Cara Setting HDMI Laptop ke TV 2021

Cara Setting HDMI Laptop ke TV
Cara Setting HDMI Laptop ke TV
- Apa lagi sekarang ini anda bisa menyambungkan laptop ke TV, bahkan ini menjadi hal yang cukup menarik untuk di lakukan supaya bisa menikmati menonton film.

Namun jika semua orang hanya memiliki layar 14 inci saja, mungkin itu rasanya kurang nyaman maka dari itu anda bisa menggunakan cara mensetting HDMI laptop ke TV.

Bahkan cara tersebut perlu anda lakukan untuk mendapatkan kepuasan tersendiri, tentunya cara ini bisa mensetting melalui beberapa kabel mumpuni lho.


Dimana anda juga bisa menggunakan secara online lho, bukan hanya menonton saja melainkan laptop yang sudah tersambung bisa mempermudah saat presentasi di layar TV.

Yang cukup besar berfungsi baik sebagai pengganti layar proyektor, pastinya untuk memastikannya terlebih dahulu bahwasannya windows pada laptop.

Apalagi anda, juga belum mengetahui cara untuk mensetting HDMI laptop ke TV dengan mudah dan gampang.

Maka dari itu, anda simak artikel kali ini cara setting HDMI laptop ke TV dengan mudah dan gampang sebagai berikut yang ada di bawah.


Cara Setting HDMI Laptop ke TV



1. Cara Setting HDMI Laptop ke TV

Cara Setting HDMI Laptop ke TV
Cara Setting HDMI Laptop ke TV
Cara setting HDMI laptop ke TV yang paling mudah untuk bisa menghubungkan laptop anda ke TV ke kabel HDMI dapat menangani audio dan resolusi tinggi.

Bahkan ini menjadi sangat bagus untuk streaming acara TV favorit, dimana laptop dan TV harus memiliki port HDMI lho.

Tentunya kedua itu jadi termasuk produk baru, dimana anda harus memiliki port HDMI mikro atau mini HDMI.

Setelah itu anda nyalakan kedua perangkat, hubungkan dengan menggunakan kabel HDMI selanjutnya anda cukup pilih kemudian masukkan HDMI dengan benar di TV yang akan membantu remote control.

Berikut ini ada beberapa cara mensetting HDMI laptop ke TV dengan mudah, simak ulasan yang ada di bawah:
  • Terlebih dahulu anda, hubungkan Laptop ke Tv dengan kabel HDMI.
  • Setelah itu, anda nyalakan kedua perangkat.
  • Maka setelah itu, anda pilih input HDMI yang benar di TV dengan remote.
  • Kemudian, anda harus koneksikan antara kedua perangkat akan di buat secara otomatis akan tetapi kalau tidak selanjutnya anda buka pengaturan (setting) dan pilih system lalu klik Display selanjutnya anda pastikan pilih "TV" disana anda akan memilih menu pengaturan resolusi.
  • Kalau sudah selesai, maka tekan tombol Windows dan tombol P setelah itu pilih opsi "Duplicate".


2. Cara Setting HDMI Laptop ke TV dengan Kabel VGA

Cara Setting HDMI Laptop ke TV
Cara Setting HDMI Laptop ke TV dengan Kabel VGA
Jika anda memiliki Laptop dan TV yang memiliki versi yang lebih lama, kemungkinan besar anda akan melihat port VGA di pilihan input atau outputnya.

Bahkan VGA tidak sebaik HDMI lho, sebab kualitas dari video resolusi cukup rendah akan tetapi sangat di sayangkan hanya di hubungkan dengan sinyal video saja.

Itu berarti anda sangat memerlukan kabel terpisah supaya bisa menangani audio, berikut ini ada beberapa cara setting HDMI laptop ke TV dengan mudah dan simak ulasan di bawah:
  • Pertama-tama, anda hubungkan Laptop ke TV dengan kabel VGA.
  • Dengan begitu, anda hubungkan kedua perangkat dan kabel audio 3.5mm.
  • Setelah itu, anda nyalakan kedua perangkat lalu pilih input PC atau RGB di TV dengan remote.
  • Maka anda harus koneksikan antara kedua perangkat secara otomatis, lalu buka pengaturan (setting) kemudian pilih System dan Display setelah itu anda pastikan memilih "TV" selanjutnya anda pilih menu dalam pengaturan resolusi.
  • Kalau sudah selesai, maka anda tekan tombol Windows dan tombol P kemudian pilih opsi " Duplicate ".


3. Cara Setting HDMI Laptop ke TV dengan USB-C

Cara Setting HDMI Laptop ke TV
Cara Setting HDMI Laptop ke TV dengan USB-C
Jika anda memiliki kabel port USB-C, maka anda akan mempunyai berbagai opsi agar bisa menghubungkannya dari TV dengan otomatis lewat kabel USB-C tersebut.

Akan tetapi hanya, jika TV ini juga mempunyai port USB-C selain itu anda harus perhatikan bahwasannya tidak semua port USB-C dapat membawa sinyal video.

Maka sudah di pastikan, anda akan memeriksa sebelum membeli kabel USB-C tersebut melainkan ada opsi kedua ialah membeli adaptor USB-C ke HDMI.

Setelah itu anda colokkan, kabel USB-C ke laptop anda dengan kabel HDMI ke TV lalu colokkan ujung lain dari kabel HDMI ke adaptor supaya bisa menghubungkan kedua perangkat secara bersamaan.

Selain itu anda, simak ulasan cara setting HDMI laptop ke TV dengan mudah dan gampang yang ada di bawah sebagai berikut:
  • Terlebih dahulu anda hubungkan, kedua perangkat dengan kabel USB-C ataupun anda gunakan adaptor USB-C ke HDMI.
  • Setelah itu nyalakan TV dan Laptop.
  • Lalu anda pilih input yang tepat di TV dengan remote, akan tetapi itu tergantung dari kabel yang anda gunakan.


4. Cara Setting HDMI Laptop ke TV dengan Wireless atau Nirkabel

Cara Setting HDMI Laptop ke TV
Cara Setting HDMI Laptop ke TV dengan Wireless atau Nirkabel
Buat anda yang tak ingin bermasalah dengan kabel-kabel yang mengganggu, dimana anda bisa menghubungkan dari laptop ke TV sebagai wireless.

Akan tetapi anda sangat memrlukan perangkat streaming media mulai dari Google Chromecast atau Roku Streaming Stick Plus.

Bahkan ini juga termasuk dengan menggunakan TV Android, sebab memiliki Chromecast bult-in selain itu ada beberapa cara setting HDMI laptop ke TV dengan mudah dan gampang sebagai berikut:

  • Pada Chromecast tersebut, sudah di lengkapi dengan kabel ekstensi HDMI pendek, yang nantinya akan di pergunakan sesuai dengan lokasi port HDMI ke TV walaupun kabel HDMI ini tidak di sambungkan ke laptop ataupun perangkat dimana nantinya akan menjadi remote control TV setelah itu anda bisa hubungkan kabel tersebut ke port HDMI TV lalu hubungkan ke ujung lainnya seperti port USB yang cukup tersedia di TV.
  • Setelah itu nyalakan TV, dan jika TV tidak mendeteksi Chromecast yang telah terpasang maka coba pindahkan ke input yang tepat dan gunakan remote control TV untuk memilih input HDMI yang sesuai dengan Chromecast.
  • Jika anda menggunakan perangkat Android atau iOS, maka anda cari " Chromecast " di Google Play Store atau App Store kemudian anda instal aplikasi gratis akan tetapi kalau anda menggunakan laptop Windows atau Mac dan silahkan anda kunjungi situs melalui link berikut (google.com/chromecast/setup.).
  • Kalau anda sudah berhasil instal aplikasi Chromecast, maka anda langsung saja buka dan tekan " Set Up " supaya bisa terhubung kejaringan Wifi dan pilih negara tinggal saat ini kemudian anda pilih Next.
  • Lalu anda bisa tunggu beberapa detik hingga aplikasi yang ada di sistem operasi, kemudian anda sudah terhubung ke Chromecast disana ada pengecekan kode yang serupa di TV selain itu juga ada sistem yang bisa anda gunakan menjadi remote control selanjutnya anda bisa mengubah nama default tersebut.


5. Cara Setting HDMI Laptop ke TVdengan Mudah

Cara Setting HDMI Laptop ke TV
Cara Setting HDMI Laptop ke TVdengan Mudah
Untuk cara setting HDMI laptop ke TV ini, dimana anda sambungkan laptop ke TV tanpa kabel yang satu itu dan khusus bagi perangkat Macbook maupun komputer Mac yang memang mengusung MacOs.

Bukan hanya itu saja, kalau anda ingin menghubungkannya tanpa kabel maka anda membutuhkan syarat pendukung yaitu AirPlay 2 ataupun bisa juga seperti Apple TV, Apple TV 4K.

Bahkan bisa juga TV dari samsung, sony, LG keluaran terbaru dari 2019 kesini, untuk lebih jelasnya lagi maka simak ulasan sebagai berikut:
  • Terlebih dahulu, perangkat MacBook dan Apple TV berada pada jaringan yang sama.
  • Setelah itu, anda nyalakan Apple TV dan aktifkan AirPlay lalu masukkan ke pengaturan Apple TV selanjutnya pilih AirPlay dan opsi " Everyone ".
  • Kemudian anda nyalakan AirPlay di perangkat MacBook.
  • Lalu buka menu utama Apple, setelah itu pilih " System Preferences " kemudian klik Display baru dan pilih " Display tab ".
  • Selanjutnya anda pilih " AirPlay Display " dan pilih " On " kemudian centang " Show mirroning options in the menu bar when available ".
  • Maka anda klik menu " AirPlay " yang terletak pada kotak segitiga di dalamnya dan berada pada sudut kanan atas layar Mac anda setelah itu akan muncul pilihan menu.
  • Lalu pilih nama TV, berikutnya yang ada di bawah " AirPlay To " pilih " Apple TV " dimana tempat yang ingin anda cerminkan layar Macdan sampai akhirnya tampilan MacBook anda tersambung di Apple TV.
  • Bahkan anda juga bisa mematikan AirPlay, dengan cara pilih " AirPlay " kemudian pilih mneu " Icon " dan pilih opsi " Turn AirPlay Off in the drop down menu ".


Akhir Kata

Demikianlah penjelasan mengenai cara setting HDMI lapto di TV, tentunya cara yang di atas bisa anda gunakan untuk memasang HDMI di laptop ke TV.

Bahkan anda bisa memilih salah ssatu langkah-langkah, cara mensetting HDMI laptop ke TV anda di rumah tanpa harus menyuruh orang lain mensettingnya.

Gunakkan cara yang di atas, supaya anda bisa dengan mudah mensetting HDMI laptop ke TV dan pastinya gampang lho guys.

Itulah pembahasan seluruh artikel kami, mengenai cara setting HDMI laptop ke TV 2021. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Dody S. Seseorang yang senang belajar dan sharing segala hal tentang teknologi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel