Cara Merubah Headset Menjadi Mic di Android 2022

Cara Merubah Headset Menjadi Mic di Android
Cara Merubah Headset Menjadi Mic di Android
- Pasalnya Headset salah satu gabungan dari Handphone dan juga Microphone yang umumnya dipakai untuk mendengarkan suara.

Bahkan berbicara pada saat terkoneksi didalam sebuah perangkat eletronik, dalam hal ini dari sekian banyaknya orang biasanya headset dijadikan hanya sekedar untuk mendengarkan audio saja.

Jika dulunya, headset hanya sekedar dipakai sebagai alat untuk mendengarkan saja akan tetapi belakang ini dipakai sebagai alat microphone lho.

Kalau anda snediri mau mempelajari, bagaimana cara setting atau merubah headset menjadi sebuah microphone di Android maupun PC.



Kemungkinan anda pernah mengalami masalah, ketika akan diwawancarai seseorang dengan merekam video dengan menggunakan ponsel atau Smartphone bersistem operasi Android.

Yang jadi masalahnya yaitu suaranya jauh dari narasumber, itu sebabnya suara dari narasumber tidak kedengaran dengan jelas kalau proses wawancara berada ditempat berisik.

Baik itu dijalan, pesta, keributan, pantai dan lain sebagainya untuk lebih jelasnya anda bisa ikuti artikel ini sebab kami akan membagikan cara merubah headset menjadi mic di Android sebagai berikut.


Cara Merubah Headset Menjadi Mic di Android



1. Cara Merubah Headset Menjadi Mic di Android

Cara Merubah Headset Menjadi Mic di Android
Cara Merubah Headset Menjadi Mic di Android
Sementara itu, untuk cara merubah headset menjadi mic di Android anda harus lebih dulu mendownload aplikasi Cinema FV atau Open Camera (itu terserah anda mau gunakan yang mana).

Silahkan anda kunjungi melalui link berikut Aplikasi Cinema FV atau Aplikasi Open Camera pastinya anda akan bertanya-tanya, kenapa gunakan Cinema FV atau Open Camera?.

Dalam hal ini, disebabkan aplikasi kamera "bawaan" dari Android rata-rata tidak mendukung sama sekali fitur mikrofon eksternal.

Berikut langkah-langkah pembuatannya:
  • Dimana pembuatan bahan-bahan yang di perlukan yaitu headset bekas. Sebab anda harus mencari headset bekas, di usahakan mengalami kerusakan pada speakernya entah itu speaker mati sebelah dan speaker mati total yang terpenting mic yang ada di headset masih baguan.
  • Guting, ties pengerat, kain Nilon hitam (bisa juga bekas kaos kaki namun kaos kaki yang masih bersih lho) dan kapas secukupnya.
  • Jika sudah menyiapkan bahan-bahannya, setelah itu potong kabel speaker headset (kabel yang bercabang dua diatas tombol kontrol headset).
  • Lalu anda bungkus tombol kontrol headset dengan memakai kapas secukupnya (Oleh sebab itu, jangan terlalu tebal membalutnya dengan kapas maka nantinya suara yang dihasilkan terlalu kecil). Sebab fungsi dari kapas yaitu sebagai peredam noise di mikrofon.
  • Kemudian anda guting kain nilon bekas kaos kaki, setelah itu tutup tombol kontrol headset yang sudah dibalut dengan kapas dan juga kain nilon kaos kaki.
  • Selanjutnya anda kecengkan atau eratkan, lalu bungkus kain nilon kaos kaki dengan ties kabel pengerat.
  • Tahap terakhir, lalu mikrofon eksternal Smartphone Android sudah selesai.

Baca Juga : Cara Cek AnTuTu HP


2. Cara Merubah Headset Menjadi Mic di Android dengan Menggunakan Mikrofon Ekstrernal

Cara Merubah Headset Menjadi Mic di Android
Cara Merubah Headset Menjadi Mic di Android dengan Menggunakan Mikrofon Ekstrernal
Berikut cara merubah headset menjadi mic di Android dengan menggunakan mikrofon eksternal:
  • Silahkan anda colokan mikrofon pada lubang Headphone atau headset (jack 3,5 mm) di Smartphone Android anda.
  • Jika sudah selesai, setelah itu anda buka aplikasi FV Cinema atau Open Camera.
  • Setelah itu konfigurasikan input suara aplikasi itu, bisa disesuaikan dengan cara di bawah sebagai berikut.

Berikut cara selanjutnya:
  • Silahkan anda buka aplikasi FV Cinema.
  • Setelah itu anda buka pengaturan kamera (sentuh pada gambar gear dipojok kiri paling atas).
  • Jika sudah, silahkan sentuh Pengaturan Audio (ikon kerucut yang mirip dengan speaker).
  • Kemudian anda pilih Audio Source, setelah itu pilih External Mic kalau anda masih kurang jelas dan bingung maka anda bisa ikuti gambar dibawah Child Birth (Graphic cont Child birth (graphic content) Atau silahkan anda kunjungi melalui link berikut (www.youtube.com. Ads By Speed Ads Open Camera).
  • Selanjutnya, anda buka aplikasi Open Camera.
  • Lalu anda sentuh ikon gear di pojok kanan atas.
  • Kemudian anda scroll sampai ke bawah, setelah itu anda klik Video Settings dan scroll ke bagian bawah sentuh Audio Source.
  • Tahap terakhir, lalu anda pilih External mic (if present).


Akhir Kata

Demikianlah penjelasan yang telah kami rangkum untuk anda, tentunya cara ini dapat anda gunakan dalam merubah headset menjadi mic pada HP Android.

Oleh sebab itu, jika anda ingin berhasil dalam merubah headset menjadi mic pada Android sebaiknya anda harus ikuti langkah-langkah dengan teliti.

Supaya anda berhasil lho untuk dapat menggunakan mic ini di Android, maka dari itu jangan sampai salah dalam mengikuti langkah-langkah yang ada.

Itulah seluruh isi artikel kita kali ini mengenai cara merubah headset menjadi mic di Android. Sekian dan selamat mencoba.
Dody S. Seseorang yang senang belajar dan sharing segala hal tentang teknologi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel