Cekbansos.siks.kemsos.go.id via Aplikasi Siks-dataku 2022

Cekbansos.siks.kemsos.go.id Via Aplikasi Siks-dataku
Cekbansos.siks.kemsos.go.id Via Aplikasi Siks-dataku - Program Bansos atau Bantuan Sosial untuk para masyarakat kurang mampu yang terkena pandemi Covid-19 ini akan tetap dilanjutkan sampai 2022.

Adapun sejumlah dana yang akan dianggarkan buat kelanjutan bantuan sosial ini yaitu sebesar Rp 74,08 triliun.

Tidak akan benar, jika Kementerian Sosial atau Kemensos akan menghentikan program bantuan sosial," kata Menteri Sosial atau Mensos Tri Rismaharini.

Ada tiga jenis Bansos atau bantuan sosial akan kembali disalurkan lagi oleh Kemensos atau Kementerian Sosial pada bulan Mei.

Yaitu BST atau bansos tunai, BPNT atau bantuan pangan non tunai, serta PKH atau program keluarga harapan.

BST atau bansos tunai yang sebelumnya itu sudah berakhir pada bulan April 2021 kemarin, dan akan kembali diperpanjang lagi oleh pemerintah selama 2 bulan.

Sehingga, pada bulan Mei kemarin, Kemensos atau Kementerian Sosial masih akan terus untuk menyalurkan bansos tuna atau BST.


Masyarakat yang mau memperoleh 3 jenis bantuan sosial dari Kemensos atau Kementerian Sosial tersebut.

Maka diharuskan untuk melakukan daftar terlebih dahulu untuk menjadi bagian peserta KPM atau Keluarga Penerima Manfaat yang sudah terdata di dalam DTKS atau Data Terpadu Kesejahteraan Sosial Kemensos.

Tidak terdapat pendaftaran secara online, maka masyarakat harus mendaftarnya secara langsung lewat RT atau RW ataupun kelurhan setempat atau pihak desa.

Selain dari itu, untuk pengecekan juga dapat anda lakukan lewat aplikasi SIKS-Dataku yang bisa anda akses lewat HP atau Smartphone.

Agar lebih jelasnya lagi, berikut cara cekbansos.siks.kemsos.go.id via aplikasi Siks-dataku.


Cekbansos.siks.kemsos.go.id Via Aplikasi Siks-dataku


Cekbansos.siks.kemsos.go.id Via Aplikasi Siks-dataku Mudah

Cekbansos.siks.kemsos.go.id Via Aplikasi Siks-dataku
Cekbansos.siks.kemsos.go.id Via Aplikasi Siks-dataku Mudah
Ada beberapa langkah yang akan anda tempuh untuk bisa melakukan pengecekan penerima bantuan sosial melalui aplikasi ini.


Tidak usah berlama-lama lagi, langsung saja ke langkah-langkah cara cekbansos.siks.kemsos.go.id via aplikasi Siks-dataku berikut ini:
  • Anda buka terlebih dahulu aplikasi SIKS-Dataku.
  • Kemudian klik kolom opsi “Cek Bansos”.
  • Setelah itu anda pilih menu Pencarian Data Penerima Bansos atau Bantuan Sosial (BPNT, BST, PKH).
  • Lalu masukkan nomor ID (dapat juga memakai Kartu Sembako, ID DTKS, Nomor Peserta PKH).
  • Selanjutnya klik kotak Captcha sampai anda muncul simbol bertulis ceklis.
  • Berikutnya anda bisa melihat, apakah nama anda termasuk ke dalam salah satau daftar para peserta DTKS, dan juga berhak untuk menjadi penerima bantuan sosiak dari Kemensos atau Kementerian Sosial.
  • Selesai.

Anda bisa mengunduh aplikasi Siks-dataku melalui link yang berikut: Siks-dataku.

Jika anda mau mengecek keterdaftaran dengan cara langsung, maka bisa mengunjungi Dinas Sosial Kota atau Kabupaten tentang ketersediaan data.


Begitulah langkah-langkah yang harus anda tempuh untuk mengecek nama penerima bantuan sosial melalui apalikasi tersebut.


Akhir Kata

Perlu diketahui, jika bantuan yang akan tetap dilanjutkan sampai tahun depan ini merupakan bantuan sosial reguler dan bantuan sosial khusus.

Untuk bantuan sosial yang reguler akan meliputi BPNT atau Bantuan Pangan Non Tunai atau Kartu Sembako, dan juga PKH atau Program Keluarga Harapan.

Dan sedangkan buat bansos atau bantuan sosial yang khusus yatu BST atau Bantuan Sosial Tunai.

Seperti yang telah kami bagikan diatas, jika tidak terdapat pendaftaran secara online, maka masyarakat harus mendaftarnya secara langsung lewat RT atau RW ataupun kelurhan setempat atau pihak desa.

Itulah tadi seluruh bahasan kami pada artikel kali ini tentang cekbansos.siks.kemsos.go.id via aplikasi Siks-dataku. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Dody S. Seseorang yang senang belajar dan sharing segala hal tentang teknologi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel