Cara Membuat Animasi 2D di Android 2022

Cara Membuat Animasi 2D di Android
Cara Membuat Animasi 2D di Android - Film animasi memiliki banyak penggemar mulai dari kalangan anak-anak hingga orang dewasa.

Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat membuat proses pembuatan film animasi semakin realistis karena mempunyai alat pendukung yang canggih.

Untuk membuat animasi tersebut anda bisa melakukannya dengan menggunakan perangkat Android saja sudah bisa.

Sehingga video animasi tersebut bisa anda unggah pada akun sosial media anda seperti channel Youtube milik anda.

Akhir-akhir ini, pada cahnnel Youtube video animasi semakin menarik di tonton sehingga anda akan semakin betah juga menontonnya.

Jika anda tertarik untuk membuat film animasi yang bagus seperti para Youtuber tersebut kali ini kami akan memberikan sebuah trik untuk anda.

Karena pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai bagaimana cara membuat animasi 2D di Android, oleh karena itu tetap simak ulasan ini hingga akhir ya.


Cara Membuat Animasi 2D di Android


1. Cara Membuat Animasi 2D di Android dengan Aplikasi FlipaClap

Cara Membuat Animasi 2D di Android
Cara Membuat Animasi 2D di Android dengan Aplikasi FlipaClap
Cara membuat animasi bisa anda lakukan dengan membuat animasi dalam format 2D dengan bantuan aplikasi ketiga.

Salah satu aplikasi yang sering digunakan adalah FlipaClap - Cartoon Animation untuk bisa membuat animasi sederhana dengan format 2D.

Selain itu, template yang disediakan aplikasi ini akan memudahkan anda dalam proses pembuatan video animasi 2D nantinya.

Aplikasi ini mengandalkan teknik menggambar di atas layar dan pastikan anda juga memiliki alat pendukung seperti stylus.

Jika semua kebutuhan membuat animasi 2D sudah lengkap maka anda tinggal mulai mengerjakannya untuk meilhat hasil yang sempurna.

Namun, bagaimana jika anda masih pemula dan belum tahu cara mengoperasikan aplikasi tersebut.

Tenang saja, kami akan memandu anda untuk bagaimana cara membuat animasi 2D di Android dengan aplikasi FlipaClap - Cartoon Animation:
  • Langkah pertama, silahkan anda buka aplikasi FlipaClip yang sudah kamu pasang di Android atau dengan melalui link berikut Klik Disini.
  • Jika sudah buka aplikasi tersebut dan pilihl ikon "+" untuk membuat film kartun sebagai proyek baru.
  • Kemudian berikan judul animasi pada bagian "Project Name" sesuai konsep yang ingin anda buat
  • Setelah itu pilih latar belakang animasi yang ingin anda buat dengan klik opsi "Choose Background".
  • Lalu tentukan ukuran video animasi yang akan anda buat pada bagian "Choose Canvas Size", anda bisa menyesuaikan resolusi dan rasio dengan pilihan untuk Youtube, Instagram, TikTok dan Facebook.
  • Tentukan juga jumlah FPS untuk menentukan seberapa halus video yang anda buat, pada proses ini biasanya secara default ukuran yang sudah diatur adalah 12 fps lalu klik "Create Project" jika sudah selesai.
  • Anda bisa mulai membuat video animasi melalui "Tools" yang disediakan.
  • Anda juga bisa menaambahkan efek suara degan ikon "Speaker", selain itu anda juga bisa mengunduh efek suara tersebut dari internet atau merekamnya sendiri.
  • Untuk melihat preview video animasi tersebut anda bisa ikon "Play".
  • Untuk mengubah video animasi 2D menjadi film anda bisa klik ikon "titik tiga" pada bagian kanan atas lalu pilih opsi "Make Movie" sehingga formatnya berubah menjadi MP4.
  • Setelah itu isi kolom "Movie Name" dengan judul film yang anda inginkan dan klik lagi ikon "Make Movie" untuk menyimpannya ke Android anda.
  • Selesai.


Akhir Kata

Itulah seluruh cara membuat animasi dengan format 2D pada perangkat Android dengan menggunakan aplikasi FlipaClap.

Cara membuatnya sangat mudah bukan?dengan aplikasi tersebut akan membuat hasil video animasi anda akan terlihat menarik.

Anda tinggal mengikuti tutorial di atas yang telah kami jabarkan untuk mendpatkan hasil animasi 2D yang bagus dan keren.

Demikian informasi yang dapat kami bagikan kepada anda mengenai cara membuat animasi 2D di Android pada artikel kali ini. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Dody S. Praktisi teknologi, editor dan jurnalis di 1001Media.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel