Aplikasi Cek Bansos 2022

Aplikasi Cek Bansos
Aplikasi Cek Bansos - Cek Bansos adalah aplikasi untuk mengecek apakah kita terdaftar sebagai penerima bantuan sosial yang diberikan oleh pemerintah atau tidak, seperti BPNT, BST dan PKH.

Melalui aplikasi ini, pemerintah berharap agar masyarakat bisa ikut berperan aktif dalam mengawal atau mengawasi bantuan sosial yang diberikan oleh pemeritah.

Aplikasi ini juga mempunyai beragam fitur menarik salah satunya Usul Sanggah, yang merupakan terobosan untuk mengatasi permasalahan data yang terjadi.

Permasalahan data tersebut diantaranya masyarakat yang berhak mendapatkan bantuan namun tidak dapat.

Sedangkan yang tidak berhak mendapatkan bantuan, tapi mereka malah diberikan guys.

Dengan fitur tersebut, para pengguna juga bisa melihat daftar penerima bantuan sosial yang ada di sekitar wilayah administrasinya dan memberikan sanggahan terhadap penerima bantuan yang tidak layak.

Nah, berikut ini kami akan berikan ulasan lengkap mengenai cara menggunakan aplikasi Cek Bansos.


Aplikasi Cek Bansos


1. Cara Menggunakan Aplikasi Cek Bansos

Aplikasi Cek Bansos
Cara Menggunakan Aplikasi Cek Bansos
Sebagai aplikasi untuk mengecek bantuan sosial dari pemerintah untuk masyarakat kurang mampu, Cek Bansos bisa digunakan dengan mudah guys.

Sebelum menggunakan aplikasi ini, siapkan terlebih dahulu beberapa dokumen penting seperti KTP dan Kartu Keluarga Anda guys.

Adapun cara menggunakan aplikasi Cek Bansos sebagai berikut:
  • Untuk langkah pertama, Anda harus download dan aplikasinya di Google PlayStore atau melalui link berikut ini (Download Cek Bansos).
  • Selanjutnya lakukan proses registrasi, karena menu Usul dan Sanggah hanya bisa diakses menggunakan user ID yang sudah diverifikasi dan diaktivasi oleh admin Kementrian Sosial.
  • Sebelum melakukan registrasi, siapkan terlebih dahulu nomor Kartu Keluarga, NIK dan KTP.
  • Setelah proses registrasi selesai, Anda bisa memilih menu Daftar Usulan kemudian tambah usulan. Pemilik akun bisa mendaftarkan dirinya, keluarga atau orang lain yang mempunyai masalah keterbatasan ekonomi atau miskin lain secara langsung pada tombol tambah usulan. Bila ingin mengusulkan keluarga sendiri, maka statusnya harus dalam sau KK.


2. Menu yang Ada di Aplikasi Cek Bansos

Aplikasi Cek Bansos
Menu yang Ada di Aplikasi Cek Bansos
Menu yang ada di aplikasi Cek Bansos diantaranya Profil, Cek Bansos dan Tanggapan Kelayakan.

Untuk menu Profil, akan ditampilkan di awal dan terdapat username, profil bantuan sosial yang menampilkan status apakah akun ini mendapatkan bantuan PKH atau BPNT.

Di bagian menu Profil Keluarga, akan ditampilkan daftar keluarga yang terdaftar di dalam DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial).

Ada opsi bukan keluarga untuk menyanggah jika anggota keluarga tersebut bukan anggota keluarga dari pemilik akun.

Menu Cek Bansos berfungsi untuk mencari penerima bantuan sosial yang berisi wilayah serta nama penerima.

Menu Tanggapan Kelayakan berisi daftar penerima manfaat yang datanya diambil berdasarkan daftar penerima yang ada di satu kelurahan yang sama dengan pemiliki akun.

Pemilik akun bisa melakukan tanggapan kelayakan pada penerima manfaat yang dianggap tidak layak menerima bantuan sosia dengan cara memilik tombol OK atau Tidak.

Anda kemudian diharuskan mengisi alasan dan pernyataan lalu mengirim tanggapan, karena informasi tersebut akan masuk ke sistem Kementrian Sosial untuk mendapatkan respon.


Akhir Kata

Demikian ulasan singkat mengenai Cek Bansos sebagai aplikasi resmi yang dikeluarkan oleh Kementrian Sosial.

Aplikasi ini bisa digunakan oleh seluruh masyarakat miskin di Indonesia untuk mengawal dan mengajukan diri atau orang lain sebagai penerima bantuan sosial.

Diharapkan dengan adanya aplikasi ini, bantuan yang diberikan oleh pemerintah tepat sasaran.

Itulah seluruh isi artikel kami kali ini mengenai aplikasi Cek Bansos 2022. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Dody S. Seseorang yang senang belajar dan sharing segala hal tentang teknologi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel