5 Aplikasi Animasi 2D 2022

Aplikasi Animasi 2D
Aplikasi Animasi 2D - Gambar bergerak yang terbentuk dari sekumpulan objek yang disusun secara beraturan dan mengikuti alur yang ditentukan setiap waktunya.

Gambar atau objek yang dimaksud dalam ulasan diatas bisa berupa gambar manusia, hewan dan juga tulisan.

Dalam proses pembuatannya, sang animator harus menggunakan logika berfikir untuk menentukan alur atau gerak suatu objek, mulai dari awal sampai akhir keadaan objek tersebut.

Perencanaan yang matang tentunya harus dirumuskan dengan alur tegak berdasarkan logika yang tepat agar menghasilkan animasi yang menarik untuk disaksikan.

Saat seorang pemula berminat untuk belajar animasi, ada kalanya masalah yang dihadapi ada pada aplikasi yang akan digunakan.

Misalkan karena label harga pada beberapa software atau aplikasi animasi yang bagus dan dangat mahal.

Meski begitu anda tidak perlu hawatir karena sekarang ada aplikasi animasi 2D yang dapat digunakan secara gratis dan tidak kalah bagus untuk para pemula.


Aplikasi Animasi 2D


1. Aplikasi Animasi 2D - Pencil2D

Aplikasi Animasi 2D
Aplikasi Animasi 2D - Pencil2D
Aplikasi animasi 2D pertama yang kami rekomendasikan untuk anda yaitu bernama Pencil2D, aplikasi ini hampir mirip dengan Synfig Studio.

Pencil2D adalah aplikasi gratis dengan Open Source yang tidak kalah bagus dengan aplikasi animasi berbayar yang mencapai sampai ratusan dolar.

Meskipun gratis, namun Pencil2D tergolong cukup kuat untuk animasi Vektor fan Bitmap.

- Download Aplikasi Pencil2D

Aplikasi ini sangat direkomendasikan untuk pemula yang ingin belajar membuat animasi di PC atau Laptop.

Pencil2D ini menawarkan Antarmuka sederhan dan mudah dipahami, sehingga siapa pun yang mempunyai pengalaman menggunakan aplikasi animasi bisa belajar cepat dengan aplikasi ini.

Mempunyai Layer, Timeline, dan bilah alat serta panel ruang kerja yang bisa anda atur ulang agar sesuai keinginan.

Program ini menggunakan ruang kerja bergaya minimalis yang sengaja dibuat untuk menghindari gangguan dari jendela animasi utama.

Berfokus pada animasi frame-by-frame tradisonal membuat setiap frame-nya harus dibuat dari awal.

Aplikasi ini hadir secara manual untuk mengetahui cara menggunakannya yang memadai, jika menurut anda sulit anda bisa melihat tutorialnya dalam situs resminya.


2. Aplikasi Animasi 2D - Synfig Studio

Aplikasi Animasi 2D
Aplikasi Animasi 2D - Synfig Studio
Synfig adalah aplikasi animasi 2D yang bisa digunakan secara gratis dan Open Source, sehingga anda dengan mudah membuat animasi 2D.

Aplikasi ini dirancang sebagai solusi yang kuat untuk membuat film animasi berkualitas menggunakan Vektor dan Bitmap.

Synfig memungkinkan anda untuk menghasilkan animasi 2D berkualitas tinggi dengan sumber daya serta orang-orang yang lebih sedikit.

Aplikasi ini tersedia untuk Windows, Linux, dan juga MacOS, berikut kami sediakan link download aplikasinya untuk anda.

- Download Aplikasi Synfig Studio

Cara penggunaan aplikasi ini cukup mudah, disisi lain juga memungkinkan animator berpengalaman untuk membuat animasi berkualitas tinggi.

Menawarkan konten player dan memiliki antarmuka intuitif yang terbagi menjadi empat jendela berbeda, dan fitu dukungan suara yang memungkinkan anda menyinkronkan suara musik dan narasi video animasi.

Yang lebih menariknya, Synfig menawarkan dua versi berbeda, yaitu Stable Version untuk serangkaian fitur sederhana yang sangat teruji dan bisa diandalkan dalam pembuatan proyek animasi.

Versi lainnya yaitu disebut pengembang, dimana ada beberapa fitur ekperimental yang masih belum sempurna, namun anda bisa melakukan beberapa hal bagus dengan proyek animasi yang akan dibuat.


3. Aplikasi Animasi 2D - FlipaClip

Aplikasi Animasi 2D
Aplikasi Animasi 2D - FlipaClip
Jika anda ingin membuat beberapa animasi kartun, maka FlipaClip adalah pilihan yang tepat sebagai aplikasi animasi 2D yang akan anda buat nantinya,

Aplikasi ini sangat bagus dan memiliki keistimewaan tekhnologi, yaitu animasi Modern namun tetap bernuansa klasik.

- Download Aplikasi FlipaClip

Membuat proyek video animasi sampai tiga layer animasi dengan fitur onio skinning untuk membuat Multiple Frame.

Anda bahkan bisa menambahkan efek lebih banyak kedalam animasi dengan Grid Overlay, seperti namanya fitur yang paling mencolok dalam aplikasi ini adalah membuat kartun sketsa sendiri.

Lucu bukan? dengan begitu anda akan terlihat mirip dengan FlipBook.


4. Aplikasi Animasi 2D - OpenToonz

Aplikasi Animasi 2D
Aplikasi Animasi 2D - OpenToonz
OpenToonz adalah aplikasi animasi 2D yang cukup canggih sehingga sering digunakan oleh para pembuat film animasi dan game papan atas.

Bayangkan jika anda menggunakan alat yang sama layaknya dengan animator jepang legendaris Studio Ghibli atau pembuat Futurama dan SpongeBob Squarepatns.

Meskipun tidak mendapatkan semua fitur Toonz Premium, namun versi gratis pun OpenToonz masih menyediakan sejumlah fitur dan alat yang mengesankan.

- Download Aplikasi OpenToonz

Menggunakan bantuan efek Plug-in SDK, anda bisa dengan mudah menukar gaya rambut serta gambar dan menerapkan efek yang keren layaknya Effected Incident Light dan Wavy Distortion.

OpenToonz sering diperbarui berdasarkan pendapat para profesional, dan hal inilah yang membantu membuatnya menjadi alat yang bagus untuk Pro ataupun pendatang baru dalam animasi 2D.


5. Aplikasi Animasi 2D - Stykz

Aplikasi Animasi 2D
Aplikasi Animasi 2D - Stykz
Stykz merupakan animasi Freeware yang cukup kuat dan mendukung semua sistem operasi Linux, Windows dan Mac.

Anda bisa mengunduh versi lengkapnya melalui perangkat lunak pada komputer atau Laptop secara gratis.

- Download Aplikasi Stykz

Aplikasi animasi 2D ini mempunyai sejumlah alat yang sangat berguna dan membantu anda dalam menghidupkan proyek animasi sederhana dengan mudah.


Akhir Kata

Jika anda memiliki Budget lebih dan menginginkan aplikasi yang Powerfull-nya lebih, mak anda bisa pilih salah satu dari rekomendasi diatas yang menurut anda terbaik versi Premium.

Beberapa perangkat lunak tersebut memungkinkan anda untuk membuat film animasi layaknya para pembuat Profesional.

Silahkan bagikan artikel ini kepada teman atau saudara yang memiliki hoby menggambar dan tertarik untuk membuatnya dalam bentuk animasi.

Itulah seluruh bahasan kita pada artikel kali ini tentang aplikasi animasi 2D. Sekian dan semoga bermanfaat.
Dody S. Praktisi teknologi, editor dan jurnalis di 1001Media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel