Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup Untuk Melamar Pekerjaan 2021

Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup Untuk Melamar Pekerjaan
Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup Untuk Melamar Pekerjaan - Buat anda, yang ingin melamar pekerja dan belum mengetahui cara membuat daftar riwayat hidup untuk bisa melamar pekerjaan.

Biasanya membuat daftar riwayat hidup merupakan sebuah hal yang penting bagi anda yang akan mencari pekerjaan, termasuk dalam hal dokumen ini dapat memberikan informasi yang detail.

Bahkan yang termasuk tentang diri anda, bagaiamana contoh daftar riwayat hidup untuk melamar pekerjaan yang terkesan profesional dan mudah untuk di baca?

Nah, untuk bisa cara membuat daftar riwayat hidup untuk melamar pekerjaaan dalam hal tersebut, untuk bisa membuat daftar riwayat hidup anda perlu memahami dulu defenisi dari Curricullum Vitae (CV).


Pembahasan Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup Untuk Melamar Pekerjaan


Untuk CV ini sendiri berasal dari bahasa latin yang artinya "jalan hidup", biasanya CV daftar riwayat hidup ini merupakan dokumen profesional yang detail dengan menyoroti pendidikan.

Bahkan dalam pengalaman bekerja dan pencapaian dari seseorang, pada daftar riwayat hidup juga dapat mencakup referensi profesional, kursus, kerja lapangan.


Bukan hanya itu saja ada hobi dan minat yang relevan dengan profesi anda, dengan begitu anda juga bisa dapat memilih untuk menmabahkan profil pribadi yang akan mencatumkan keterampilan.

Untuk yang atribut positif untuk bisa menyakinkan pemberi kerja dalam melihat secara menyeluruh tentang kepribadian dan pencapaian anda.

Berikut ini cara membuat daftar riwayat hidup untuk melamar pekerjaan dengan mudah, simak ulasan yang ada di bawah ini.


Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup Untuk Melamar Pekerjaan


1. Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup Untuk Melamar Pekerjaan

Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup Untuk Melamar Pekerjaan
Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup Untuk Melamar Pekerjaan
Berikut ini cara membuat daftar riwayat hidup untuk melamar pekerjaan dengan mudah, yang bisa anda simak:


1. Menulis Identitas Diri

Biasanya dalam informasi mengenai identitas diri, tentu harus ada dalam daftar riwayat hidup yang akan mencantumkan nama lengkap, tanggal lahir, alamat, nomor telepon dan alamat email.

Nah, itu lah cara membuat daftar riwayat hidup untuk melamar pekerjaan dengan cukup mudah, pastikan untuk melengkapi dan menulis identitas diri pribadi anda.


2. Riwayat Akademik

Untuk daftar riwayat hidup, maka anda perlu mencantumkan riwayat akademik atau pendidikan yang pernah anda tempuh seperti sekolah menengah, sampai dengan doktoral (kalau ada).

Bahkan bisa ada cantumkan gelar yang anda peroleh, mulai dari tahun kelulusan dan nama sekolah, tentunya cara membuat daftar riwayat hidup untuk melamar pekerjaan.

Nah, biasanya akan ada riwayat pendidikan formal, tentunya anda bisa menuliskan riwayat pendidikan non formal seperti kursus dan pelatihan apa saja yang pernah anda ikuti.


3. Pengalaman Kerja

Biasanya untuk melamar pekerjaan, pada seseorang yang memiliki pengalaman kerja tentu akan lebih di rilik maka dengan begitu jangan lupa sertakan apa saja pengalaman kerja anda.


Nah, dalam cara membuat daftar riwayat hidup untuk melamar pekerjaan anda maka saat menulis pengalam kerja, tentunya sertakan organisasi tempat anda bekerja, jabatan, tanggal bekerja, ringkasan pengalaman dan pencapaian.


4. Keahlian dan Keterampilan

Maka dalam keahlian dan keterampilan ini anda, harus cantumkan kombinasi keterampilan keras dan lunak yang telah di kembangkan sepanjang kariernya dalam cara membuat daftar riwayat hidup untuk melamar pekerjaan.


5. Presentasi atau Penghargaan

Selanjutnya yaitu presentasi atau penghargaan. Kalau anda tidak pernah mendapatkan prestasi sama sekali dalam menunjang pekerjaan, maka anda bisa menuliskannya ke dalam daftar riwayat hidup.

Biasanya dalam setiap penghargaan di tambahkan nama, tahun di terima, organisasi yang memberikan anda penghargaan.

Hal tersebut, seperti detail yang terkait seperti seberapa sering anda mendapatkan penghargaan yang telah di berikan maka begitulah cara membuat daftar riwayat hidup untuk melamar pekerjaan.


6. Pengalaman Organisasi

Bagi anda yang ingin melamar pekerjaan, akan tetapi belum memiliki pengalaman kerja, maka anda bisa menuliskan pengalaman ogranisasi ke daftar riwayat hidup.


Lalu anda bisa cantumkan nama, lokasi, cabang dari organisasi dan tanggal dalam ikut serta ke anggotaan yang aktif begitulah cara membuat daftar riwayat hidup untuk melamar pekerjaan


2. Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup Untuk Melamar Pekerjaan dengan Bahasa Indonesia Menggunakan Data Pribadi

Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup Untuk Melamar Pekerjaan
Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup Untuk Melamar Pekerjaan dengan Bahasa Indonesia Menggunakan Data Pribadi
Berikut ini contoh cara membuat daftar riwayat hidup untuk melamar pekerjaan dengan bahasa Indonesia menggunakan data pribadi, yang bisa anda simak di bawah ini:
  • Nama : Arya Kamandalu
  • Tempat & Tanggal Lahir : Yogyakarta, 14 April 1991
  • Alamat : Jln Bangutama bantul Daerah Istimewa Yogyakarta
  • Jenis Kelamin : Laki-laki
  • Status Perkawinan : Lajang
  • Agama : Islam
  • Nomor Hp : -
  • Alamat : -


1. Pendidikan Formal

Sebagai berikut ini adalah contoh cara membuat daftar riwayat hidup untuk melamar pekerjaan dengan pendidikan formal, yang bisa anda simak di bawah ini:


  • 1997 s.d 2003 : SD Negeri 2 Banguntapan
  • 2003 s.d 2006 : SMP Negeri 7 Yogyakarta
  • 2006 s.d 2009 : SMA Negeri 7 Yogyakarta
  • 2009 s.d 2014 : Universitas Negeri Yogyakarta dalam jurusan Manajemen


2. Pendidikan Non Formal

Berikut ini contoh cara membuat daftar riwayat hidup untuk melamar pekerjaan pendidikan non formal dengan mudah, yang bisa anda simak di bawah ini:
  • 2014 : Kursus Akuntasi Keuangan
  • 2015 : Kursus komputer Akuntansi


3. Pengalaman Bekerja

Berikut ini contoh cara membuat daftar riwayat hidup untuk melamar pekerjaan dengan pengalaman bekerja, yang bisa anda simak di bawah ini:
  • Staf Akuntasi di PT sejahtera ( januari 2015 s.d Desember 2017)
  • Staf Payroll di PT suka suka ceria (Februari 2018 s.d Februari 2020)


4. Minat dan keahlian

Berikut ini adalah cara membuat daftar riwayat hidup untuk melamar pekerjaan dengan minat dan keahlian, yang bisa anda simak di bawah ini:
  • Sistem Informasi akuntasi dan Manajemen
  • Bahkan bisa menguasai Aplikasi Akuntasi dalam pembukuan dan penggajian
  • Mahir dalam berbahasa inggris yang akan membuktikan dengan sertifikat TOEFL skor sampai 581


3. Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup Untuk Melamar Pekerjaan dengan Menggunakan Bahasa Inggris

Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup Untuk Melamar Pekerjaan
Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup Untuk Melamar Pekerjaan dengan Menggunakan Bahasa Inggris
Berikut ini adalah contoh cara membuat daftar riwayat hidup untuk melamar pekerjaan dengan menggunakan bahasa Inggris, yang bisa anda simak di bawah ini :

  • Nama : Ranti Maemunah
  • Date of Birth : Jakarta, 19th August 1994
  • Addres : Jl, Tendean No. 18, Mampang, Jakarta selatan
  • Telephone : -
  • Email : -


1. Education

Berikut ini contoh cara membuat daftar riwayat hidup untuk melamar pekerjaan education, bisa anda simak yang ada di bawah ini:
  • 2018 - Bachelor of Art at University of Indonesia
  • 2012 - Finished Senior High School (SMAN 5 Jakarta)


2. Experience

Berikut ini contoh cara membuat daftar riwayat hidup untuk melamar pekerjaan experience, yang bisa anda simak di bawah ini:
  • 2017 Internship at PT Media Kreasi Indonesia as Reporters Media
  • 2018 Intership at Indonesia Magazine as Reporter


3. Skills

Berikut ini contoh cara membuat daftar riwayat hidup untuk melamar pekerjaan dengan skills, yang bisa anda simak di bawah ini:


  • Writing
  • Photo Editing
  • Fluent in English and Mandarin


4. Organisational Experience

Berikut ini contoh cara membuat daftar riwayat hidup untuk melamar pekerjaan dengan menulis organisational experience, maka anda bisa simak yang ada di bawah ini:
  • 2018 Production Staff of UI Fashion Week
  • 2019 Chief of Publication & Documentation Fisip Fair


Akhir Kata

Dengan ada artikel ini, anda bisa dengan mudah melakukan cara membuat daftar riwayat hidup untuk melamar pekerjaan.

Maka yang kebingungan dalam melamar pekerjaan bisa langsung melihat artikel ini, supaya ada dengan mudah membuat daftar riwayat hidup.

Pastikan anda, lebih detail dalam memasukkan identitas diri dan sertakan kalau ada penghargaan yang telah di dapat tentunya untuk bisa cepat keterima dalam bekerja.

Itulah seluruh isi pembahasan mengenai cara membuat daftar riwayat hidup untuk melamar pekerjaan 2021. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba
Dody S. Seseorang yang senang belajar dan sharing segala hal tentang teknologi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel