Cara Membuat Bot Telegram Menggunakan BotFather 2022

Cara Membuat Bot Telegram Menggunakan BotFather
Cara Membuat Bot Telegram Menggunakan BotFather
- Akhir-akhir ini aplikasi Telegram saat ini lagi boomingnya sebagai sebuah aplikasi chat yang dapat dibilang sangat secure lho.

Sehingga disebabkan karena saking secure-nya, maka pemerintah Indonesia sempat melakukan blocking terhadap salah satu akses ke Telegram.

Dalam hal ini disebabkan adanya content-content yang mengandung unsur kejahatan, sara dan lain sebagainya apa lagi hal itu sangatlah susah dilacak lho.

Apa lagi mengenai namanya Bot Telegram tersbeut, sebab Bot Telegram sendiri dapat digunakan sebagai sarana informasi otomatis lewat channel, group ataupun chat pribadi di Telegram.


Bahkan Bot Telegram sendiri adalah pengguna non-manusia yang berasal dari Telegram sendiri, dimana terdiri dari garis kode dan pastinya sangat mampu melakukan tindakan yang komplek secara otomatis.

Selain itu bisa juga menerima perintah pengguna dalam bentuk permintaan HTTP lho, penasarankan gimana caranya membuat Bot Telegram?.

Oleh sebab itu, diartikel kita kali ini kami akan menjelaskan cara membuat Bot Telegram menggunakan BotFather tentunya anda simak ulasan sebagai berikut.


Cara Membuat Bot Telegram Menggunakan BotFather



1. Cara Membuat Bot Telegram Menggunakan BotFather dengan Membuat Channel Telegram

Cara Membuat Bot Telegram Menggunakan BotFather
Cara Membuat Bot Telegram Menggunakan BotFather dengan Membuat Channel Telegram
Berikut cara membuat Bot Telegram menggunakan BotFather dengan membuat channel Telegram:
  • Terlebih dahulu, silahkan anda buka menu Hamburger pada sudut kiri yang di atas aplikasi Telegram.
  • Jika sudah selesai, setelah itu anda pilih Saluran Baru atau Channel (Saluran dengan ikon siaran).
  • Setelah itu, anda masukkan nama saluran anda lalu anda deskripsi Saluran bisa disesuaikan opsionalnya.
  • Maka anda atur kegunaannya untuk publik ataupun pribadi, bisa disesuaikan dengan kegunaannya.
  • Kalau anda atur menjadi saluran publik, maka pengguna bisa menemukannya dalam memakai kontak pencarian mereka. Akan tetapi, kalau diatur menjadi saluran pribadi dalam hal ini pengguna akan memerlukan tautan invitation untuk bergabung.


2. Cara Membuat Bot Telegram Menggunakan BotFather

Cara Membuat Bot Telegram Menggunakan BotFather
Cara Membuat Bot Telegram Menggunakan BotFather
Pasalnya BotFather merupakan salah satu cara untuk membuat Bot Telegram tanpa harus melakukan coding, supaya bisa memerintahkan Bot yang ada.

Berikut cara membuat Bot Telegram menggunakan BotFather:
  • Terlebih dahulu, silahkan anda buka BotFather lalu ketik BotFather pada kontak pencarian Telegram anda setelah itu klik untuk membuka Bot.
  • Setelah itu, ketika perintah atau newbot untuk membuat Bot baru, maka pilih nama buat bot yang baru anda.
  • Jika sudah selesai, setelah itu pilih nama pengguna buat bot baru anda pastinya nama pengguna dapat penjang antara 5-32 karakter tidak sensitif menggunakan huruf besar. Oleh sebab itu, aturan dari nama pengguna harus diakhiri dengan sufiks-bot yakni caraqufanbot.
  • Kalau sudah selesai, dalam hal ini anda akan langsung menerima token API HTTP yakni sesuatu berupa: 435074775: AAHRQTtAOhQ1POBw9l98ru6GiekoqafTvME.
  • Selanjutnya anda amankan token tersebut dan anda simpan dengan aman, kalau terdapat ada yang memegang token tersebut maka mereka bisa sepenuhnya mengendalikan bot anda.


Akhir Kata

Demikianlah penjelasan yang telah kami sampaikan untuk anda, tentu saja cara ini dapat anda gunakan dalam membuat Bot Telegram menggunakan BotFather.

Bahkan caranya cukup sederhana dan simple, tentu saja anda akan lebih mudah dan cepat dalam membuat Bot Telegram menggunakan BotFather.

Oleh sebab itu, jangan kebanyak mikir segera gunakan cara diatas supaya anda bisa dengan mudah dalam membuat Bot Telegram menggunakan BotFather.

Jangan lupa bagikan linknya kepada teman-temannya, supaya teman anda juga paham dan mengerti cara membuat Bot di aplikasi Telegram menggunakan BotFather.

Itulah seluruh isi artikel kita kali ini mengenai cara membuat Bot Telegram menggunakan BotFather. Sekian dan selamat mencoba.
Dody S. Praktisi teknologi, editor dan jurnalis di 1001Media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel