Cara Scan Lewat HP 2021

Cara Scan Lewat HP
Cara Scan Lewat HP - Seiring dengan perkembangan teknologi, saat ini anda tidak perlu lagi memiliki printer atau scanner untuk melakukan scannig pada dokumen-dokumen yang anda butuhkan untuk kegiatan tertentu.

Yang mana hal tersebut dikarenakan sebagian besar Smartphone sudah memiliki kualitas kamera yang bagus.

Dan sekarang anda sudah dapat melakukan scanning dokumen dengan kualitas tinggi dari Smartphone yang anda miliki.

Namun banyak sekali pengguna HP android dan iOS belum tahu bagaimana cara memindai atau melakukan scan melalui HP sehingga tidak perlu repot-repot menggunakan scanner.

Dimana melakukan pemindaian dokumen menggunakan HP merupakan salah satu penyesuaian yang harus dilakukan, apalagi HP ini sudah menjadi barang yang lumrah dimiliki masyarakat.


Sebagian orang harus bolak balik ke tempat foto copy atau kerumah temannya hanya untuk mengscan berkas atau foto anda, karena tidak memiliki alat scanner sendiri dan itu cukup membuang waktu.

Memang melakukan scan menggunakan HP ini menjadi proses yang lebih cepat dibandingkan melakukan scanning menggunakan komputer.

Kini scanning telah dapat dilakukan melalui Smartphone dan memiliki beberapa kelebihan melakukan scanning menggunakan HP adalah adanya beragam fitur editing yang menarik dan fitur cloud saving.

Cara scan lewat HP ini sudah dapat anda lakukan dengan mudah dan sudah banyak orang yang berhasil melakukan scanning dokumen menggunakan HP.

Biasanya orang-orang yang melakukan proses scanning melalui HP ini adalah orang-orang yang tengah menjalankan pendidikannya.

Bagi anda yang sudah penasaran bagaimana cara melakukannya? Silahkan anda langsung saja simak ulasan dibawah ini sampai selesai ya.


Cara Scan Lewat HP


1. Cara Scan Lewat HP Dengan Menggunakan Google Drive

Cara Scan Lewat HP
Cara Scan Lewat HP Dengan Menggunakan Google Drive
Berikut ini adalah langkah-langkah untuk cara scan lewat HP dengan menggunakan Google Drive yang dapat anda lakukan dengan mudah:
  • Pertama-tama bukalah aplikasi Google Drive yang ada di Smartphone anda.
  • Dimana pada halaman utama aplikasi ini, anda tekan saja tombol "Add" yang berlambang (+) didalam lingkaran.
  • Selanjutnya pilihlah menu "Scan" dan anda akan diarahkan ke aplikasi kamera untuk memindai dokumen.
  • Kemudian, silahkan anda tekan tombol "Shutter" yang berlambang lingkaran untuk menyelesaikan proses pemindaian.
  • Jika hasil foto yang sudah diambil bagus, maka anda dapat menekan tombol centang untuk menuju ke halaman edit.
  • Pada halaman edit tersebut, anda dapat memotong, merotasi atau mewarnai dokumen yang sudah dipindai.
  • Jika anda sudah selesai, maka anda langsung dapat menekan tombol "Save". Dan pada halaman "Save to Drive" anda dapat memberikan judul dokumen, lalu memilih akun Google dan folder untuk tempat penyimpanannya.
  • Apabila sudah selesai, maka silahkan anda tekan saja tombol "Save". Setelah semua proses selesai, maka dokumen yang discan tadi akan tersimpan di Google Drive.



2. Cara Scan Lewat HP Menggunakan Aplikasi Tiny Scanner

Cara Scan Lewat HP
Cara Scan Lewat HP Menggunakan Aplikasi Tiny Scanner
Berikut ini langkah-langkah untuk melakukan cara scan lewat HP menggunakan aplikasi Tiny Scanner yang dapat anda lakukan dengan mudah:
  • Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mendownload aplikasi Tiny Scanner melalui link yang sudah kami sediakan ini (https://play.google.com/store/apps/details?id=com.appxy.tinyscanner&hl=in&gl=US)
  • Kemudian anda install aplikasi tersebut, jika sudah maka buka aplikasi Tini Scanner nya.
  • Selanjutnya pilihlah salah satu ikon dipaling bawah, ikon galeri atau photo jika ingin memilih foto langsung maka anda klik saja ikon foto disebelah kiri. Tetapi jika anda ingin mengambil foto dari galeri maka anda dapat klik ikon galeri disebelah kanan.
  • Lalu pilih foto yang ingin di Scan.
  • Jika sudah, maka anda dapat mengcrop sesuai dengan pilihan anda. Nah jika sudah di crop maka anda dapat mengklik "OK".
  • Yang mana foto atau berkas berhasil anda Scan dan anda dapat memilih ingin mrnggunakan format PDF atau JFG.



Akhir Kata

Nah demikianlah 2 cara yang sudah kami bagikan diatas untuk melakukan cara Scan melalui HP yang dapat dilakukan dengan mudah.

Bagaimana sangat mudah bukan untuk dilakukan? dan pastinya tidak akan menghabiskan begitu banyak waktu juga.'

Apabila ingin melakukannya, anda dapat mengikuti salah satu cara yang diatas dan jika informasi ini penting silahkan bagikan ke teman-teman atau sosial media anda.

Itulah seluruh bahasan kami pada artikel kali ini mengenai cara scan lewat HP. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.
Dody S. Seseorang yang senang belajar dan sharing segala hal tentang teknologi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel