Cara Cek Sertifikat Tanah Online 2021

Cara Cek Sertifikat Tanah Online
Cara Cek Sertifikat Tanah Online - Nah, buat anda yang belum mengetahui keaslian sertifikat tanah, terutama sertifikat tanah warisan yang kerap terjadi saat ini.

Bahkan pada umumnya di sebabkan kecerobohan masyarakat sendiri, tentunya sebelum proses tranksasi berjalan.

Dengan begitu si pemilik tanah harus paham betul bagaimana mengecek sertifikat BPN melalui online.

Tentunya sekarang ini seringkali terjadi permasalahan yang ada bukan mengenai proses hukum, tetapi mengenai kondisi fisik tanah yang beragam.

Bahwasannya di Indonesia sendiri terdapat beberapa banyak kasus seputar sertifikat tanah, nah pada belakang kali ini paling sering terjadi yaitu sertifikat bodong atau duplikasi sertifikat asli.

Maka dengan begitu sertifikat bodong tersebut akan terjadi apa bila sik penjual berusaha untuk manipulasi sertifikat yang akan di jualnya, oleh sebab itu kasus duplikasi sertifikat kerap terjadi.

Bahkan pada saat proses pengecekan berlangsung, di karenakan ternyata lahan yang tercantum ini ada dalam sertifikat tidak ada alias bodong.

Nah, buat anda yang ingin sekali mengetahui ke aslian sertifikat tanah yang di punya atau ingin mengetahui tanah yang ada di masyarakat yaitu bisa menggunakan dua cara melalui notaris.

Atau bisa melakukan pengecekan secara mandiri dengan cara cek sertifikat tanah online, simak ulasan di bawah ini.



Cara Cek Sertifikat Tanah Online


1. Cara Cek Sertifikat Tanah Online

Cara Cek Sertifikat Tanah Online
Cara Cek Sertifikat Tanah Online
Berikut ini langkah-langkah untuk mengetahui cara cek sertifikat tanah online, simak ulasan cek sertifikat tanah online di bawah ini:
  • Peta Bpn online
  • Cek berkas Bpn online
  • Loket Bpn online
  • Aplikasi layanan online


2. Cara Cek Sertifikat Tanah Online dengan Menggunakan Peta BPN Online

Cara Cek Sertifikat Tanah Online
Cara Cek Sertifikat Tanah Online dengan Menggunakan Peta BPN Online
Pada Kementrian Agraria dan Tata ruang melalui situs resminya, akan menyediakan beragam informasi mengenai tentang pertanahan yang dapat di akses dengan mudah, cepat dan akurat.

Bahkan salah satunya yaitu Peta BPN online yang bisa di akses melalui (Peta BPN), dengan menggunakan peta BPN online ini akan memiliki berbagai fitur informasi.

Dengan cara cek sertifikat tanah online ini akan meliputi peta sebaran bidang tanah berdasarkan jenis hak, informasi penyebaran titik transaksi jual beli tanah, sampai informasi tentang zonasi nilai tanah.



3. Cara Cek Sertifikat Tanah Online dengan Mengecek Berkas Bpn

Cara Cek Sertifikat Tanah Online
Cara Cek Sertifikat Tanah Online dengan Mengecek Berkas Bpn
Nah, bagi anda yang ingin sekali mengecek berkas BPN online agar bisa mengetahui status pengerjaan sertifikat tanahnya dan sudah sampai mana dan di loket mana.

Bahkan anda bisa mengakses melalui link (Peta BPN) dalam halaman tersebut, maka isi form informasi berkasi yang ingin anda cari yakni kantor wilayah Bpn.

BPN dimana saja yang ingin anda tuju, setlah itu anda harus nomor urut berkas dan tahuan pengajuan maka selanjutnya anda akan mendapati nama pemohon.

Tentu saja yang sudah mengajukan pembuatan sertifikat tanah serta alur berkas secara rinci dan setelah itu jika anda hanya ingin mengecek keaslian sertifikat tanah yang anda miliki.

Maka langsung saja datang ke kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN), dengan sesuai pasal 34 PP No.24 Tahun 1997 bahwa Bpn akan mengecek keaslian sertifikat tanah.

Berdasarkan peta pendaftaran, daftar tanah, surat ukur dan buku tanah, bahkan pada waktu pengecekan keaslian sertifikat tanah umumnya tidak lama tidak sampai dalam seharia penuh.

Kalau sudah mengetahui keaslian dari sertifikat tanah tersebut, maka menurut Bpn aman dengan begitu sertifikat tersebut akan di cap tetapi bila Bpn menilai ada kejanggalan biasanya kan di ajukan Plotting.

Biasanya Plotting itu sendiri merupakan ,upaya pengajuan Bpn kepada pemohon baik yang individu ataupun atas nama notaris dengan tujuan memastikan kebenaran data tersebut.

Bahkan upaya Plotting tersebut menggunakan namanya GPS(global positioning system) agar bisa masuk untuk cara cek sertifikat tanah online.


4. Cara Cek Sertifikat Tanah Online dengan Melalui Loket Bpn

Cara Cek Sertifikat Tanah Online
Cara Cek Sertifikat Tanah Online dengan Melalui Loket Bpn
Pada zaman sekarang ini anda bisa kekantor wilayah atau bisa juga ke kantor pertanahan yang sudah memiliki situs resmi.

Tentunya sangat memudahkan anda juga atau bisa bertindak sebagai loket Bpn online tersebut.

Bahkan ada cara cek sertifikat tanah online dan juga loket Bpn online sudah tersebar mulai dari sabang hingga merauke seperti kanwil provinsi Aceh, bahkan juga kanwil provinsi Sumatera utara.

Tentu ada juga di kantor pertanahan kota Bungkit tinggi, sampai dengan kantor pertanahan kabupaten Manokwari dan sebagainya.


5. Cara Cek Sertifikat Tanah Online Melalui Aplikasi Layanan Online Bpn

Cara Cek Sertifikat Tanah Online
Cara Cek Sertifikat Tanah Online Melalui Aplikasi Layanan Online Bpn
Bahkan dalam rangka memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk bisa mengakses informasi terkait di Badan Pertanahan Nasional.

Maka dengan ini menyedeiakan cara cek sertifikat tanah online dan layanan akses informasi pertanahan secra online, untuk memudahkan masyarakat saat ini.


6. Cara Cek Sertifikat Tanah Online Melalui KiosK

Cara Cek Sertifikat Tanah Online
Cara Cek Sertifikat Tanah Online Melalui KiosK
Tentunya KiosK ini sendiri ialah merupakan salah satu media informasi pertanahan yang sudah tersedia di lobi atau bisa juga ruangan pelayanan kantor pertanahan.

Bahkan bisa juga dengan melalui KiosK tersebut dengan ini maka anda bisa dapat berbagai informasi secara mandiri maupun dengan gratis tersebut tanpa harus antri untuk bisa bertemu petugas loket.

Melainkan dari informasi tersebut sudah cukup sangat tersedia pada KiosK yang di antara lain,berupa informasi yaitu jenis layanan pertanahan ataupun beserta persyaratan, baik itu jangka waktu mulai dari selesainya.

Bahkan informasi biaya layanan serta simulasinya dan lain sebagainya, dengan begitu memudahkan anda untuk bisa cara cek sertifikat tanah online.



Akhir Kata

Nah, untuk anda yang ingin mengecek sertifikat tanah tidak perlu repot-repot ke badan pertanahan, sekarang ini anda tinggal mengeceknya melalui online.

Di jamin anda tidak akan ribet tentunya, tinggal anda masuk kesitus resminya yang sudah di jelaskan di atas maka tinggal melihat apakah asli atau tidak sertifikat tanah yang anda punya.

Jangan lupa kasih tau teman-teman atau orang-orang sekitar, bahwasannya sekarang tidak perlu repot ke badan pertanahan atau agraria, anda bisa melalui secara online.

Itulah bahasan seluruh artikel kami mengenai cara cek sertifikat tanah online 2021. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Dody S. Seseorang yang senang belajar dan sharing segala hal tentang teknologi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel