Cara Lapor Diri Peserta PPG 2021

Cara Lapor Diri Peserta PPG
Cara Lapor Diri Peserta PPG
PPG adalah program pendidikan lanjutan bagi guru yang sedang menjabat atau lulusan S1 maupun D4 yang tertarik untuk menjadi seorang guru.

Karena sekarang ini para guru maupun calon guru diarahkan untuk mengikuti pendidikan profesi guru (PPG) dengan tujuan mendapatkan banyak peluang untuk lolos seleksi PNS.


Bagi peserta PPG mengikuti pendidikan selama satu tahun atau dua semester saat melaksanakan program pendidikan tersebut anda akan mendapatkan pendidikan khusus untuk bisa menguasai kompetensi menjadi seorang guru.

Menjadi seorang guru yang profesional tidak hanya bermodal gelar sarjana pendidikan tetapi juga membutuhkan setifikat profesi guru sebagai bukti bahwa anda mempunyai bekal dalam profesi tersebut.

Salah satu tujuan diadakannya program PPG ini adalah untuk memfasilitasi guru ataupun calon guru sehingga bisa meningkatkan kompetensi profesi mereka menjadi seorang guru.


Pembahasan Cara Lapor Diri Peserta PPG

Program PPG yang diadakan ini akan memberikan sertifikat profesi sebagai syarat mendapat tunjangan, selain itu program ini juga bertujuan untuk mendorong kesejahteraan profesi seorang guru.

Setelah anda menyelesaikan program PPG ini, anda diharapkan bisa menguasai empat kompetensi dasar yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi sosial dan kompetensi kepribadian.

Anda yang lulus dari program PPG ini sangat diharapkan bisa bekerja menjadi seorang guru yang telah memenuhi standar pendidikan.

Sehingga praktek pendidikan di sekolah lebih baik dan mutunya juga dapat ditingkatkan.


Banyak sekali manfaat yang bisa anda ambil dari program PPG tersebut yaitu anda bisa mendapatkan gelar yang baru, kualitifikasi yang lebih baik yang bisa mendorong karir anda menjadi lebih baik juga.

Selain bermanfaat bagi pribadi, dari pihal sekolah juga akan diuntungkan karena semakin banyak guru yang lolos PPG maka kualitas pembelajaran disekolah tersebut juga akan semakin baik.

Oleh karena itu sebaiknya dari pihak sekolah turut membantu para guru yang mengikuti program PPG tersebut demi mencapai sekolah dengan guru yang berkualitas.

Namun, jika anda memiliki hambatan berupa dana untuk program PPG, anda bisa mengajukan pinjaman kepihak sekolah sehingga pihak sekolah akan membantu meminjamkan dana untuk bisa menjalankan program PPG.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas cara lapor diri peserta PPG sehingga bisa menjadi panduan anda yang ingin mengikuti program PPG ini.


Cara Lapor Diri Peserta PPG


1. Cara Lapor Diri Peserta PPG dengan Set Status Lapor Diri Pada Setiap Calon Peserta

Cara Lapor Diri Peserta PPG
Cara Lapor Diri Peserta PPG dengan Set Status Lapor Diri Pada Setiap Calon Peserta
Cara untuk lapor diri sebagai peserta PPG yang pertama adalah dengan set status lapor diri pada setiap calon peserta yang mengikuti program tersebut.


Untuk lebih jelasnya berikut langkah-langkah cara lapor diri peserta PPG dengan set status lapor diri pada setiap calon peserta antara lain:
  • Langkah pertama silahkan kunjungi laman SIM PPG melalui tautan berikut, klik disini
  • Selanjutnya anda login kedalam SIM PPG sebagai Admin IT.
  • Setelah itu pilih menu "Daftar Mahasiswa".
  • Maka daftar calon peserta akan ditampilkan .
  • Kemudian pilih ikon opsi pada "Calon Paserta yang akan diset statusnya".
  • Lalu pilih "Lapor Diri".
  • Maka akan ditampilkan jendela konfirmasi set laporan diri calon peserta.
  • Pilih "Ya" untuk bisa melakukan set status lapor diri.
  • Maka status calon peserta akan berubah menjadi lapor diri.
  • Selesai.


2. Cara Lapor Diri Peserta PPG dengan Set Status Lapor Diri Calon Peserta Secara Massal

Cara Lapor Diri Peserta PPG
Cara Lapor Diri Peserta PPG dengan Set Status Lapor Diri Calon Peserta Secara Massal
Langkah selanjutnya cara lapor diri sebagai peserta PPG adalah dengan set status lapor diri calon peserta secara massal.

Baca Juga : Cara Membuat SKCK Online

Nah, untuk lebih jelasnya silahkan anda ikuti langkah-langkah cara lapor diri peserta PPG set status lapor diri calon peserta secara massal sebagai berikut:
  • Langkah pertama, silahkan buka laman SIM PPG melalui tautan ini, klik disini.
  • Selajutnya, silahkan anda login kedalam SIM PPG sebagai Admin IT.
  • Lalu pilih menu "Daftar Mahasiswa".
  • Maka daftar calon peserta akan ditampilkan .
  • Kemudian centang calon peserta yang akan diset status lapor diri, selain itu anda juga dapat memanfaatkan fitur pencarian untuk mencari data calon peserta.
  • Setelah itu klik pada jumlah mahasiswa untuk bisa menampilkan daftar calon peserta yang sudah dipilih untuk dilakukan set statusnya.
  • Kemudian pilih ikon opsi "Tentukan aksi untuk data mahasiswa yang anda pilih".
  • Pilih "Lapor Diri".
  • Nantinya akan ditampilkan jendela konfirmasi set tidak lapor diri calon peserta, silahkan pilih "Ya" untuk melakukan set lapor diri.
  • Maka status calon peserta akan berubah menjadi lapor diri.
  • Selesai.


Akhir Kata

Apakah saat ini anda sedang berprofesi menjadi guru dan belum melakukan Lapor Diri karena tidak tahu caranya? Atau mungkin karena alasan lainnya.

Bagi anda yang belum melakukan Lapor Diri, maka bisa menggunakan salah satu dari kedua metode yang kami bagikan dan mudah menurut anda.

Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah-nya dengan benar agar tidak melakukan kesalahan. Sesederhana itu!.

Itulah seluruh pembahasan kita pada artikel kali ini mengenai cara Lapor Diri peserta PPG 2021. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Dody S. Seseorang yang senang belajar dan sharing segala hal tentang teknologi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel