Cara Agar Akun IG Aman 2022

Cara Agar Akun IG Aman
Cara Agar Akun IG Aman
- Pasalnya Instagram merupakan media sosial tempat membagikan foto atau video secara publik, akan tetapi platform tersebut juga bisa beresiko terhadap privasi dan keamanan.

Sik pemilik akun tersebut, supaya media sosial menjadi lebih aman dan mencegah terjadinya akun dibobol hacker maka setiap pengguna wajib mengetahui cara untuk mengamankan akun IG-nya.

Oleh sebab itu media sosial yang anda miliki tidak mudah disadap, biasanya aplikasi Instagram tidak gampang di retas sebab keamanan cukup canggih.

Namun peretasan bisa jadi terjadi kalau sik pelaku mempunyai atau memperoleh informasi kontaknya berupa alamat email, nomor telepon dan kata sandi emailnya.


Walaupun begitu, ada banyak sekali cara buat melakukan peretasan untuk bisa memperoleh informasi itu contohnya saja kata sandi yang cukup lemah dan gampang ditebak.


Pembahasan Cara Agar Akun IG Aman

Bisa juga kata sandi yang sama untuk semua akunnya dan masih banyak lagi cara mereka melakukan peretasan, apa lagi kata sandi email yang sudah berhasil di retas.

Kurasa itu sudah lebih dari cukup, untuk dapat meretas semua layanan lain yang telah terdaftar dengan menggunakan email anda miliki.

Apa lagi cara yang saat ini cukup populer yakni memakai tehnik Phising, maka peretas akan memanipulasi dengan menggunakan informasi tertentu dan menyertakan tautan khusus buat anda klik.

Maka tautan itu nantinya akan membawanya ke laman yang mereka buat oleh sik pelaku disana anda tinggal memasukkan email, password dan lain sebagainya.


Dalam hal ini, informasi ini nantinya akan diterima sik peretas setelah itu akan langsung melancarkan aksinya membajak Instagramnya.

Itu sebabnya anda harus pastikan membacanya dengan teliti, abaikan, blok, hapus atau bisa juga laporkan jika menemukan link yang mencurigakan tersebut.

Untuk lebih jelasnya, diartikel kali ini kami akan membagikan beberapa informasi seputar cara agar akun IG aman dan simak ulasan sebagai berikut.


Cara Agar Akun IG Aman


1. Cara Agar Akun IG Aman dengan Menggunakan Password yang Kuat dan Ubah Berkala

Cara Agar Akun IG Aman
Cara Agar Akun IG Aman dengan Menggunakan Password yang Kuat dan Ubah Berkala
Jika anda mempunyai password atau kata sandi yang lemah, itu adalah salah satu yang paling di incar oleh sik hacker untuk bisa meretas akun maka dari silahkan anda pilih password unik.

Pastikan anda buat berbeda dengan akun media sosial lainnya, apa lagi dengan tips ini maka peretas akan sulit sekali memperoleh akses ke semua akunnya.


Satu lagi cara agar akun IG aman yakni dengan password yang kuat namun panjang dan kompleks, diantara campuran huruf besar dan kecil.

Bisa di kombinasikan dengan angka, simbol namun tidak terdapat hubungan dengan informasi pribadi berupa tanggal lahir jika anda sudah menemukan kata sandi yang cukup kuat.

Tinggal periksa dengan menggunakan How Secure is My Password, untuk mengetahui seberapa aman kata sandinya nanti akan diberi tahu seberapa kuat passwordnya.


2. Cara Agar Akun IG Aman dengan Mengaktifkan Two-Factor Authentication

Cara Agar Akun IG Aman
Cara Agar Akun IG Aman dengan Mengaktifkan Two-Factor Authentication
Pasalnya two-factor authentication atau otentikasi dua faktor, dalam hal ini berfungsi sebagai penambahan lapisan pertahanan dari para pembobol atau peretas.

Bahkan cara kerjanya pun, mengharuskan para pengguna melakukan verifikasi identitas melalui kode keamanan dan itu adalah salah satu cara agar akun IG aman.

Apa bila anda masuk ke perangkat yang tidak dikenali, maka secara otomatis akan diminta memasukkan kode dan melakukan konfrimasi bahwasannya yang akses akun memanglah anda.


Jika ingin mengaktifkan otentikasi dua faktor di Instagram, silahkan anda buka Settings (Pengaturan) Keamanan (Security) > ketuk Otentikasi Dua Faktor.

Setelah itu anda ketuk Get Started (Memulai), disana anda akan mempunyai dua opsi untuk dapat memilih Authentication App (recommended) and Text Message.


3. Cara Agar Akun IG Aman dengan Memastikan Akun Email Aman

Cara Agar Akun IG Aman
Cara Agar Akun IG Aman dengan Memastikan Akun Email Aman
Cara agar akun IG aman yakni anda harus memastikan akun emailnya aman, sebab akun email akan selalu ditautkan di akun Instagram sebagai akses untuk masuk ke IG.

Bisa bayangkan, kalau orang tidak dikenal mempunyai akses masuk ke email dengan begitu gampang maka orang itu akan mudah masuk ke semua sosial media yang terhubung langsung ke email.

Buka hanya mengamankan akun Instagramnya, namun anda harus memastikan email anda sudah dilengkapi dengan otentikasi dua faktor dan enskripsi email dalam melidungi akun dari peretas.

Oleh sebab itu anda sering-sering mungkin mengecek email pasalnya disetiap perubahan kata sandi, nomor telepon dan lain sebagainya yang terjadi media sosial akan di notifikasi ke alamat emailnya.


4. Cara Agar Akun IG Aman dengan Menghapus Akun yang Tidak Dikenal Dalam Daftar Teman

Cara Agar Akun IG Aman
Cara Agar Akun IG Aman dengan Menghapus Akun yang Tidak Dikenal Dalam Daftar Teman
Jika anda menginginkan followers banyak di IG bahkan di ikuti oleh banyak orang dan itu semua tidak kita kenal dalam hal ini bisa saja beresiko di penguntitan, menerima komentar tidak pantas dan lainnya.

Supaya bisa mencegah terjadinya penguntitan mengintainya, cara agar akun IG aman yakni dengan melakukan penyetelan akun menjadi privat lalu hapus atau blokir orang yang tidak anda kenal.


5. Cara Agar Akun IG Aman dengan Mencabut Akses ke Aplikasi Pihak Ketiga yang Mencurigakan

Cara Agar Akun IG Aman
Cara Agar Akun IG Aman dengan Mencabut Akses ke Aplikasi Pihak Ketiga yang Mencurigakan
Untuk cara agar akun IG aman yang terakhir, terdapat banyak aplikasi pihak ketiga yang meminta akses ke data-data Instagram atau aplikasi lainnya.

Oleh sebab itu, sebelum izinkan permintaan akses maka anda harus pertimbangkan bahwasannya besar kemungkinan data-datanya bisa dicuri atau disalahgunakan.


Supaya bisa mencabut akses ke aplikasi yang telah di memilikinya, itu sebabnya anda harus memakai dekstop tinggal masuk ke Instagram di browser > pilih Pengaturan > klik Aplikasi dan situs web.

Disana anda akan diberikan daftar aplikasi sudah diizinkan mendapatkan akses, apa bila terdapat aplikasi yang mencurigakan silahkan anda klik "Revoke Access" (cabut akses).


Akhir Kata

Begitulah kira-kira cara supaya akun Instagram-nya aman, apa lagi sekarang ini ada banyak sekali cara yang dilakukan para hacker untuk mengambil data-data pribadi.

Termasuk menggunakan metode phising, supaya para targetnya lemah dan diimingkan berbagai macam alasan agar mengklik link yang diberikan sik pelaku.

Maka dari itu kita harus berhati-hati dalam menggunakan sosial media, jangan mudah mengklik link atas namakan aplikasi apapun itu.

Itulah seluruh isi artikel kita kali ini mengenai cara agar akun IG aman. Sekian dan selamat mencoba.
Dody S. Praktisi teknologi, editor dan jurnalis di 1001Media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel