Cara Mengembalikan Akun IG yang di Hack dan Email Diganti 2022

Cara Mengembalikan Akun IG yang di Hack dan Email Diganti
Cara Mengembalikan Akun IG yang di Hack dan Email Diganti - Sebagai salah satu aplikasi media sosial yang paling populer, Instagram (IG) masih terus menjadi incaran para hacker.

Akun yang telah berhasil dihack pun sudah tak terhintung jumlahnya dan milik orang yang berbeda-beda.

Para pengguna Instagram yang telah menjadi korban hacker berasal dari semua kalangan profesi mulai dari pejabat, selebritis, pengusaha dan lainnya.

Bahkan para selebritis dan selebgram yang followersnya mencapai belasan juta juga pernah menjadi korban hacker.


Pembahasan Cara Mengembalikan Akun IG yang di Hack dan Email Diganti

Para hacker melakukan hack pada beberapa akun tersebut mempunyai beragam tujuan yang tak diketahui secara pasti tentunya.

Karena hackernya sendiri tidak akan pernah menampakkan dirinya dan mengakui jika dia pelakunya.

Berapapun jumlah followers yang kita miliki, jika akun Instagram terkena hack, tentu akan membuat pemiliknya menjadi bingung bahkan panik.

Apalagi jika si pemilik masih belum mengetahui cara untuk memulihkan atau mengembalikan akun tersebut.

Nah, jika kondisi tersebut pernah Anda alami dan ingin mengembalikan akun yang pernah terkena hack, maka kami sarankan untuk menyimak artikel ini hingga selesai.

Baca juga : Cara Hapus Akun IG

Karena kami akan memaparkan beberapa cara mengembalikan akun IG yang di hack dan email diganti seperti ulasan berikut ini.


Cara Mengembalikan Akun IG yang di Hack dan Email Diganti

Cara Mengembalikan Akun IG yang di Hack dan Email Diganti dengan Melapor melalui Help Instagram

Cara Mengembalikan Akun IG yang di Hack dan Email Diganti
Cara Mengembalikan Akun IG yang di Hack dan Email Diganti dengan Melapor melalui Help Instagram
Adapun cara mengembalikan akun IG yang di hack dan email diganti dengan melapor melalui Help Instagram sebagai berikut:


1. Mengunjungi laman help.instagram.com

  • Silahkan kunjungi laman help.instagram.com melalui salah satu browser dan bisa juga melalui link berikut ini(Form Help Instagram).
  • Setelah laman terbuka, silahkan pilih menu Privacy & Safety > pilih Report > Something > Hacked Account > I Think my account has been hacked > Report it to us. 
  • Kemudian beberapa pertanyaan yang harus Anda isi dengan benar dan sejelas-jelasnya ditampilkan.

2. Pilih menu Impersonation Account

Untuk melaporkan jika akun Anda sudah diambil alih oleh orang, silahkan pilih menu Impersonation.

Yang harus diperhatikan, Anda harus mengisi form yang telah disediakan oleh Instagram dengan email lengkap yang digunakan saat mendaftar awal ke Instagram jika ingin melaporkan akun yang kena hack menggunakan cara ini.

Anda juga harus memastikan jika akun Instagram tersebut sudah berganti nama atau tidak.

Anda wajib memasukkan nama yang sekarang digunakan oleh akun yang sudah dihack, agar pihak Instagram bisa lebih mudah untuk memulihkannya kembali, bila namanya telah diganti.


3. Akun Instagram akan hilang

Setelah Anda mengirimkan laporan, maka pihak Instagram akan menghilangkan atau menghapus akun tersebut untuk sementara.

Namun Anda tidak perlu khawatir, karena hal tersebut dilakukan untuk memastikan jika akun tersebut memang sudah dibobol oleh hacker.

Sehingga Anda tidak akan bisa menemukan nama akun tersebut jika mencarinya di kolom pencarian dan saat mencarinya akan muncul tulisan "user not found".

Harus diperhatikan, ketika nama akun Anda tidak ditemukan, jangan pernah mendaftar atau mebuat akun baru Instagram menggunakan nama akun yang dibobol tersebut.

Karena hal tersebut bisa membuat pihak Instagram bingung dan pihak Instagram akan berfikiran jika Anda sendiri yang lah yang hack akun tersebut.


4. Periksa email

Setelah laporan terkirim, silahkan periksa email Anda, apakah ada pesan yang masuk dari Instagram terkait laporan tersebut.

Jika ada email yang masuk dari Instagram terkait langkah yang harus dilakukan, silahkan ikuti ya guys.

Anda nantinya akan diminta oleh pihak Instagram untuk melakukan instruksi "tulis tangan nama akun dan nama lengkap serta kode rahasia dari Instagram di kertas putih".

Untuk memverifikasi jika Anda adalah pemilik asli dari akun tersebut, silahkan foto wajah Anda dan kertas putih yang berisi pernyataan yang telah ditulis sebelumnya.

Pastikan posisi wajah telah sesuai dengan salah satu foto yang pernah Anda upload di Instagram atau minimal mirip lah dengan foto profilmu.


5. Isi form kedua yang dikirim oleh Instagram

Bila sudah mengirim balasan email yang terkait dengan verifikasi data dan diri Anda, maka pihak Instagram akan mengirim form kedua yang harus diisi dengan data terutama foto atau copy ID.

Silahkan balas serta isi email tersebut dengan dengan jelas dan pastikan jika tidak ada kolom yang terlewatkan, karena semua kolom berisi informasi penting.


6. Menunggu balasan dari pihak Instagram

Untuk balasan dari pihak Instagram, biasanya akan Anda terima sekitar 4 hingga 7 hari dan setelah balasan diterima, maka akun tersebut akan menjadi milik Anda kembali.

Setelah menerima email balasan, cobalah ketikkan usernamenya di kolom pencarian, jika muncul, maka akun tersebut sudah resmi dikembalikan.

Baca juga : Cara Hack Akun IG


Akhir Kata

Demikian cara untuk mengembalikan akun Instagram yang sudah di hack dan emailnya diganti juga.

Isilah seluruh data yang diminta oleh pihak Instagram, karena jika ada data yang diisi tidak sesuai, maka laporan pemuliha akun akan sulit disetujui.

Perhatikan juga beberapa aturan terkait pemulihan akun yang diperbolehkan dan dilarang untuk dilakukan guys.

Itulah seluruh isi artikel kami kali ini mengenai cara mengembalikan akun IG yang di hack dan email diganti 2022. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Dody S. Praktisi teknologi, editor dan jurnalis di 1001Media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel