, hanya akan terdwonload jika Anda yang menginginkannya.

Nah, berikut ini kami akan bagikan cara agar stiker WA tidak terdownload otomatis dan bisa diterapkan pada perangkat masing-masing.


Cara Agar Stiker WA tidak Terdownload Otomatis


1. Cara Agar Stiker WA tidak Terdownload Otomatis di iPhone

Cara Agar Stiker WA tidak Terdownload Otomatis
Cara Agar Stiker WA tidak Terdownload Otomatis di iPhone
Setiap merek dan tipe smartphone, pasti memiliki tata letak menu dan fitur yang berbeda-beda, walaupun memiliki fungsi yang sama, begitu juga dengan iPhone guys.

Banyak para penggunanya yang masih bingung tentang cara menggunakan fitur ataupun menunya, tak terkecuali untuk mengatur agar aplikasi WhatsApp tidak mendownload stiker dan file lainnya secara otomatis.


Bila Anda pengguna iPhone, berikut ini kami bagikan cara agar stiker WA tidak terdownload otomatis di iPhone yang bisa diterapkan:
  • Bukalah aplikasi WhatsApp.
  • Masuklah ke menu Settings lalu klik Data and Storage usage.
  • Lalu klik Photos dan pilih Never untuk menghentikan fitur unduhan.
  • Anda akan menemukan informasi, yang bisa menghilangkan centang di samping video, audio serta document di setiap media.
  • Tujuannya untuk mencegah file media apapun yang dikirimkan di WhatsApp bisa terdownload secara otomatis dan tersimpan ke iPhone.

2. Cara Agar Stiker WA tidak Terdownload Otomatis di Android

Cara Agar Stiker WA tidak Terdownload Otomatis
Cara Agar Stiker WA tidak Terdownload Otomatis di Android
Bagi pengguna Android, bisa mengikuti cara agar stiker WA tidak terdownload otomatis berikut ini:
Bukalah aplikasi WhatsApp di smartphone Android.
  • Setelah itu klik ikon tiga titik dan pilih menu Settings.
  • Lalu klik Data and Storage Usage dan masuk ke bagian Media auto-download.
  • Selanjutnya klik When using mobile data dan hilangkan centang yang ada di sebelah tulisan Photos kemudian klik OK.
  • Lakukan langkah yang sama pada bagian When connected on wifi dan When roaming, untuk menghentikan download secara otomatis.


Akhir Kata

Demikian beberapa cara yang bisa diterapkan, jika ingin stiker ataupun file media lainnya tidak terunduh secara otomatis lagi guys.

Silahkan pilih salah satu cara sesuai dengan perangkat yang digunakan untuk mengakses WhatsApp.

Dengan cara di atas, stiker, foto, video, audio dan dokumen lainnya tidak akan terunduh, sebelum Anda mengklik tombol unduh atau download.

Itulah seluruh bahasan kita pada artikel kali ini mengenai cara agar stiker WA tidak terdownload otomatis 2022. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Dody S. Praktisi teknologi, editor dan jurnalis di 1001Media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel