Cara Menggunakan Movie Maker 2021

Cara Menggunakan Movie Maker
Cara Menggunakan Movie Maker - Untuk mengedit video yang paling banyak digunakan saat ini oleh adalah dengan Movie Maker.


Menggunakan Movie Maker pada software adalah seseorang yang benar-benar telah ahli dalam mengedit.

Bagaimana tidak?jika anda menggunakan Movie Maker ini anda harus menguasai software dalam proses editing.

Sehingga dengan menggunakan software bisa membuat dan mengedir video dengan hasil yang sangat keren tidak kalah dengan editor profesional lainnya.


Pembahasan Cara Menggunakan Movie Maker

Sebagai catatan, cara menggunakan Movie Makker adalah dengan windows 8.1, jika anda menggunakan windows versi yang sebelumnya hanya terdapat sedikit perbedaan tampilan didalamnya.

Selain mampu untuk membuat video fungsi lain dari Movie Maker ini adalah mengedit video dengan tujuan memberikan perubahan pada video tersebut.


Salah satu kelebihan menggunakan windows Movie Maker ini adalah sangat ringan dan mudah saat digunakan.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini kita akan membahasan tentang bagaimana cara untuk menggunakan Movie Maker.

Simak terus ulasan cara menggunakan Movie Maker dalam pembahasan dibawah ini sampai akhir yaa!


Cara Menggunakan Movie Maker


1. Cara Menggunakan Movie Maker dengan Buka Program

Cara Menggunakan Movie Maker
Cara Menggunakan Movie Maker dengan Buka Program
Langkah pertama cara menggunakan Movie Maker adalah anda buka program Movie Maker, setelah itu anda bisa melakukan proses pembuatan video atau pengeditan video.

Caranya adalah klik menu "New Project" namun jika anda belum memiliki software Movie Maker anda bisa download terlebih dahulu.

Download Movie Maker Apk

Apabila anda sudah memilikinya maka pada bagian depan halaman tersebut akan disuguhi gambar, pada gambar tersebut ada tiga bagaian besar yang ada pada Movie Maker.

Untuk gambar yang pertama atau bagian paling atas, anda bisa menemukan berbagai menu edit seperti transsitions, effects, captions, audio level dan lainnya, juga bisa menambahkan foto maupun video.


Selanjutnya yaitu Preview Windows, bagian ini terdapat pada samping kiri bawah. Pada bagian ini hasil video yang anda buat, anda juga bisa memutar ulang untuk memastikan hasil video yang anda buat.

Dan yang terakhir adalah Stoyboard atau Timeline, bagian ini terletak pada samping kanan bawah. Storyboard adalah tempat anda bisa mengatur klip, memotong hingga mengurutkannya.

Setelah membuka aplikasi dan berada dimenu program, maka anda harus mengikuti beberapa tahapan dibawah ini untuk menyelesaikannya.


2. Cara Menggunakan Movie Maker dengan Upload Video atau Foto

Cara Menggunakan Movie Maker
Cara Menggunakan Movie Maker dengan Upload Video atau Foto
Langkah selanjutnya cara menggunakan Movie Maker adalah memilih video ataupun foto yang tersedia untuk anda upload.

Nah, untuk mengupload video ataupun foto anda bisa menggunakan langkah-langkah berikut ini:
  • Upload video dari Kamera Digital Vidio (DV). Jika anda memilki video didalam kamera digital anda dapat menghubungkannya dengan menggunakan koneksi IEEE 1394 atau USB 2.0.
  • Upload Video dari file Manager. Selain melalui kamera cara yang paling mudah untuk mengambil video ke Movie Maker adalah dengan file Manager, anda bisa mengambil video yang tersimpan pada file Manager ke Movie Maker dengan klik "Add videos and photos" lalu pilih video ynag akan anda edit.



3. Cara Menggunakan Movie Maker dengan Memotong Klip

Cara Menggunakan Movie Maker
Cara Menggunakan Movie Maker dengan Memotong Klip
Langkah selanjutnya cara menggunakan Movie Maker adalah memotong video menjadi beberapa bagian.

Caranya adalah anda pilih menu "Videos Tolls" lalu klik bagian edit setelahnya terdapat juga bagian Split, maka anda bisa tarik video yang akan terbagi.

Pada bagian video yang tidak digunakan tersenut anda bisa membuangnya dengan klik ikon sampah.


4. Cara Menggunakan Movie Maker dengan Menyesuaikan Level Audio

Cara Menggunakan Movie Maker
Cara Menggunakan Movie Maker dengan Menyesuaikan Level Audio
Langkah selanjutnya cara menggunakan Movie Maker adalah dengan menyesuaikan level audio yang akan anda gunakan pada video.


Cara untuk mengubah tingkat audio dari klip adalah tekan "Edit" pada bagian menu dan pilih volume video.

Jika anda ingin menambahkan transisi anda hanya perlu memilih klip lalu klik "Animasi" yang terdapat pada toolbar untuk bisa membuka pilihan transisi.

Cara mengedit menggunakan Movie Maker juga memungkinkan anda untuk menghilangkan transisi serta efek yang sudah anda buat.

Cara menghilangkannya yaitu klik "Animation" lalu anda pilih "No transition".


5. Cara Menggunakan Movie Maker dengan Menambahkan Judul Audio

Cara Menggunakan Movie Maker
Cara Menggunakan Movie Maker dengan Menambahkan Judul Audio
Langkah terakhir cara menggunakan Movie Maker adalah menambahkan judul pada audio editan anda.

Caranya adalah klik pada bagian home kemudian cari menu "Title", lalu tambahkan judul yang sesuai yang terdapat dalam kotak teks.

Setelah mengedit atau membuat video anda bisa membagikannya pada akun media sosial anda atau bisa juga hanya dengan menyimpannya saja.

Jika sudah selesai, anda bisa membagikannya ke akun media sosial anda karena Movie Maker langsung terhubung dengan media sosial seperti Facebook, Youtube dan lainnya.

Namun, jika anda memilih untuk menyimpannya anda tinggal klik "Save Movie" pada bagian sebelah kanan.

Video hasil buatan anda akan tersimpan ke CD atau juga di komputer anda, jadi anda bisa membukanya kapan saja yang anda inginkan.



Akhir Kata

Demikian cara edit menggunakan Movie Maker yang bisa kami sampaikan untuk menjadi panduan anda ketika ingin mencoba membuat sebuah video.

Menggunakan Movie Maker sangat mudah dilakukan karena menu yang ditampilakan sangat sederhana sehingga sangat cocok untuk anda yang baru pertama kali menggunakan Movie Maker.

Pembahasan ini hanya bersifat informasi semata-mata untuk menambah wawasan anda seputar cara menggunakan Apk Movie Maker untuk edit video.

Itulah seluruh bahasan kita pada artikel kali ini mengenai cara menggunakan Movie Maker 2021. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Dody S. Seseorang yang senang belajar dan sharing segala hal tentang teknologi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel