Cara Shutdown Lewat CMD 2021

Cara Shutdown Lewat CMD
Cara Shutdown Lewat CMD
- Buat anda yang sering sekali, mematikan laptop atau komputer melalui menu Start -> Shutdown.

Akan tetapi ada cara yang lebih praktis yang bisa anda gunakan dalam mematikan laptop atau komputer salah satunya adalah CMD (Command Prompt).

Dimana CMD sendiri, merupakan salah satu program Windows yang bisa anda gunakan untuk melakukan perintah-perintah terhadap laptop ataupun komputer dengan menggunakan Syntax.

Bahkan telah tersedia synax khusus, dimana anda bisa mengerjakan suatu kegiatan pada CMD dengan bertujuan anda bisa memasukkan suatu perintah berupa synax kedalam CMD.

Kemudian CMD meneruskan ke sistem Windows lalu sistem Windows akan memproses perintah yang sudah diberikan.

Kalau berbicara teori tanpa ada praktek, yang pastinya anda kebingungan akan tetapi kalau anda aplikasikan secara langsung mungkin akan cukup mudah buat anda.

Tidak banyak basa-basi lagi, supaya anda tidak penasaran bagaimana cara Shutdown lewat CMD dengan mudah dan simak ulasan sebagai berikut ini.


Cara Shutdown Lewat CMD


1. Cara Shutdown Lewat CMD

Cara Shutdown Lewat CMD
Cara Shutdown Lewat CMD
Nah, untuk anda yang ingin mematikan laptop atau komputer melalui CMD maka sebelum itu anda harus membuka CMD (Command Prompt) tersebut pada laptop dan komputer.


Berikut ini ada beberapa, cara Shutdown lewat CMD dengan mudah dan simple, yang bisa anda simak ulasan di bawah :
  • Terlebih dahulu, anda ketik CMD pada menu pencarian lalu akan keluar " Command Prompt " yang ada dalam pencarian setelah itu tekan " Enter ".
  • Bahkan ada cara yang lebih mudah lho, anda bisa menggunakan " Windows +R " pada keyboard untuk menampilkan dalam mesin pencarian dengan gampang.
  • Setelah itu, akan muncul mesin pencarian berupa gambar lalu ketik lagi " CMD " dan klik " OK ".
  • Kemudian layar CMD, akan terbuka


2. Cara Shutdown Lewat CMD dengan Cepat

Cara Shutdown Lewat CMD
Cara Shutdown Lewat CMD dengan Cepat
Ada beberapa cara Shutdown lewat CMD dengan cepat, mudah dan simple yang bisa anda simak ulasannya sebagai berikut :


  • Terlebih dahulu, anda harus mengetik " Shutdown -s " yang ada di CMD anda lalu perintah -s ini di gunakan untuk Shutdown laptop ataupun komputer.
  • Lalu setelah itu, anda tekan " Enter " yang ada di Keyboardnya dan selanjutnya akan muncul kontak dialog dimana laptop ataupun komputer anda akan mati dalam waktu kurang dari 1 menit dilanjutkan dengan mengklik " Close ".


3. Cara Shutdown Lewat CMD di Laptop dan Komputer dengan Menggunakan Waktu

Cara Shutdown Lewat CMD
 Cara Shutdown Lewat CMD di Laptop dan Komputer dengan Menggunakan Waktu
Untuk cara yang selanjutnya, berikut cara Shutdown lewat CMD di laptop dan komputer dengan menggunakan waktu dengan mudah dan simple :


  • Anda harus mengetik "Shutdown -s -t 60 ) pada CMD anda, maka fungsi -t ada disana yaitu kegunaannya untuk mengatur waktu dalam detik agar mematikan laptop ataupun komputer anda punya dimana anda bisa shutdown laptop atau komputer dalam waktu 1 menit (60 detik) dengan begitu anda bisa membuat " -t " 60 sebab memakai satuan detik.
  • Lalu anda tekan " Enter " pada keyboard anda, dengan begitu akan muncul kontak dialog dan laptop ataupun komputer anda akan mati dalam waktu 1 menit setelah itu klik " Close" lalu tunggu sampai laptop Anda benar-benar mati.


4. Cara Shutdown Lewat CMD di Laptop atau Komputer dengan Menggunakan Pesan

Cara Shutdown Lewat CMD
Cara Shutdown Lewat CMD di Laptop atau Komputer dengan Menggunakan Pesan
Selanjutnya tahap terakhir yaitu dengan menggunakan pesan, berikut ini ada beberapa langkah-langkah, cara Shutdown lewat CMD di laptop atau komputer dengan menggunakan pesan yang bisa anda coba di bawah :


  • Terlebih dahulu, anda harus mengetik " Shutdown -s -t 60 -c " setelah itu " isikan pesan anda disini " dimana fungsi -c ini berguna untuk menampilkan pesan pada sebelum komputer anda mati, pastikan anda sertakan tanda kutip atau "..." untuk meletakan pesan.
  • Setelah itu tekan " Enter " pada keyboard anda, dengan begitu akan muncul kontak dialog gambar, sebelum komputer ataupun laptop mati dimana akan ada tampilan pesan lalu klik " Close " kemudian anda tunggu himgga laptop atau komputer dalam waktu 1 menit sebab pada sebelumnya anda telah mnegatur waktu 60 detik.

Jika anda anda ingin membatalkan perintah Shutdown ini, maka sebelum komputer ataupun laptop benar-benar mati dengan menggunakan CMD kembali, nah pasti anda bertanya-tanya caranya.

Berikut ini ada beberapa, cara membatalkan perintah Shutdown tersebut dengan mudah yang bisa anda simak ulasan di bawah:
  • Pastikan anda ketik " Shutdown -a " yang ada di CMD anda, dimana fungsi -a ini adalah membatalkan perintah Shutdown yang sudah anda jadwalkan pada sebelumnya.
  • Lalu anda tekan Enter pada keyboard anda, dengan begitu akan muncul kontak dialog pada sudut kanan bawah layar komputer anda dalam hal ini perintah Shutdown sudah resmi di batalkan.


Akhir Kata

Begitulah cara yang bisa anda gunakan, dalam mematikan laptop atau komputer yang anda punya tanpa anda repot menunggu Shutdown laptop maupun komputer.

Anda bisa memilih cara yang di atas dan bisa anda gunakan dalam mematikan komputer, bahkan anda bisa mengatur waktu shutdown lewat CMD ini.

Kerenkan, bahkan anda tidak perlu repot-repot begini dan begitu dimana anda bisa memakai CMD ini dan tinggal atur waktu yang anda inginkan untuk Shutdown laptop ataupun komputer.

Itulah pembahasan seluruh artikel kami, mengenai cara Shutdown lewat CMD 2021. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Dody S. Seseorang yang senang belajar dan sharing segala hal tentang teknologi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel