Cara Verval Ijazah di Simpatika 2022

Cara Verval Ijazah di Simpatika
Cara Verval Ijazah di Simpatika - Verval ijazah atau verifikasi ijazah adalah cara untuk memverifikasi kepemilikan ijazah yang telah masuk dalam Dapodik.

Verval ijazah ini diperuntukkan untuk para guru dan kepala sekolah non PNS atau honorer agar bisa mengikuti seleksi PPPK dan wajib dilakukan.

Karena pihak Kemdikbud akan melakukan pengecekan dengan menyesuaikan database Dirjen Pendidikan Tinggi (Dikti).

Proses verval ijazah ini memang bisa dilakukan dengan mudah, namun harus teliti dan ada beberapa dokumen yang perlu dipersiapkan.

Sedangkan verval ijazah tersebut harus dilakukan melalui akun Simpatika masing-masing.


Tetapi ada sebagian guru honorer yang masih belum memahami cara untuk melakukan verval ijazah tersebut.

Nah, berikut ini kami akan membagikan cara verval ijazah di Simpatika yang bisa dipelajari dan diterapkan.


Cara Verval Ijazah di Simpatika


1. Cara Verval Ijazah di Simpatika dengan Mudah

Cara Verval Ijazah di Simpatika
Cara Verval Ijazah di Simpatika dengan Mudah
Adapun cara verval ijazah di Simpatika dengan mudah sebagai berikut:
  • Untuk langkah pertama, Anda harus menyiapkan ijazah S1 dan masuklah ke laman https://ijazah.kemdikbud.go.id/
  • Kemudian verval ijazah Anda dengan mengunjungi laman info GTK melalui link berikut https://info.gtk.kemdikbud.go.id/
  • Setelah berhasil masuk ke laman info GTK, pilihlah menu Login Langsung ke GTK atau SSO Dapodik.
  • Selanjutnya masukkan username Anda berupa alamat email atau akun PTK yang telah diverifikasi, password PTK dan kode captcha lalu klik Login.
  • Silahkan pilih dan klik menu Verval Ijazah. Bila sebelumnya Anda pernah melakukan verifikasi ijazah, maka bisa langsung menekan tombol Perbaikan Hasil Validasi.
  • Anda juga harus mengisi form sesuai dengan data diri yang benar seperti:
    • Bila nama universitas tidak muncul, silahkan cari dan pilih dengan cara klik ikon segitiga kecil yang menampilkan daftar pilihan universitas. Kemudian ketikkan kata kunci universitas pada kolom yang tersedia.
    • Masukkan Prodi dan NIM setelah Anda berhasil menemukan perguruan tinggi kemudian klik tombol Cek. Secara otomatis sistem akan menampilkan data NIM, nama, nomor ijazah, prodi dan perguruan tinggi.
    • Simpan data lengkap yang telah dimasukkan dengan cara klik tombol Simpan. Tunggulah proses penyimpanan data hingga selesai dan sukses.
  • Anda juga harus mengunggah dokumen saat pengisian form ada beberapa data yang tidak bisa ditemukan.
  • Untuk mengunggah data, silahkan klik menu Unggah Dokumen untuk melakukan verifikasi ijazah secara manual. Data yang diupload berupa ijazah asli dengan ukuran file tidak lebih dari 1MB.
  • Tunggulah hingga proses verval ijazah dilakukan oleh panitia pusat. Proses verval ijazah ini dilakukan oleh Anda sebagai guru dan bukan oleh operator sekolah atau tenaga kependidikan sekolah. Agar proses verval lebih mudah dilakukan, silahkan perhatikan dan tanyakan juga langkah-langkahnya pada teman yang lebih ahli guys.


2. Hal Penting yang Harus Diperhatikan Terkait dengan Cara Verval Ijazah di Simpatika

Cara Verval Ijazah di Simpatika
Hal Penting yang Harus Diperhatikan Terkait dengan Cara Verval Ijazah di Simpatika
Berikut ini beberapa hal penting yang harus diperhatikan terkait dengan cara verval ijazah di Simpatika sebagai berikut:
  • Proses verval ijazah tidak bisa dijadikan patokan untuk menentukan apakah Anda layak atau tidak mengikuti proses seleksi PPPK.
  • Verval ijazah digunakan untuk proses verifikasi kepemilikan ijazah yang akan diperiksa dan disesuaikan dengan database Dikti.
  • Silahkan perhatikan nama mahasiswa, nama perguruan tinggi, nama prodi, nomor ijazah, NIM, tahun lulus kuliah saat melakukan verifikasi ijazah. Apakah data yang Anda miliki sesuai atau tidak.
  • Pastikan juga terlabih dahulu gelar sarjana Dik Lulus miliki Linear dengan formasi Dik Lulus daftarkan jika Anda mempunyai ijazah S1 non guru.
  • Anda harus menghubungi pihak kampus tempat diterbitkannya ijazah, jika ternyata nomor ijazah yang dimasukkan tidak terdaftar. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa data Anda sudah dilaporkan ke Dikti atau belum.
  • Untuk memastikan keaslian ijazah Anda, pastikan nomor ijazah dapat diverifikasi via SIVIL.
  • Jika Anda lulusan di bawah tahun tersebut dan data tidak ditemukan di SIVIL, bisa menghubungi perguruan tinggi masing-masing, karena pendataan PDDikti dilakukan secara resmi mulai tahun 2002/2003.


Akhir Kata

Demikian cara untuk verval ijazah yang bisa dipelajari dan diterapkan.

Siapkan beberapa dokumen penting yang dibutuhkan sebelum melakukan verval ijazah, khususnya ijazah Anda guys dan pastikan telah terdaftar di Dikti.

Selain verval ijazah, Anda juga harus rajin latihan, karena itu adalah persiapan utama yang perlu diperhatikan agar bisa lolos seleksi PPPK.

Itulah seluruh isi artikel kami kali ini mengenai cara verval ijazah di Simpatika 2022. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Dody S. Seseorang yang senang belajar dan sharing segala hal tentang teknologi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel