Cara Cek Nomor Plat Kendaraan 2021

Cara Cek Nomor Plat Kendaraan
Cara Cek Nomor Plat Kendaraan - Nah, untuk anda yang ingin mengecek ke pemilikan plat nomor kendaraan, sekarang ini di anggap sangat penting.

Tentunya seiring dengan plat nomor kedaraan tersebut sudah di anggap sebagai KTP , sebab pengecekan ini kerap sekali di lakukan untuk kepentingan jual beli kendaraan bekas.

Bisa juga sebagai pelacakan keabsahan unit, sampai dengan pemecahan kasus kriminal, sehingga tanpa adanya plat nomor ini maka kendaraan tersebut menjadi ilegal.

Dengan begitu tidak di perbolehkan melintas di jalan raya, bagai mana cara cek ke pemilikan plat nomor kendaraan?



Pembahasan Cara Cek Nomor Plat Kendaraan

Buat anda yang ingin mengecek ke pemilikan dari plat nomor kendaraan tersebut beragam, bahkan ada yang langsung mendatangi samsat atau melalui secara online.

Melainkan yang ingin mengecek ke pemilikan plat nomor kendaraan ini, dengan bertanya langsung kepada Samsat bisa mendatangi bagian registrasi dan melakukan pengecekan secara manual.

Bahkan cara tersebut tentunya akan memakan waktu yang cukup lama, sebab biasanya Samsat selalu sibuk dan dipadati ribuan orang yang akan mengurus berkas kendaraan.

Pada tahun belakangan ini, Samsat pun selalu memerlukan cek nomor plat kendaraan ke pemilikan plat nomor kendaraan ini secara online, bahkan cara tersebut mempersingkat waktu dan biaya.

Anda cukup memasukan plat nomor yang mau di cek ke pemilikannya dalam sebuah website ataupun aplikasi tersebut. seperti memakai cara manual maupun aplikasi.

Yang mau membeli mobil bekas, sebab dari pengecekan ini anda bisa mengetahui tentang informasi mobil tersebut, contohnya warna kendaraan, tipe kendaraan, tahun pembuatan, nomor mesin.

Bahkan besar pajak dari mobil tersebut, maka informasi ini bisa anda ketahui dengan mudah lewat aplikasi, yaitu selain memakai cara manual ataupun aplikasi.

Tentunya ada juga cara cek nomor plat kendaraan lain yakni melalui SMS, sebab ketiga cara ini biasa di jadikan sumber pencarian informasi bagi anda yang ingin mengecek kendaraan.


Cara Cek Nomor Plat Kendaraan


1. Cara Cek Nomor Plat Kendaraan Melalui SMS

Cara Cek Nomor Plat Kendaraan
Cara Cek Nomor Plat Kendaraan Melalui SMS
Berikut ini daftar cara cek nomor plat kendaraan melalui sms, simak ulasan di bawah ini:
  • DKI Jakarta - ketik Metro nopol Kirim ke 1717
  • Jawa Barat - Ketik Info nopol Kirim ke 0811-211-9211
  • Jawa Tengah - Ketik JATENG nopol- Kirim ke 9600
  • Jawa Timur - Ketik JATIM nopol Kirim 7070
  • Kep. Riau - Ketik KEPRI nopol Kirim ke 9969
  • DIY - Ketik DIY nopol Kirim ke 9600


2. Cara Cek Nomor Plat Kendaraan di Wilayah DKI Jakarta

Cara Cek Nomor Plat Kendaraan
Cara Cek Nomor Plat Kendaraan di Wilayah DKI Jakarta
Tentunya berbeda dari wilayah yang biasanya, dengan begitu berbeda juga kode untuk SMS maka untuk bisa mengecek ke pemilikan plat nomor kedaraan di wilayah DKI Jakarta.

Bahkan anda bisa mengirimkan SMS ke nomor 1717 dengan format, yaitu Metro (Spasi) Nomor polisi yang akan di cek.

Misalnya Metro (Spasi) B1063SDZ biaya SMS tersebut, maka dengan begitu biasanya akan memakan pulsa sebesar Rp 1.000 saja dengan melakukan cara cek nomor plat kendaraan.


3. Cara Cek Nomor Plat Kendaraan di Wilayah Jawa Barat

Cara Cek Nomor Plat Kendaraan
Cara Cek Nomor Plat Kendaraan di Wilayah Jawa Barat
Bahkan yang di wilayah jawa barat berikut kode SMS-nya berbeda dengan DKI Jakarta, maka dengan begitu anda bisa mengirimkan SMS dengan format INfo(spasi) Nomor polisi (spasi) Warna kendaraan.

Berikut ini dengan melakukan cara cek nomor plat kendaraan, misalnya Info (spasi) D1401MW (spasi) Merah dengan format tersebut di kirimkan ke nomor 0811-211-9211.


4. Cara Cek Nomor Plat kendaraan di Wilayah Jawa Tengah

Cara Cek Nomor Plat Kendaraan
Cara Cek Nomor Plat kendaraan di Wilayah Jawa Tengah
Bahkan untuk wilayah jawa tengah kode SMS-nya berbeda dengan formatnya, bahkan untuk cara cek nomor plat kendaraan tersebut.

Contohnya yang ada di wilayah JATENG (spasi) AD4444AIR maka anda selanjutnya di kirimkan ke 9600.

Dengan menggunakan format SMS ini maka hanya ini bisa di lakukan untuk kendaraan yang ada di wilayah jawa tengah.


5. Cara Cek Nomor Plat Kendaraan di Wilayah Jawa Timur

Cara Cek Nomor Plat Kendaraan
Cara Cek Nomor Plat Kendaraan di Wilayah Jawa Timur
Tentunya yang ada di wilayah di jawa timur, maka format SMS-nya yaitu JATIM (spasi) Nomor polisi contohnya JATIM (spasi) L1144ARR dengan format lalu kirim ke 7070.

Dengan cara cek nomor plat kendaraan tersebut, maka perlu di ingatkan format itu hanya berlaku di wilayah jawa timur bukan di luar wilayah jawa timur.


6. Cara Cek Nomor Plat Kendaraan Melalui Via Aplikasi

Cara Cek Nomor Plat Kendaraan
Cara Cek Nomor Plat Kendaraan Melalui Via Aplikasi
Nah untuk cara yang kedua ini, anda bisa memakai cara cek nomor plat kendaraan menggunakan aplikasi, bahkan di era keterbukaan ini cukup mudah mengetahui plat nomor kendaraan.

Bahwasannya ada banyak aplikasi yang bisa di gunakan, walaupun ada di wilayah di daerah DKI Jakarta maka anda tidak bisa menggunakan untuk mencari informasi kendaraan lain.

Dengan begitu aplikasi tersebut, hanya bisa di gunakan untuk plat nomor yang sudah terdaftar di jakarta, maka anda tidak bisa menggunakan untuk mencari info kendaraan

Bahkan untuk bisa melihat aplikasi tersebut, maka anda bisa menggunakan Play Store untuk Android dan Apple Store untuk iOs.

Sebab untuk memakai aplikasi tersebut, maka anda sangat sekali di mudahkan dan sangat cepat.

Dengan begitu anda cukup membutuhkan kouta internet dan bisa saja mengecek plat nomor kendaraan cukup mudah.



7. Cara Cek Nomor Plat Kendaraan Melalui Website

Cara Cek Nomor Plat Kendaraan
Cara Cek Nomor Plat Kendaraan Melalui Website
Maka untuk yang cara ke tiga ini anda bisa menggunakan untuk cara mengecek nomor plat kendaraan yaitu melalui website, dengan cara ini yang paling sering di gunakan.

Bahkan setelah anda menggunakan aplikasi ini sebab hanya perlu membuka laman pencarian dan mengunjungi website, di bandingkan dengan menggunakan SMS yang memnutuhkan pulsa.

Berikut ini daftar cara cek nomor plat kendaraan mennggunakan webite di daerah tersebut, simak ulasan di bawah ini.



Akhir Kata

Nah untuk anda, di ingatkan sebagai warga negara yang baik maka gunakanlah fasilitas ini untuk keperluan baik jangan sekali-kali memakai website atau aplikasi tersebut ke hal yang tidak baik.

Anda bisa menggunakan itu ke hal yang baik, contohnya membantu seseorang yang menjadi korban tabrak lari atau anda bisa mencari kendaraan pelaku tabrak lari dengan menggunakan plat nomor.

Perlu di ingatkan ke tiga alat itu, terkadang tidak memberikan data yang akurat atau baru, sebab untuk mendapatkan info yang baru maka ada baiknya anda mendatangi samsat.

Itulah bahasan seluruh artikel kami mengenai cara cek nomor plat kendaraan 2021. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Dody S. Seseorang yang senang belajar dan sharing segala hal tentang teknologi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel