Cara Cek LCD Laptop 2021

Cara Cek LCD Laptop
Cara Cek LCD Laptop - LCD merupakan bagian uatama dari komponen dari PC atau laptop bahkan perangkat elektronik lainnya.

Jika anda ingin membeli Laptop, anda benar-benar harus lebih teliti, jika tidak bisa-bisa anda akan mendapatkan barang yang sudah banyak minusnya.

LCD terpasang dibelakang kaca monitor, karena itu jika anda menemukan laptop atau PC yang layarnya retak, tapi gambar dan warnanya masih bagus.

Hal ini disebabkan karena kerusakan masih belum mencapai bagian LCD, jadi bagian yang rusak hanya terjadi di kaca pelindung LCD.

Jika anda mendapatkan barang yang cacat atau rusak, maka anda membutuhkan biaya yang lebih besar lagi untuk memperbaiki Laptop tersebut.


Pembahasan Cara Cek LCD Laptop

Cara mengecek LCD Laptop rusak atau tidak merupakan sebuah cara untuk mengetahui apakah layar LCD laptop anda mengalami kerusakan atau tidak.

Dalam pembahasan kali ini kami akan memberikan berbagai teknik dasar yang biasa dilakukan oleh teknisi laptop di tempat service laptop atau komputer.

Hal ini juga bisa dijadikan sebagai awal tentang jenis kerusakan yang dialami oleh LCD laptop anda.

Terlebih lagi jika kerusakan yang terjadi saat layar laptop mengalami keadaan Blank atau layar hitam padahal laptop sudah dinyalakan atau dalam keadaan menyala dengan menekan tombol Power.

Disini kami akan memberikan beberapa cara yang dapat dilakukan bagi anda sebagai pemula dan yang belum mengerti tentang Elektronik dan Teknologi Informasi.

Peralatan Untuk Mengecek LCD Laptop Rusak Atau Tidak

Adapun peralatan yang anda butuhkan untuk cara mengecek LCD laptop apakah rusak atau tidak, alat-alatnya seperti dibawah ini:
  • Monitor External atau Proyektor
  • Kabel VGA atau HDMI
  • Obeng (Opsional)
Untuk menentukan minus atau kerusakan yang terjadi pada LCD, anda bisa mencoba cara cek LCD laptop seperti berikut ini.


Cara Cek LCD Laptop


1. Tahapan Cara Cek LCD Laptop

Cara Cek LCD Laptop
Tahapan Cara Cek LCD Laptop
Cara cek LCD laptop ini diperuntukan disaat laptop sudah menyala namun layar LCD blank atau hitam.

Berikut ini adalah cara mengecek layar LCD laptop, antara lain:
  • Pertama, anda dapat menghubungkan laptop ke Monitor External dengan menggunakan kabel VGA atau HDMI
  • Setelah itu anda dapat mengetahui apakah kerusakan terjadi pada LCD atau Komponen lain, jika Monitor External berhasil menampilkan tampilan yang ada pada laptop yang seharusnya itu berarti kerusakan atau masalah terjadi pada layar LCD laptop anda. Tapi, jika Monitor External tidak menampilkan apapun artinya ada kerusakan pada komponen lain seperti RAM.
  • Selanjutnya jika anda berani dan memiliki kemampuannya, anda dapat membongkar LCD untuk memastikan dan mengganti LCD laptop anda dengan yang baru.
Sebagai catatan, membongkar LCD laptop sangat beresiko karena dapat menambah kerusakan LCD jika tidak dilakukan dengan benar, dan jika anda ragu bawalah Laptop anda ke yang lebih profesional dalam menangani masalah Laptop.


2. Cara Cek LCD Laptop Menggunakan Aplikasi LCD Test

Cara Cek LCD Laptop
Cara Cek LCD Laptop Menggunakan Aplikasi LCD Test
Cara cek LCD laptop, anda bisa menggunakan aplikasi LCD test yang bisa anda download.

Berikut cara yang bisa anda lakukan untuk mengecek layar LCD laptop dengan menggunakan aplikasi LCD test:
  • Download dan install aplikasi LCD Test di perangkat anda. Aplikasi ini memiliki ukuran kecil, jadi semua jenis laptop atau PC bisa menjalankan aplikasi ini.
  • Buka aplikasi LCD test yang sudah terinstall
  • Selanjutnya, anda bisa klik kiri untuk mengetes warna dasar LCD. Atau anda juga bisa klik kanan untuk mencoba variasi warna yang ada pada LCD.
  • Setelah itu tekan tombol ESC untuk keluar dari aplikasi
  • Selesai.
Jika anda tidak melihat bintik hitam, degrasi warna ataupun noda yang terdapat pada LCD, hal ini menandakan bahwa kondisi LCD laptop atupun komputer anda dalam keadaan normal.


Akhir Kata

Demikianlah cara mengecek LCD laptop rusak atau minus yang bisa anda terapkan jika hal ini terjadi pada laptop anda.

Anda dapat melakukan cara diatas pada kerusakan komputer atau PC anda, namun jika cara diatas masih mengalami kendala pada LCD atapun komponen lainnya pada Laptop sebaiknya anda membawanya ke yang ahlinya dalam menservice.

Semoga cara cek layar LCD laptop diatas bisa bermanfaat, tapi menurut saran kami lebih baik anda langsung ketempat secrvice Laptop agar kerusakan titak bertambah parah.

Itulah seluruh isi artikel kita kali ini mengenai cara cek LCD Laptop. Sekian dan selamat mencoba.
Dody S. Seseorang yang senang belajar dan sharing segala hal tentang teknologi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel