Cara Dropship di Tokopedia 2022

Cara Menjadi Dropship di Tokopedia
Cara Menjadi Dropship di Tokopedia - Membuat bisnis secara online memang belakangan ini semakin banyak sekali diminati oleh para pembisnis, karena dilihat dengan tingginya pengguna jaringan internet yang ada di Indonesia.

Adapun salah satu bisnis secara online yang sangat mudah sekali dijalankan yaitu dengan menggunakan sistem dropship.

Dengan menggunakan sistem ini, para pedagang online tidak perlu lagi harus selalu mempunyi stok produk untuk dijual.

Selain tanpa [erlu mempunyai stok produk, bagi seorang dropshipper (pedagang yang berjualan dengan menggunakan sistem dropshipping).

Para dropship juga tidak akan direpotkan lagi dengan proses pengiriman barang atau produk yang sudah berhasil dijualnya.

Pengiriman dan pengemasan produk kepada para pembeli, dilakukan oleh semua pihak pemasok atau supplier.

Tidak hanya itu saja, pada kemasan barang yang akan dikirim ke para pembeli, juga akan tercatat dengan nama toko penjual yang punya dropshipper.

Sehingga para pembeli tidak akan pernah mengetahui jika produk tersebut yang sebenarnya akan dikirimkan oleh para supplier.

Lantas, dimana anda dapat berjualan dengan menggunakan sistem dropshipping ini? Di Indonesia, sudah banyak sekali aplikasi marketplace sebagai bagian dari E-Commerce.

Pihak E-Commerce yang sudah memberikan kesempatan ini kepadapara masyarakat untukbisa ikut berbisnis dengan menggunakan sistem dropshipping.

Adapun salah satu aplikasi marketplace yang sangat layak sekali dicoba yaitu aplikasi Tokopedia.

Namun bagaimana cara untuk menjadi dropship di Tokopedia? Tenang saja bagi anda yang belum mengetahuinya, bisa simak artikel kali ini.

Karena kami akan membahas tentang bagaimana sih cara untuk menjadi seorang dropship di Tokopedia?

Langsung saja simak cara menjadi dropship di Tokopedia dibawah ini, sebagai berikut.



Cara Menjadi Dropship di Tokopedia


Cara Menjadi Dropship di Tokopedia Pemula

Cara Menjadi Dropship di Tokopedia
Cara Menjadi Dropship di Tokopedia Pemula
Disini ada beberapa tahapan yang harus anda lakukan jika benar-benar ingin berjualan dengan menggunakan sistem dropshipping di aplikasi Tokopedia.

Tanpa harus berlama-lama lagi, langsung saja simak cara menjadi dropship di Tokopedia dibawah ini:


1. Menentukan Produk/Barang Yang Ingin Dijual

Untuk langkah awal yang harus dilakukan yaitu anda menentukan produk atau barang yang ingin dijual.

Tahapan yang ini tidak boleh untuk dilakukan dengan asal-asalan, karena akan bisa menentukan laku-tidaknya barang/produk yang dijual tersebut.

Untuk mencarai produk yang terlaring sekarang ini, anda dapat memanfaatkan mesin pencari misalnya, seperti platfrom Google untuk bisa melihat produk apa saja yang paling laris dan diminati masyarakat.

Selain itu juga, anda dapat memperhatikan produk apa saja paling lars dan dicari-cari dengan cara mengunjungi langsung halaman beranda aplikasi Tokopedia.

Kami menyarankan, jangan sampai anda memilih produk yang musiman dan hanya laku disaat yang tertentu saja, dan sebaiknya anda fokus pada satu produk saja.


2. Memilih Pemasok atau Supplier

Jika sudah berhasil menentukan produk apa saja yang ingin dijual, langkah yang berikutnya yaitu dengan mencari para supplier yang mempunyai produk yang ingin dijual tersebut.

Ditahapan yang kali ini, silahkan lakukan perbandingan antar para supplier, dan supplier mana yang terbaik dari segi kualitas produk, pelayanan, dan harga.



3. Melakukan Registrasi Akun Tokopedia

Jika sudah berhasil menentukan produk dan juga supplier yang paling tepat, langkah yang selanjutnya yaitu dengan membuat akun Tokopedia.

Pada proses yang kali ini, silahkan mengusu semua data diri anda sendiri dengan benar, mulai dari nama panggilan, nama lengkap, alamat E-mail yang valid dan nomor Handphone.

Jika sudah selesai melakukan registrasi, jangan lupa untuk langsung membuka alamta E-mail dan segera melakukan verifikasi pendaftaran dengan mengkil aktivasi akun.


4. Membuat Toko DidalamTokopedia

Jika anda sudah berhasil melakukan registrasi akun, langkah yang berikutnya yaitu dengan membuat toko.

Silahkan isi semua kolom formulir yang sudah ada, mulai dari slogan, nama toko, dan juga deskripsi.

Langkah yang berikutnya yaitu memilih metode pengiriman, dikolom ini, silahkan sesuaikan dengan metode pengiriman apa saja yang dapat dilakukan oleh para supplier.

Karena nantinya proses pengiriman produk akan ditangani oleh para supplier, selanjutnya yaitu memilih dukungan pembayaran.

Jika semua kolom formulir yang ada sudah diisi, langkah berikutnya klik buka toko untuk langsung mengaktifkan, ditahapan yang ini, anda telah berhasil untuk membuat toko di Tokopedia.


5. Menambahkan Produk

Jika anda telah berhasil membuat toko di Tokopedia., langkah yang selanjutnya yaitu anda harus menambahkan produk.

Untuk bisa menambahkan produk toko di Tokopedia, silahkan lakukan klik opsi tambahkan produk, lalu isi deskripsi produk yang ingin dijual.

Seperti katagori, nama produk, harga, minimum pemesanan, gambar, berat produk, kondisi, dukungan asuransi, serta kebijakan untuk pengembalian barang.

Jika semua formulir sudah diisi semuanya, langkah berikutnya anda klik simpan, SELESAI.



Akhir Kata

Nah itulah beberapa tahapan yang harus anda lakukan untuk bisa menjdai dropship di aplikasi Tokopedia.

Sebelum memutuskan untuk bergabung menjadi dropship Tokopedia, anda harus memikirkan matang-matang, karena setiap perusahan pasti memiliki kelebihan dan keekurangannya.

Jangan hanya tergiur dengan kelebihan yang dimiliki, tetapi anda juga harus menerimak kekurang yang ada jika berjualan di Tokopedia.

Itulah keseluruhan bahasan kami pada artikel kali ini tentang cara menjadi dropship si Tokopedia 2022. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Dody S. Praktisi teknologi, editor dan jurnalis di 1001Media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel