Cara Menggabungkan File Word Menjadi Satu Tanpa Merubah Format 2023

Cara Menggabungkan File Word
Cara Menggabungkan File Word Menjadi Satu Tanpa Merubah Format - Microsoft Word adalah perangkat lunak pengolah kata yang dikembangkan oleh Microsoft dan bisa digunakan untuk membuat, mengedit dan memformat dokumen.

Sampai sekarang, Microsoft Word masih populer dan banyak digunakan baik oleh para pelajar, mahasiswa ataupun profesional untuk membuat dokumen dengan mudah cepat.

Tak heran jika Microsoft Word dikategorikan sebagai software pengolah kata terbaik di dunia hingga saat ini, meskipun banyak software sejenis yang bermunculan akhir-akhir ini.

Bahkan, Miscrosoft Word sudah didistribusikan ke beberapa sistem operasi diantaranya Microsoft Windows, Mac, IOS, OS dan Android.


Dokumen bisa dibuat dengan mudah dan cepat karena Microsoft Word sendiri mempunyai beragam fitur menarik yang bisa digunakan oleh semua penggunanya.

Lama tidaknya sebuah dokumen selesai dibuat, tergantung dari isi dan siapa yang membuat, jika orang yang mengetik dokumen tersebut adalah yang sudah profesional dalam menggunakan Word, tentu bisa diselesaikan dalam waktu singkat dan begitu juga sebaliknya.

Walaupun pada dasarnya Microsoft Word bisa digunakan dengan mudah, namun masih ada beberapa pengguna yang belum memahami secara detail cara menggunakannya, karena kebanyakan dari mereka tidak mempelajari secara detail terlebih dahulu.

Apalagi, setiap beberapa tahun sekali, Microsoft Word selalu melakukan pembaharuan pada sistem operasinya, yang disesuaikan dengan perkembangan zaman.

Pembaharuan tersebut bisa dilihat dari hadirnya Microsoft 2021, setelah kehadiran Microsoft 2007, yang masing-masing memiliki tampilan dan fitur yang sedikit berbeda.


Sehingga banyak dari mereka yang mengalami kesulitan, terutama ketika akan membuat dokumen yang berbeda dari biasanya, seperti menggabungkan file yang satu dengan yang lainnya.

Padahal fiturnya sudah tersedia dan tinggal digunakan saja guys, namun karena kurangnya pemahaman, akhirnya proses tersebut tidak bisa terlaksana.

Nah, berikut ini kami akan bagikan cara menggabungkan file Word menjadi satu tanpa merubah format yang bisa dipelajari dan diterapkan.

Cara Menggabungkan File Word Menjadi Satu Tanpa Merubah Format

Cara Menggabungkan File Word
Cara Menggabungkan File Word Menjadi Satu Tanpa Merubah Format
Sebenarnya, untuk menggabungkan file Word menjadi satu dokumen bisa dilakukan dengan cepat dan praktis, tanpa harus dicopy-paste satu persatu guys.

Untuk lebih jelasnya, simak cara menggabungkan file Word menjadi satu tanpa merubah format berikut ini:
  • Terlebih dahulu buka dukumen Microsoft Word yang ada di perangkat Anda.
  • Kemudian letakkan kursor di halaman dokumen lain yang akan digabungkan.
  • Lalu buka tab Insert dan pilih Object.
  • Selanjutnya klik Text From File dan sebuah dialog box Insert File akan ditampilkan.
  • Silahkan pilih beberapa file yang akan digabungkan menjadi satu dokumen dengan cara tahan tombol Ctrl dan klik file yang diinginkan.
  • kemudian klik Insert, setelah semua file terseleksi untuk digabungkan.
  • Sekarang beberapa file Word anda sudah digabungkan menjadi satu dokumen dan siap digunakan sesuai dengan kebutuhan Anda guys.

Jika tampilan dokumen terlihat berbeda setelah digabungkan, Anda bisa melakukan beberapa pengaturan agar tampilannya terlihat seragam atau sama.

Anda juga harus memeriksa isi dokumen, kemungkinan ada beberapa kata atau kalimat yang tata letaknya bergeser karena efek dari penggabungan yang telah dilakukan dan proses edit harus dilakukan.

Akhir Kata

Demikian cara yang bisa diterapkan jika ingin menggabungkan beberapa file Microsoft Word menjadi satu dokumen utuh guys.

Anda bisa menggabungkan file Word berapapun sesuai dengan yang diinginkan.

Agar proses penggabungan file berhasil dilakukan, perhatikan dan lakukan setiap langkah dengan baik dan benar.

Itulah seluruh isi artikel kami kali ini mengenai cara menggabungkan file Word menjadi satu tanpa merubah format. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Dody S. Praktisi teknologi, editor dan jurnalis di 1001Media.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel