4 Cara Membersihkan Fingerprint HP 2021

Cara Membersihkan Fingerprint HP
Cara Membersihkan Fingerprint Hp - Hampir semua Smartphone yang dirilis pada tahun 2018 telah dilengkapi dengan fitur sidik jari/fingerprint.

Sidik jari merupakan opsi tambahan yang berfungsi untuk mengunci dan membuka kunci layar dengan tingkat keamanan dan efisiensi yang tinggi.


Penggunaan fingerprint memang memberikan keamanan ekstra pada setiap Smartphone, disisi lain penggunaan fitur fingerprint ini dianggap jauh lebih efisien.

Kenapa? Karena anda tidak perlu lagi menekan tombol power untuk membuka kunci layar dengan menggunakan password atau pola yang dianggap bertele-tele.

Dengan banyaknya Smartphone dengan fitur fingerprint yang beredar dan laris di pasaran, tentu juga membuatnya melahirkan keluhan-keluhan error atau kerusakan fitur sidik jari Smartphone.

Hal ini pastinya sangat tidak diinginkan oleh para pengguna Smartphone yang memiliki fitur sidik jari dan akan membuat panel scan sidik jari pada Smartphone menjadi terkesan menghabiskan tempat.

Oleh karena itu, untuk menikmati fitur fingerprint yang prima pada Smartphone ini anda harus mengetahui apa saja penyebab kerusakannya, agar lebih mudah dibersihkan dan tahu cara merawatnya.

Baiklah langsung saja, berikut ini ulasan cara membersihkan fingerprint Hp yang bisa anda simak sampai selesai.


Cara Membersihkan Fingerprint Hp


1. Cara Membersihkan Fingerprint Hp atau Panel Scan Sidik Jari

Cara Membersihkan Fingerprint HP
Cara Membersihkan Fingerprint Hp atau Panel Scan Sidik Jari
Salah satu komponen yang memiliki peranan paling penting atau vital yaitu Panel Scan sidik jari, oleh karena itu kami akan membagikan cara membersihkan Fingerprint Hp dengan mudah, kali ini.

Panel Scan sidik jari dapat disebut sebagai frontiler pada fitur Fingerprint, karena fungsinya yang berhubungan langsung dengan sidik jari pengguna.

Selain itu, sensor yang terletak pada panel scan sidik jari ini tentu juga akan terganggu jika ada pertikel yang menghalanginya untuk membaca sidik jari yang sedang ditempelkan.


Selain adanya partikel kecil yang menghalangi proses autentikasi, banyaknya goresan pada panel scan sidik jari juga dapat mengurangi sesitivitas sensor FIngerprint.

Karena hal inilah, panel scan sidik jari ini harus sangat diperhatikan kebersihannya, usahan untuk menjauhkan dari benda-benda yang dapat mengakibatkan goresan kecil pada panel sidik jari.


2. Cara Membersihkan Fingerprint Hp dengan Kain Serat Mikro

Cara Membersihkan Fingerprint HP
Cara Membersihkan Fingerprint Hp dengan Kain Serat Mikro
Selain cara membersihkan fingerprint Hp diatas, anda juga bisa melakukannya dengan menggunakan Kain Serat Mikro.

kain ini terbuat dari serat yang sangat halus, sehingga kemungkinan untuk menggores panel scan sidik jari sangatlah kecil.


Untuk membersihkannya, usahakan agar anda tidak menggunakan benda-benda yang berbahan dasar kertas, serat kasar yang terdapat pada kertas atau benda yang terbuat dari kertas.

Karena semua itu dapat menyebabkan goresan pada scan sidik jari yang akan membuatnya sentivitas panel scan menjadi menurun.

Usahakan untuk membersihkan seluruh bagian panel scan sidik jari secara perlahan, jangan sampai menekan panel scan karena dapat mengakibatkan kerusakan.

Anda harus membersihkannya mulai dari bagian tengah panel, sampai sela-sela panel sidik jari yang kemungkinan dapat menjadi tempat menumpuknya debu.

Cara membersihkan yang biasanya dilakukan yaitu dengan meniup dan mengikuti usapan halus menggunakan kain serat mikro.


3. Cara Membersihkan Fingerprint Hp Menggunakan Kain Kering

Cara Membersihkan Fingerprint HP
Cara Membersihkan Fingerprint Hp Menggunakan Kain Kering
Cara membersihkan Fingerprint Hp dengan kain Mikro sebaiknya tidak digunakan dalam keadaan basah, karena penggunaan Fingerprint dalam keadaan basah juga bisa menyebabkan error.

Jika tidak sengaja atau terlanjur menggunakan kain serat yang basah, maka alangkah baik untuk segera mengeringkan panel scan sidik jari dan lanjutkan dengan kain serat mikro yang kering.

Hal itu nntuk mencegah terjadinya error atau berkurangnya sensitivitas pada panel scan sidik jari.


Beberapa smartphone memang sudah dilengkapi dengan tekahnologi Waterproff yang memungkinkan Hp tetap hidup meskipun dalam genangan air.

Namun tetap saja, karena ponsel tidak digunakan untuk di dalam air, meskipun memiliki ketahanan terhadap air mungkin hanya dapat bertahan dalam beberapa jam saja.

Begitu juga dengan fitur Fingerprint ini, alangkah baiknya agar tidak digunakan dalam keadaan basah.


4. Cara Membersihkan FIngerprint Hp dengan Kalibrasi

Cara Membersihkan Fingerprint HP
Cara Membersihkan FIngerprint Hp dengan Kalibrasi
Kalibrasi merupakan pengaturan akurasi dan autentikasi terhadap sidik jari yang di Scan, ini juga merupakan salah satu cara membersihkan Fingerprint hp.

Jika Fingerprint dirasa error atau bekerja lambat saat men-scan sidik jari, maka silahkan untuk melakukan kalibrasi.

Jika setelah proses kalibrasi dan sensor sidik jari masih error, maka lakukan proses konfigurasi ulang fingerprint untuk merekam ulang sidik jari yang baru dan menghapus yang lama.


Selain kedua cara diatas, anda juga dapat menghapus Shortcut yang difungsikan pada Scan sidik jari seperti fungsi mengangkat telepon dan lain sebagainya.

Shortcut yang difungsikan pada fingerprint ini juga bisa menyebabkan error karena banyaknya perintah yang harus dijalankan.

Oleh karena itu, jika bisa cukup fungsikan scan sidik jari untuk membuka kunci layar Smartphone demi menjaga performa sensor sidik jari agar tetap prima dan tidak terjadi error bahkan kerusakan.


Akhir Kata

Diatas tadi kami sudah bagikan beberapa cara untuk membersihkan sensor sidik jari disemua Smartphone.

Mengapa penting membersihkan panel scan? karena setiap tekhnologi pastinya akan mengalami kerusakan jika tidak dirawat dan digunakan semestinya.

Untuk menghindari hal tersebut, maka anda juga harus menghindari beberapa hal yang dapat menyebabkan kerusakan.

Jika informasi ini sangat berguna untuk anda, jangan lupa untuk membagikannya kepada teman atau kerabat yang belum mengetahui-nya.

Itulah seluruh bahasan kita pada artikel kali ini mengenai cara membersihkan Fingerprint Hp 2021. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Dody S. Seseorang yang senang belajar dan sharing segala hal tentang teknologi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel