Cara Cek Touchscreen Asus 2022

Cara Cek Touchscreen Asus
Cara Cek Touchscreen Asus - Cara cek Touchscreen pada ponsel memang benar-benar harus anda lakukan saat pertama kali membeli ponsel.

Apalagi jika touchscreen yang bermasalah pada Hp Android anda tentunya akan berdampak terhadap tidak bisa difungsikannyt sebagaimana mestinya.

Anda tidak bisa chattingan, buka sosmed, main game, nonton YouTube, mengetik pesan, atau bahkan sekedar menelepon atau melakukan video call karena touchscreennya tidak bisa berfungsi.

Bagaimana cara untuk mengatasi masalah seperti itu? Anda perlu melakukan pengecekan terlebih dahulu terhadap touchscreen pada ponsel Asus milik anda.

Adapun cara mengecek touchscreen Asus yang bisa anda lakukan dengan sangat mudah, dan anda bisa memanfaatkan kode kalkulator untuk mengeceknya.

Dibawah ini ada beberapa cara mengecek touchscreen Asus dengan kode kalkulator dan manual yang bisa anda terapkan.


Cara Cek Touchscreen Asus


1. Cara Cek Touchscreen Asus Menggunakan Kalkulator

Cara Cek Touchscreen Asus
Cara Cek Touchscreen Asus Menggunakan Kalkulator
Cara cek touchscreen Asus yang pertama yaitu dengan cara membuka kalkulator pada Hp Asus anda dengan menggunakan tanda .12345+=.

Berikut ini adalah cara cek touchscreen Hp Asus dengan menggunakan kalkulator:
  • Buka menu kalkulator Hp Asus, lalu ketikkan tanda .12345+=
  • Setelah anda mengetik tanda tersebut, selanjtnya anda akan diarahkan pada bagian mode engineering HP Asus. Terdapat berbagai macam menu dalam melakukan beberapa pengecekan komponen HP Asus.
  • Setelah itu, pilih "ouch-test" untuk menguji kualitas dan mengecek kondisi touchscreen HP Asus anda dan diikuti step by stepnya sampai selesai.
  • Selanjutnya, pilih "Display-test". Anda bisa mengetahui kerusakan yang terjadi pada Hp anda. 
  • Anda bisa melakukan pengecekan yang lainnya juga seperti mendeteksi dead pixel, layar yang sudah tidak normal dan sebagainya.
Akan tetapi ada yang perlu anda ketahui bahwa cara diatas tidak bekerja untuk Hp yang lain karena hanya bisa digunakan hanya untuk Hp Asus saja.


2. Cara Cek Touchscreen Asus Dengan Manual

Cara Cek Touchscreen Asus
Cara Cek Touchscreen Asus Dengan Manual
Anda juga bisa mengecek touchscreen Hp Asus dengan pengecekan manual.

Akan tetapi cara cek touchscreen Asus secara manual ini kurang akurat informasi yang dihasilkan.

Namun tetap saja banyak orang yang masih menggunakan metode pengecekan manual khususnya bagi kaum awam yang belum tahu cara mengecek seperti cara yang pertama tadi.

Berikut ini adalah cara mengecek touchscreen Asus dengan manual, caranya seperti dibawah ini:
  • Periksa setiap tepi dari Hp tersebut diarea layarnya, lalu anda miringkan untuk melihat di bagian sisi samping ke tengah layar touchscreen Hp Asus anda.
  • Setelah itu, manfaatkan Hp untuk mengetik, atau bisa anda gunakan untuk melakukan aktivitas apapun supaya bisa ditahu seberapa responsif layar sentuhnya.
  • Selanjutnya dengan membuka gambar atau background yang berwarna hitam. Pastikan background atau gambar tersebut full warna hitam tanpa adanya warna lain agar anda bisa tahu terdapat spot atau dead pixel pada layar atau tidak.
  • Kemudian anda buka gambar atau gunakan gambar dengan background warna putih yang keseluruhan berwarna putih tanpa ada warna lain. Tujuannya adalah agar anda bisa mendeteksi terdapat spot dead pixel dengan warna putih atau tidak. Dan anda harus perhatikan setiap sudut LCD dan pastikan semuanya masih berfungsi dengan baik.
Apabila kedua cara diatas sudah anda lakukan, namun masalah kerusakan touchscreen Hp Asus masih ada, maka sebaiknya anda segera bawa Hp Asus anda ke tempat service Hp.

Disana anda akan diberikan solusi untuk melakukan pembenahan pada touchscreen, apakah touchscreen masih bisa diperbaiki atau perlu melakukan penggantian dengan touchscreen yang baru.

Akan tetapi kebanyakan Hp Asus yang mengalami kerusakan pada bagian touchscreennya memang lebih dianjurkan untuk mengganti touchscreen dengan touchscreen yang baru, dibandingkan membenahi kerusakannya karena suatu saat akan terjadi kerusakan yang sama.


Akhir Kata

Demikian sekilas informasi tentang beberapa cara mengecek touchscreen Hp Asus yang bisa anda coba.

Cara mengecek touchscreen diatas memang sangat mudah kan untuk dilakukan jika Hp anda Asus tapi selai Asus cara tersebut tidak bisa digunakan.

Apabila memang terjadi kerusakan pada touchscreen, lebih baik segera perbaiki kerusakan Hp anda jangan sampai mengulur waktu lagi karena bisa merembet ke sistem perangkat yang lainnya.

Semoga informasi diatas bisa bermanfaat bagi anda yang sedang mencara cara mengecek Hp asus.

Itulah seluruh isi artikel kita kali ini mengenai cara cek Touchscreen Asus. Sekian dan selamat mencoba.
Dody S. Seseorang yang senang belajar dan sharing segala hal tentang teknologi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel