Aplikasi Keluarga Sehat 2022

Aplikasi Keluarga Sehat
Aplikasi Keluarga Sehat - Merespon mengenai perkembangan sebuah teknologi yang semakin kesini semakin pesat saja.

Dan juga pemanfaatannya yang begitu luas sekal, serta bisa mempermudah akses pelayanan dari pemerintah kepada para masyarakat.

Pemerintah Indonesia juga sudah mengeluarkan sebuah Instruksi Presiden Nomor. 3 Tahun 2003 yang dimana hal tersebut berisi mengenai kebijakan.

Dan juga Strategi Nasional di dalam melakukan sebuah Usaha Pengembangan e-Government.

Mulai saat itu sampai sekarang ini, berbagai macam pembangunana, pembenahan, dan juga pemanfaatan e-Government ini semakin saja digalakkan.

Baca juga : AM Mod APK Terbaru

Hal tersebut sudah terbukti dari begitu banyaknya muncul aplikasi e-Government, dan yang sudah mulai dikembangkan.

Serta dipakai buat mempermudah seluruh proses kerja dan juga pelayanan dari pemerintah kepada para masyarakat, dan salah satunya yaitu aplikasi yang bernama Keluarga Sehat.

Apa sih itu manfaat dan juga fungsi dari aplikasi KS atau Keluarga Sehat dan bagaimana cara untuk menggunakan? Nah melalui artikel ini, kami akan membahasnya dengan lengkap.

Yuk, langsung saja simak ulasan lengkapnya mengenai aplikasi Keluarga Sehat berikut ini!


Aplikasi Keluarga Sehat


Ulasan Lengkap Aplikasi Keluarga Sehat

Aplikasi Keluarga Sehat
Ulasan Lengkap Aplikasi Keluarga Sehat
Aplikasi KS atau Keluarga Sehat ini merupakan sebuah aplikasi yang dipakai oleh Kementerian Kesehatan.
    
Bertujuan buat bisa menunjang program dari Pemerintah Indonesia Sehat atau PIS dengan Pendekatan Keluarga atau sering di sebut PIS-PIK.

Aplikasi KS atau Keluarga Sehat ini pertama kali dikeluarkan oleh Pusat Data dan Informasi Kemenkes atau Pusdatin pada tahun 2015 yang lalu.


Dengan memiliki nama Prokesga dengan tujuan agar bisa membantu mempermudah segala proses pelayanan dan juga pendataan pasien yang sudah dlakukan oleh para fasilitas kesehatan daerah.

Kemudian aplikasi Prokesga tersebut namanya berubah menjadi aplikasi KS atau Keluarga Sehat di tahun 2016 sampai sekarang ini.

Aplikasi KS atau Keluarga Sehat ini adalah salah bentuk komitmen dari pemerintah di dalam memberikan sebuah pelayanan kesehatan kepada para masyarakat yang ada di seluruh negeri.

Aplikasi tersebut dibuat agar bisa memudahkan para surveyor kesehatan ini di dalam mengumpulkan data-data diri semua keluarga yang ada di Indonesia.

Baik itu keluarga yang ada di daerah yang telah mempunyai fasilitas jaringan internet yang telah memadai, atapun di daerah terpencil atau pelosok desa yang masih sering mengalami kesulitan untuk akses Internet.

Baca Juga : Muslim GO

Dengan telah terintegrasinya data di dalam sistem ini, pastinya akan bisa membuat proses pendataan menjadi jauh lebih efisien dan efektif.

Terdapat dua platform yang bisa anda pakai buat mengakses aplikasi Kesehatan Keluarga atau KK ini,.

Yaitu lewat website resmi dari Keluarga Sehat dan juga aplikasi Keluarga Sehat yang dapat diunduh dari Google Playstore atau link berikut: Keluarga Sehat.


1. Lewat Website

Cara yang pertama yang bisa anda coba buat mengakses aplikasi KS atau Keluarga Sehat ini yaitu melalui halamn website melalui alamat link berikut ini: https://keluargasehat.kemkes.go.id/.

Di dalam halaman website dari Keluarga Sehat tersebut, akan ada 3 modul yang utama, yakni modul Dashboard, Administrator, dan Kuesioner.


Dan masing-masing dari dashboard tersebut mempunyai peran dan juga fungsinya masing-masing.


2. Lewat Android

Cara yang lain buat bisa mengakses aplikasi KS atau Keluarga Sehat yaitu dengan cara mendownload versi aplikasinya lewat Google Playstore atau link yang diatas.

Versi aplikasi ini jauh lebih mudah buat anda pakai, sebab anda hanya tinggal membuka saja aplikasi ini lewat HP.

Buat versi dari aplikasi KS atau Keluarga Sehat yang terbaru ini, ada 2 modul utama yakni modul dashboard dan juga modul kuesioner.

Adapun beberapa tahapan untuk bisa memakai aplikasi KS atau Keluarga Sehat ini

Untuk bisa mengimplementasikan penggunaan dari aplikasi KS atau Keluarga Sehat ini, menurut pihak Pusdatin terdapat beberapa tahapan yang perlu anda persiapkan, seperti berikut ini:

1. Pengelola Aplikasi, dengan membentuk sebuah organisasi pengelola aplikasi di setiap daerah.

2. Pengiriman Surat Permohonan, ke alamat e-mail dari Kementrian Kesehatan Indonesia pada keluargasehat@kemkes.go.id

3. Pengiriman Akun kepada Pemohon, Tahapan yang kali ini anda lakukan sesudah pengajuan data pengelola aplikasi tersebuut disetujui, serta akun sudah berhasil anda daftarkan oleh Pusdatin.


Berikutnya, nanti Dinas Kesehatan Kabupaten dan Kota akan langsung mengirimkan akun itu kepada sang pemohon dan juga langsung akan diaktifkan oleh pihak Puskesmas yang terdaftar

Berikut ini daftar fitur dari aplikasi KS atau Keluarga Sehat:
  • Transfer Wilayah Kerja
  • Tahun Aktif
  • Rukun Warga
  • Wilayah Kerja
  • Target Surveyor
  • Sasaran Wilayah
  • IKS Puskesmas
  • Monitoring Wilayah
  • Crosstab


Akhir Kata

Demikianlah ulasan yang lengkap tentang salah satu aplikasi yang di kelurkan oleh pemerintah yakni aplikasi KS atau Keluarga Sehat ini.

Wajib anda ketahui jika aplikasi KS atau Keluarga Sehat ini adalah sebuah aplikasi nasional yang dimana pendataannya itu berbasis regional.

Dan hanya dengan mengandalakan 1 aplikasi saja telah mampu mewakili pendataan di semua wilayah yang sudah ada di Indonesia.

Itulah dia seluruh bahasan kami di artikel yang kali ini tentang aplikasi Keluarga Sehat. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Dody S. Praktisi teknologi, editor dan jurnalis di 1001Media.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel