Cara Cek Nomor yang Terdaftar di NIK 2022

Cara Cek Nomor yang Terdaftar di NIK
Cara Cek Nomor yang Terdaftar di NIK
- Pasalnya anda saat ini sangat khawatir, jika Nomor Induk Kependudukannya disalah gunakan oleh orang lain.

Apa lagi mereka mendaftar dengan nomor kartu SIM anda, eits jangan khawatir sebab anda bisa melakukan pengecekkan nomor yang terdaftar di NIK melalui berbagai macam fitur.

Itupun disesuaikan dengan layanan operator yang anda gunakan saat ini, dikutip pada situs Kementerian Komunikasi dan Informatika bahwasanya adanya fitur untuk cek nomor ini.

Agar memudahkan masyarakat untuk mengetahui NIK-nya dan digunakan untuk berapa nomor saja, oleh sebab itu adanya layanan tersebut.

Dimana anda akan mengetahui secara pasti, apakah ada nomor yang tidak diketahui terdaftar dengan NIK dan Kartu Keluarga (KK) punya anda.

Oleh sebab itu, pada artikel kali ini kami akan menjelaskan secara detail cara mengecek nomor yang terdaftar pada NIK tentunya saja sebelum itu anda simak pembahasan sebagai berikut.


Pembahasan Cara Cek Nomor yang Terdaftar di NIK

Oleh sebab itu, Kominfo akhirnya memutuskan bahwasannya anda bisa menggunakan satu NIK saja untuk mendaftar nomor kartu SIM-nya lebih dari 3 itupun tidak mempunyai batasan.

Pasalnya sebelum keputusan itu keluar, Kominfo membatasi satu orang saja dengan NIK bahkan boleh melakukan pendaftaran maksimal 3 nomor.

Namun anda jangan tenang dulu, sebab bisa saja Nomor Induk Kependudukan (NIK) disalah gunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Lebih parahnya lagi anda bisa terseret namanya ke hal yang tidak diinginkan oleh sebab itu guna menghindari korban praktik penipuan, pencemaran nama baik sampai terdeteksi terorisme.

Maka dari itu, kami akan menjelaskan di artikel kali ini cara cek nomor yang terdaftar di NIK dan simak ulasan sebagai berikut.


Cara Cek Nomor yang Terdaftar di NIK



1. Cara Cek Nomor yang Terdaftar di NIK dengan Telkomsel

Cara Cek Nomor yang Terdaftar di NIK
Cara Cek Nomor yang Terdaftar di NIK dengan Telkomsel
Yang pertama cara cek nomor yang terdaftar di NIK, anda bisa mengeceknya di kartu Telkomsel yang anda gunakan saat ini.

Apa lagi tidak semua operator memakai SMS atau layanan pesan singkat, untuk fitur mengecek nomor itu dan sebagian memakai situs resminya agar bisa melakukan pengecekan.

Silahkan anda kunjungi melalui link berikut (www.telkomsel.com/cek-prepaid), untuk melakukan pengecekan di kartu Telkomsel.

Bukan itu saja, anda bisa melakukan pengecekan lewat bantuan call center pada nomor 080-718-118-11 atau anda bisa mendatangi gerai Grapari untuk langsung mengecek nomor NIK-nya.


2. Cara Cek Nomor yang Terdaftar di NIK dengan XL

Cara Cek Nomor yang Terdaftar di NIK
Cara Cek Nomor yang Terdaftar di NIK dengan XL
Cara cek nomor yang terdaftar di NIK, jika anda menggunakan kartu XL maka anda bisa melakukannya dengan cara USSD pada layar panggilan.

Silahkan anda ketik *123*4444# pada layar panggilan, setelah itu anda ikuti instruksi selanjutnya dimana anda akan diberikan informasi mengenai nomor NIK-nya.


3. Cara Cek Nomor yang Terdaftar di NIK dengan Tri (3)

Cara Cek Nomor yang Terdaftar di NIK
Cara Cek Nomor yang Terdaftar di NIK dengan Tri (3)
Untuk cara cek nomor yang terdaftar di NIK selanjutnya, buat anda pengguna kartu Tri (3) maka anda bisa langsung mengecek ke situs resmi kartu Tri (3).

Silahkan anda kunjungi melalui link berikut (https://registrasi.tri.co.id), dimana anda akan mendapatkan informasi mengenai nomor NIK-nya yang sudah terdaftar di kartu Tri (3).


4. Cara Cek Nomor yang Terdaftar di NIK dengan Indosat

Cara Cek Nomor yang Terdaftar di NIK
Cara Cek Nomor yang Terdaftar di NIK dengan Indosat
Cara cek nomor yang terdaftar di NIK selanjutnya, buat anda pengguna kartu Indosat maka anda bisa melakukan pengecekan dengan cara mengirimkan pesan singkat atau SMS.

Silahkan anda ketik SMS dengan format INFO#NIK atau INFO#MSISDN, setelah itu anda kirim ke nomor 4444.


5. Cara Cek Nomor yang Terdaftar di NIK dengan Smartfren

Cara Cek Nomor yang Terdaftar di NIK
Cara Cek Nomor yang Terdaftar di NIK dengan Smartfren
Cara cek nomor yang terdaftar di NIK selanjutnya, buat anda pengguna kartu Smartfren maka anda bisa melakukan pengecekan melalui situs resminya.

Silahkan anda kunjungi melalui link berikut (https://my.smartfren.com/check_nik.php), setelah itu anda akan diminta nomor NIK-nya dan pertanyaan lainnya pastikan anda menjawabnya dengan benar.


6. Cara Cek Nomor yang Terdaftar di NIK dengan Net1 Indonesia

Cara Cek Nomor yang Terdaftar di NIK
Cara Cek Nomor yang Terdaftar di NIK dengan Net1 Indonesia
Cara cek nomor yang terdaftar di NIK selanjutnya, buat anda pengguna Net1 Indonesia atau N1 dimana anda bisa melakukan pengecekan di situs resminya.

Pasalnya operator ini dulunya yakni Neon dan Ceria, yang awalnya produk dari PT Ssampoerna Telekomunikasi Indonesia.

Langsung saja, silahkan anda kunjungi melalui link berikut (https://my.net1.co.id) setelah itu anda bisa mengikuti instruksi selanjutnya dan termasuk Login terlebih dahulu.


7. Cara Cek Nomor yang Terdaftar di NIK dengan Axis

Cara Cek Nomor yang Terdaftar di NIK
Cara Cek Nomor yang Terdaftar di NIK dengan Axis
Untuk cara cek nomor yang terdaftar di NIK yang terakhir, buat anda pengguna kartu Axis maka anda bisa mengujungi situs resmi Axis untuk melakukan pengecekan nomor NIK.

Silahkan anda kunjungi melalui link berikut (http://axis.co.id/cek-nik) setelah itu anda bisa mengikuti instruksi selanjutnya seperti memasukkan NIK dengan benar.


8. Cara Cek Nomor yang Terdaftar di NIK dan Tips Mencegah Penyalahgunaan NIK

Cara Cek Nomor yang Terdaftar di NIK
Cara Cek Nomor yang Terdaftar di NIK dan Tips Mencegah Penyalahgunaan NIK
Jika anda sudah selesai cara cek nomor yang terdaftar di NIK, maka anda harus mengetahui tips-tips aman mencegah terjadinya penyalahgunaan NIK.

Yah, karena kita gak mengetahui apakah NIK itu telah disalah gunakan atau tidak oleh orang lain dimana saat ini semua proses aspek formalitas umumnya membutuhkan NIK.

Contohnya saja pada saat anda melamar pekejaan atau melakukan registrasi kartu prabayar, oleh sebab itu nomor NIK sangatlah penting.

Berikut tips-tips aman mencegah terjadinya penyalahgunaan NIK:
  • Untuk itu, anda harus usahakan daftar kartu SIM dengan mandiri, supaya meminimalisir permintaan NIK oleh orang lain.
  • Jika anda menemukan nomor yang tidak dikenal memakai NIK-nya, maka anda segera Unreg atau bisa langsung ke gerai operator langsung dikotanya.
  • Selain itu, anda harus simpan yang rapi KK atau KTP-nya agar mencegah orang yang tidak bertanggung jawab menyalah gunakan NIK.
  • Segera laporkan kepada pihak berwenang atau operator seluler, kalau anda merasakan kejanggalan dengan nomor NIK-nya.


Akhir Kata

Demikianlah penjelasan yang kami sampaikan untuk anda, tentunya cara tersebut bisa anda gunakan untuk mengecek nomor NIK-nya.

Supaya anda terhindar dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab, anda bisa menggunakan cara di atas disesuaikan dengan kartu yang anda pakai saat ini.

Gimana, gampangkan untuk mengecek nomor NIK-nya dan pastinya anda gak perlu cemas lagi anda bisa melakukan pengecekan sendiri untuk memastikan nomor NIK-nya.

Itulah seluruh isi artikel kita kali ini mengenai cara cek nomor yang terdaftar di NIK. Sekian dan selamat mencoba.
Dody S. Seseorang yang senang belajar dan sharing segala hal tentang teknologi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel