Cara Cek Tagihan Listrik Online 2022

Cara Cek Tagihan Listrik Online
Cara Cek Tagihan Listrik Online
- Pasalnya listrik merupakan hal yang sangat penting bagi kehidupan manusia pada saat ini, apa lagi listrik menjadi kebutuhan dasar yang setiap hari digunakan.

Dimana aktivitas dan kehidupan manusia yang saat ini sangat bergantung kepada penggunaan listrik baik itu dalam rumah tangga sampai bisa mengoperasikan perangkat elektronik, dan lainnya.

Apa lagi, PLN/Perusahaan Listrik Negara atau dengan nama resmi yaitu PT PLN (Persero) adalah sebuah Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Yang dimana seluruh aspeknya diatur mengenai kelistrikan terdapat di wilayah Indonesia, dalam hal ini Direktur Utama PLN yang menjabat saat ini yaitu Zulkifli Zaini.

Bahkan pemasokan kebutuhan listrik semakin bertambah, selain itu PLN semakin memperluas jangkauan pemasangan dan pengadaan listrik.


Oleh sebab itu, pengguna sudah tersebar luas di seluruh wilayah Indonesia dan terus melakukan perkembangan yang saat ini semakin luas jangkauan pemasangan listrik.

Ya, karena pengguna listrik semakin bertambah baik itu dalam skala kecil berupa penggunaan listrik rumah tangga atau skala besar seperti pengguna di bidang industri dan infrastruktur.

Buat anda yang belum bayar tagihan listrik atau lupa membayar, saat ini sudah ada cara cek tagihan listrik online dimana anda bisa mengetahui tagihan setiap bulannya dan simak ulasan sebagai berikut.


Cara Cek Tagihan Listrik Online


1. Cara Cek Tagihan Listrik Online Melalui Aplikasi PLN Mobile

Cara Cek Tagihan Listrik Online
Cara Cek Tagihan Listrik Online Melalui Aplikasi PLN Mobile
Dengan menggunakan aplikasi PLN mobile, anda bisa mengakses layanan PLN seperti cek tagihan listrik, transaksi token listrik, cek riwayat penggunaan listrik dan lainnya.


Dimana anda bisa mengunduh aplikasi ini, yang terdapat di Google PlayStore buat pengguna Android atau App Store buat pengguan iOS.

Berikut simak cara cek tagihan listrik online melalui aplikasi PLN Mobile mudah dibawah ini:
  • Silahkan anda mengunduh aplikasi PLN Mobile melalui link berikut (download aplikasi PLN Mobile), setelah itu anda buka aplikasi PLN mobile.
  • Lalu anda pilih menu Informasi di tab Menu.
  • Kemudian anda masuk cek tagihan listrik, setelah itu anda klik informasi Tagihan dan token listrik.
  • Setelah itu anda masuk ID pengguna atau bisa Nomor Meteran-nya.
  • Tahap terakhir, anda klik "Cari" setelah itu aplikasi ini akan menampilkan tagihan listrik serta nominal yang harus anda bayar.


2. Cara Cek Tagihan Listrik Online Melalui Situs Web PLN

Cara Cek Tagihan Listrik Online
Cara Cek Tagihan Listrik Online Melalui Situs Web PLN
Berikut cara cek tagihan listrik online melalui situs web PLN:
  • Silahkan anda kunjungi melalui link berikut (pln.co.id) yang terdapat pada browser komputer atau HP-nya.
  • Dibagian info lainnya, maka anda pilih Informasi Tagihan Listrik atau Pembelian Token.
  • Setelah itu anda bisa lakukan pendaftaran akun terlebih dahulu, dimana di bagian daftar akun.
  • Lalu dihalaman pendaftaran akun, maka anda isikan data diri seperti nama pemohon, email, ID pelanggan atau Nomor meter, nomor HP, kata sandi dan konfrimasi kata sandi.
  • Jika sudah, setelah itu klik Daftar lalu anda cek emailnya untuk melakukan aktivasi akun.
  • Kemudian anda login memakai akun dan kata sandi, dimana akan terdapat halaman utama menampilkan informasi tagihan listrik dan pembelian token.


3. Cara Cek Tagihan Listrik Online Melalui Email

Cara Cek Tagihan Listrik Online
Cara Cek Tagihan Listrik Online Melalui Email
Untuk cara terakhir yakni cara cek tagihan listrik online melalui email dimana anda bisa mengirim email tentang informasi tagihan listrik ke pln123@pln.co.id.


Maka setelah itu pihak PLN akan langsung membalas emailnya dengan secepat mungkin, yang akan berisikan informasi tagihan listrik.


4. Cara Cek Tagihan Listrik Online dengan Pasca bayar dan Prabayar

Cara Cek Tagihan Listrik Online
Cara Cek Tagihan Listrik Online dengan Pasca bayar dan Prabayar
Setelah anda mengetahui cara cek tagihan listrik online, maka anda harus mengetahui perbedaan cara cek tagihan listrik online dengan pasca bayar dan prabayar.

Kalau pascabayar, yang dimana sistem pembayaran listrik setiap 1 bulan lamanya beda halnya dengan prabayar yaitu anda mengisi pulsa terlebih dahulu agar bisa menggunakan listrik.


Akhir Kata

Demikianlah penjelasan yang telah kami sampaikan untuk anda, tentunya cara ini sangat mudah untuk anda lakukan pengecekan tagihan listrik.

Bahkan anda gak usah repot-repot mengeceknya tagihan listrik, karena saat ini PLN menyediakan layanan yang memudahkan penggunanya mengetahui tagihan listrik setiap bulannya.

Gimana, mudahkan? Maka dari itu, anda langsung saja gunakan cara ini agar anda mudah mengetahui tagihan listrik setiap bulannya.

Itulah seluruh isi artikel kita kali ini mengenai cara cek tagihan listrik online. Sekian dan selamat mencoba.
Dody S. Praktisi teknologi, editor dan jurnalis di 1001Media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel