Cara Buat Aplikasi Kasir Android 2022

Cara Buat Aplikasi Kasir Android
Cara Buat Aplikasi Kasir Android - Pendataan transaksi dalam setiap lini usaha adalah salah satu hal yang sangat penting.

Dengan mengetahui jumlah transaksi, anda dapat mengetahui berapa besar keuntungan atau kerugian kegiatan usaha yang anda tekuni dimana semua dapat dilihat dari transaksi pembelian atau penjualan.

Yang mana biasanya untuk transaksi penjualan, calon pembeli akan bertemu langsung dengan kasir atau penjaga toko dan tentunya seorang kasir harus tahu harga setiap produk yang dijual.

Apabila barang yang dijual masih terbilang sedikit, mugkin kasir tersebut dapat dengan mudah untuk menghafal harganya.

Tetapi bagaimana jika usaha anda menjual beberapa jenis tipe barang yang harganya berbeda-beda? Tentunya seorang kasir tidak akan mengingat harga masing-masing barang tersebut.

Dan umumnya pemiliki usaha akan mencatat beberapa barang dan harga dalam suatu buku saat pemilik tidak tahu atau ingat harga barang yang akan dibeli oleh calon pembeli.

Maka dari itu anda harus tahu bagaimana cara membuat aplikasi kasir di android. Dengan itu silahkan anda simak ulasan dibawah ini.


Pembahasan Cara Buat Aplikasi Kasir Android

Tidak hanya sampai disana, seorang kasir pun dituntut untuk menulis sebuah struk sebagai bukti transaksi.

Jika semua kegiatan penjualan dikerjakan masih dengan cara tradisional, pastinya akan menghabiskan banyak waktu bukan?

Ditambah lagi jika usaha anda sering kali didatangi oleh beberapa pembeli setia, tentunya mereka harus merelakan waktunya hanya untuk menunggu.

Banyak orang yang bilang bahwa menunggu itu adalah yang membosankan, mayoritas pembeli produk anda kemungkinan setuju dengan ini.

Dan kemungkinan jika pelayanan anda tidak ditingkatkan, maka pembeli akan berpaling ke toko lain hanya karena lamanya menunggu.

Oleh karena itu seorang kasir harus pandai dalam melayani pembeli secara cepat dan juga tepat. Dan solusi terbaiknya adalah dengan menggunakan aplikasi kasir android yang dapat anda gunakan dengan praktis melalui Smartphone.

Dengan menggunakan aplikasi kasir dan cara buat aplikasi kasir android, anda tidak perlu mencatat transaksi penjualan serta mengingat tiap harga barang yang dijual sebab aplikasi kasir yang nanti secara otomatis mengalkulasi transaksi penjualan setiap harinya. Mudah bukan?


Cara Buat Aplikasi Kasir Android


Cara Buat Aplikasi Kasir Android Terbaru

Cara Buat Aplikasi Kasir Android
Cara Buat Aplikasi Kasir Android Terbaru
Berikut ini adalah langkah-langkah untuk melakukan cara buat aplikasi kasir android terbaru yang dapat anda lakukan menggunakan Smartphone yang anda miliki:
  • Pertama-tama silahkan kasir login terlebih dahulu.
  • Kemudian terdapat 4 menu yakni penjualan baru, data barang, data penjualan dan logout.
  • Yang mana pada penjualan baru, terdapat input tanggal (dimana ambil tanggal hari ini dan tidak dapat diubah), kemudian terdapat data barang yang mana list barang ini dapat ditambahkan oleh produk-produk yang sudah ada di database dan memilih produk sebaiknya ada tombol pilih produk atau input kode barang tersebut (dapat dilihat nanti direferensi), lalu barang tersebut dapat di edit dan dihapus kuantitinya. tampilan juga total yang harus dibayar.
  • Setelah memilih barang selesai, ada inputan pembayaran dimana ada kolom inputan jumlah bayar dan inputan diskon yang berupa jumlah uang bukan persen. Dan ada kolom yang menampilkan jumlah kembalian, setelah disimpan ada pertanyaan apakah nota tersebut akan di print, jika iya maka notanya akan langsung tercetak. Untuk print sendiri tidak perlu khusus dengan printer kasir, printer biasa saja tidak apa-apa yang penting dapat mengeprint.
  • Dan pada lihat transaksi penjualan, sederhana saja hanya menampilkan transaksi-transaksi penjualan. Kemudian terdapat filter range saja, juga range tersebut dapat dilihat dari detail barang apa saja yang termasuk ditransaksi tersebut dan ketika dilihat ada opsi untuk cek nota lagi.
  • Selanjutnya pada lihat data barang, kasir hanya dapat melihat daftar barang tanpa dapat di edit, kemudian ada filter nama dan kode barang.
  • Langkah terakhir logout, seperti biasa logout pada umumnya.
  • Nah jika aplikasi close, kalo bisa harus login kembali karena close aplikasi sama dengan logout


Akhir Kata

Demikianlah langkah-langkah untuk cara membuat aplikasi kasir berbasis android yang sudah kami bagikan diatas.

Bagaiamana cukup mudah bukan untuk dilakukan? dan tentunya tidak akan menghabiskan begitu banyak waktu.

Jika ingin melakukannya anda dapat ikuti langkah-langkah diatas dan apabila informasi ini penting silahkan bagikan ke teman-teman anda.

Itulah seluruh isi bahasan kami pada artikel kali ini mengenai cara buat aplikasi kasir android. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.
Dody S. Seseorang yang senang belajar dan sharing segala hal tentang teknologi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel