Cara Cek Layar Samsung 2022

Cara Cek Layar Samsung
Cara Cek Layar Samsung
- Buat anda yang ingin mengetahui cara mengecek layar HP Samsung dengan mudah dan gampang.

Pasalnya cara tersebut sangatlah penting untuk mengetahui layar Samsung, terlebih lagi HP Samsung menjadi salah satu vendor Smartphone yang telah merajai pasar Android.

Oleh sebab itu, sudah gak perlu diragukan lagi kualitas dari HP Samsung walaupun begitu tetap saja ada saja masalah yang terjadi bahkan tidak sedikit penggunanya selalu mengeluhkan masa dilayar.

Samsung sendiri mengusung kualitas super, namun sebenarnya HP ini mempunyai durabilitas yang sangat bagus dari segi LCD untuk tiap barang eletronik keluarannya.

Akan tetapi lebih baik, anda mengecek layar Samsung yang anda punya bahkan jika terdapat kerusakkan bisa langsung perbaikan namun LCD menguras kantong saking mahalnya.

Jika anda membeli HP bekas atau second, ada baiknya anda cek terlebih dahulu layarnya dan kalau kedapatan layarnya gak asli itu berarti layar HP tersebut sudah diganti.

Untuk lebih jelasnya, maka anda bisa mencoba beberapa cara cek layar Samsung tentunya anda simak ulasan sebagai berikut.


Cara Cek Layar Samsung


1. Cara Cek Layar Samsung Secara Manual

Cara Cek Layar Samsung
Cara Cek Layar Samsung Secara Manual
Cara cek layar Samsung yang pertama yaitu manual, sebab cara ini sangat mudah digunakan dalam mengecek yakni dari segi fisiknya.

Dimana anda bisa melihat layar yang normal dan tidak akan menunjukkan kerusakan yang kentara berupa retak atau pecah, jika anda menemukan goresan itu adalah hal wajar.

Itupun tidak menjadi masalah, oleh sebab itu anda bisa menguranginya dengan menggunakan pelindung layar termasuk yang terbuat dari tempered glass.

Setelah itu, anda bisa mengecek seberapa reponsif layar sentuhnya maka anda bisa coba sentuh semua bagian layarnya lalu anda lihat apakah layar tersebut merepon pada saat anda ketuk, geser dan tahan.

Maka anda harus pastikkan tida terdapat ghost pouch dimana layar bergerak dengan sendiri, bahkan touchscreen tidak lepas dengan sendirinya pada saat ditekan.

Tentunya cara ini sangat efektif, jika anda membeli HP Samsung bekas atau second akan tetapi kelemahannya anda tidak memiliki waktu yang banyaka untuk mengecek keseluruhan kondisi HP.


2. Cara Cek Layar Samsung dengan Kode

Cara Cek Layar Samsung dengan Kode
Untuk cara cek layar Samsung selanjutnya yaitu dengan kode, pasalnya dari beberapa ponsel Android dan termasuk Samsung sendiri sudah dilengkapi dengan berbagai macam kode rahasia.

Dimana berfungsi sebagai alat untu mengakses utilitas sistem, yang tidak tersedia didalam bentuk aplikasi bisa dilihat dibawah.

Berikut fungsi dari kode:
  • Mengetahui spesifikasi dari HP.
  • Mengubah peraturan jaringan
  • Mengecek kerusakan HP, pasalnya disana akan terdapat sub bagian untuk melakukan pengecekan LCD.
Bahkan anda bisa memakai kode ini, untuk ponsel Samsung dengan tipe manapun akan tetapi tidak semua ponsel akan merespon hal yang sama.

Pasalnya kode yang bisa anda pakai, dalam mengecek LCD atau layar ponsel Samsung bisa anda lihat sebagai berikut.


1. Cara Cek Layar Samsung dengan Kondisi Warna (RGB) atau Shadow Burn-In

Kalau anda mau mengecek, apakah layar ponsel Samsung punyanya tidk bermasalah dikondisi warna (RGB) contohnya terlalu kemerahan maka dari itu anda bisa gunakan kode tersebut.

Berikut cara cek layar samsung dengan kondisi warna (RGB) atau Shadow Burn-In:
  • Silahkan anda buka Smartphone atau Dial Pad, kemudian masukkan kode *#0*#.
  • Setelah itu akan muncul menu pengecekan Samsung.
  • Jika sudah, maka anda ketuk tombol Red dilayar ponselnya dengan begitu akan berubah menjadi merah.
  • Selanjutnya anda ketuk Layar lagi, setelah itu anda ketuk tombol Blue maka layar ponsel akan berubah menjadi warna biru.
  • Kalau layarnya normal, dalam hal ini warna yang keluar akan sama dengan tombol yang ditekan. Apalagi kalau anda menemukan warna yang lain muncul, itu berarti LCD mengalami masalah berupa Shadow atau Burn-In.


2. Cara Cek Layar Samsung dengan Touchscreen

Bukan hanya bisa mengecek kondisi warna layarnya, dimana anda bisa melakukan pengetesan Touchscreen atau layar sentuhnya dan bisa digunakan pada tipe Samsung lama yaitu Galaxy J2 Primer.

Berikut cara cek layar Samsung dengan Touchscreen:
  • Silahkan anda buka Smartphone atau Dial Pad, setelah itu anda masukkan kode *#0*#.
  • Maka akan muncul menu pengecekan Samsung.
  • Setelah itu anda pilih menu Touch, jika sudah maka akan muncul tampilan yakni garis kotak-kotak.
  • Jika sudah, maka anda bisa mengikuti garis kotak-kotak yang tertera di layar tanpa terputus.
  • Kalau terdapat layarnya normal, itu berarti garis kotak-kotak ini akan berubah menjadi warna hijau jika sebaliknya maka layarnya bermasalah dan warna hijau gak akan muncul.
  • Itu karena, ada bagian layar yang tidak bisa merespon saat disentuh, anda juga bisa mengecek bagian lain diluar garis ini untuk melihat apakah terdapat garis hijau yang tampil atau tidak.


3. Cara Cek Layar Samsung dengan Menggunakan Aplikasi Multi Touch Test

Cara Cek Layar Samsung
Cara Cek Layar Samsung dengan Menggunakan Aplikasi Multi Touch Test
Kalau misalnya, cara mengecek layar HP Samsung yang manual atau menggunakan kode pengecekan tidak berhasil ditipe HP samsung yang sedang anda gunakan.

Anda bisa menggunakan alternatif lainnya dan anda juga bisa mencoba melakukan dengan memakai aplikasi tambahan bahkan aplikasi tambahan ini berfungsi untuk melakukan pengecekan.

Terhadap Touchscreen atau layar sentuh merespon atau tidak, dimana aplikasi bisa anda gunakan yaitu aplikasi Multi Touch dan cara ini hampir sama dengan memakai kode pengecekan HP Samsung.

Berikut cara cek layar Samsung dengan aplikasi Multi Touch Test:
  • Silahkan anda mengunduh aplikasi Multi Touch Test melalui link berikut (download aplikasi Multi Touch Test).
  • Jika sudah anda menginstalnya, setelah itu anda buka aplikasi tersebut.
  • Lalu anda bisa mengikuti panduan untuk memulai proses pengetesan Touchscreen.
  • Bahkan sama seperti sebelumnya, kalau Touchscreen dalam kondisi normal itu berarti layar akan sepenuhnya merespon dibagian layar yang anda sentuh.


4. Cara Cek Layar Samsung dengan Aplikasi Partial Screen

Cara Cek Layar Samsung
Cara Cek Layar Samsung dengan Aplikasi Partial Screen
Untuk cara selanjutnya, anda bisa menggunakan aplikasi yang bernama Partial Screen dimana anda bisa memakai untuk melakukan pengecekan.

Berikut cara cek layar Samsung dengan aplikasi Partail Screen:
  • Silahkan anda mengunduh aplikasi Partail Screen melalui link berikut (download aplikasi Partail Screen).
  • Jika sudah anda instalasi, maka anda bisa membuka aplikasi tersebut.
  • Setelah itu anda bisa jalankan pengecekan layar Samsung, lalu anda ikuti panduan dari aplikasi itu dan lihat hasilnya apakah terjadi masalah atau tidak.
  • Selain itu aplikasi ini bisa mengatasi Ghost Touch dengan cara memblockir sentuhan yang muncul pada bagian layar, jika muncul ada dua pilihan metode yang bisa anda pilih untuk melakukan identifikasi.


Akhir Kata

Demikianlah penjelasan yang telah kami sampaikan untuk anda, mulai dari uraian sampai langkah yang sudah kami sebutkan tadi diatas.

Bahkan anda bisa pilih salah satu cara diatas, untuk bisa melakukan pengecekan layar Samsung tentunya cara ini sangatlah mudah dan gampang digunakan.

Tunggu apa lagi anda bisa langsung mengecek layar HP Samsung, supaya anda mengetahui apakah layar Samsung-nya mengalami masalah atau tidak.

Itulah seluruh isi artikel kita kali ini mengenai cara cek layar Samsung. Sekian dan selamat mencoba.
Dody S. Seseorang yang senang belajar dan sharing segala hal tentang teknologi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel