Cara Beriklan Di Tiktok 2021

Cara Beriklan Di Tiktok
Cara Beriklan Di Tiktok - Tik Tok merupakan sebuah aplikasi sosial media yang memungkinkan para penggunanya untuk membuat video yang berdurasi pendek, dengan memberikan efek yang unik dan menarik.

Aplikasi Tiktok ini diluncurkan pada tahun 2016 dan dikembangkan oleh Beijing ByteDance Technology yang berasal dari Tiongkok.

Dan aplikasi Tiktok ini diunduh melalui Play Store untuk pengguna android sedangkan App Store untuk pengguna iOS.

Para penggunanya juga dapat dengan mudah membuat atau menghasilkan sebuah video yang keren serta dapat dibagikan ke aplikasi sosial media seperti Instagram, Facebook dan lainnya.

Pengguna bukan hanya dapat membuat video, Pengguna juga dapat menelusuri hasil video Tiktok pengguna yang lain di feed.

Jadi para pengguna dapat menonton konten pengguna lain tanpa ikut berkontribusi membuat video.

Dari aplikasi Tiktok ini anda juga bisa memanfaatkannya untuk berbagi cerita, memberikan informasi tertentu maupun memberikan kata-kata motivasi.

Selain itu, anda juga dapat mengembangkan bisnis dan pemasaran melalui aplikasi ini.

Jika anda memliki suatu produk yang ingin di jual maka cobalah untuk membuat konten di Tiktok yang berisi iklan produk.



Pembahasan Cara Beriklan Di Tiktok

Dengan beriklan di Tiktok akan mendapatkan banyak kelebihan, dan mungkin jika anda sadar bahwa beriklan di Tiktok memiliki peluang yang cukup tinggi untuk melakukan pemasaran.

Bahkan dulu pada awal 2019 peluncuran fitur beta periklanan Tiktok sudah banyak sekali orang yang menggunakannya.

Dan sejak saat itu, beberapa brand besar seperti Fenty Beauty, Nike dan Apple Music mulai beriklan di Tiktok untuk mempromosikan produknya tersebut, dalam kampanye yang unik dan menarik secara visual.

Namun sebelum mulai beriklan di TikTok, Sebaiknya tanyakan terlebih dahulu kepada diri anda apakah platform iklan ini tepat untuk bisnis anda, karena tidak semua bisnis cocok untuk beriklan di Tiktok.

Bagi anda yang belum mengetahui cara beriklan di Tiktok maka dari itu ada dapat menyimaknya atau mengikuti langkah-langkah dibawah ini.


Cara Beriklan Di Tiktok


Cara Beriklan Di Tiktok Terbaru

Cara Beriklan Di Tiktok
Cara Beriklan Di Tiktok Terbaru
Adapun langkah-langkah untuk melakukan cara beriklan di Tiktok dibawah ini sebagai berikut:


1. Buat Akun Iklan TikTok

Untuk membuat kampanye iklan pertama anda, silahkan anda kunjungi halaman beranda TikTok for Business dan klik tombol get started, di sana anda akan dialihkan ke halaman login.

Jika belum mempunyai akun, tentu saja anda harus membuat akun terlebih dahulu melalui tombol sign-up.

Dan anda akan dialihkan kembali ke halaman TikTok Ads dan diminta untuk melanjutkan pembuatan akun iklan TikTok dengan cara register.



2. Buat Campaign di TikTok Ads

Pada dashboard TikTok Ads, klik tab campaign yang terdapat pada bagian atas halaman.

Lalu klik tombol create ( Membuat ) dan create new ( Membuat Baru ) setelah terbuka halaman baru.

Selanjutnya, pilih tujuan kampanye, yang merupakan dimana tujuan utama iklan anda.

Anda bisa memilih dari ketiga opsi yang sudah tersedia, yaitu: awareness dengan menggunakan pilihan reach, consideration dengan menggunakan pilihan traffic, app install dan video views, serta conversion.

Untuk menetapkan anggaran anda di kampanye iklan Tiktok ini, pilihlah salah satu opsi anggaran harian atau anggaran total.

Anda juga dapat memilih no limit dibagian bawah untuk anggaran iklan tanpa batas.

Maka dari itu anda harus memperhatikan adanya minimum anggaran harian dan anggaran total yang harus dipenuhi, lalu setelah itu lanjutkan dengan menekan tombol continue.


3. Atur Placement, Detail, dan Target

Langkah selanjutnya, secara otomatis anda akan masuk ke menu membuat grup iklan atau ad group untuk kampanye anda dan memilih penempatan serta penargetan iklan.

Salah satu fitur yang paling berguna dari dashboard Tiktok Ads yaitu memungkinkan anda memilih platform yang cocok atau tepat untuk menjalankan iklan.

Ada juga pilihan auto placement, dimana Tiktok yang akan menentukan penempatan iklan demi mendapatkan kinerja iklan yang lebih baik.

Masukkan semua detail yang dibutuhkan untuk mulai menjalankan iklan tersebut, termasuk memasukkan URL atau link menuju website/toko online, nama tampilan, gambar, dan kategori yang sangat relevan.

Anda juga dapat memilih 20 kata kunci yang mendeskripsikan situs atau aplikasi anda, dan kata kunci tersebut kemudian akan digunakan untuk mencocokkan produk anda dengan audiens yang tepat.

Bagian penargetan memungkinkan anda untuk menentukan audiens target untuk iklan anda.

Tetapkan parameter bedasarkan usia, jenis kelamin, bahasa, minat, lokasi, perangkat, dan lainnya agar dapat menarik audiens yang tepat.



4. Tetapkan Anggaran, Durasi, dan Sasaran

Masih dalam pengaturan ad gruop, disana anda harus tetapkan anggaran untuk grup iklan pada bagian anggaran dan jadwal.

Anda dapat memilih anggaran harian dalam artian jumlah yang anda ingin belanjakan setiap hari, atau anggaran total dengan jumlah yang ingin anda belanjakan selama durasi iklan yang anda pilih.

Jangan lupa, ada minimum anggaran di setiap opsi penentuan biaya anggaran iklan tersebut tadi.

Dan pilihlan durasi untuk menjadwalkan waktu tayang iklan. hal tersebut memungkinkan anda untuk memilih waktu tertentu dalam sehari atau minggu untuk menjalankan iklan.

Tiktok juga menawarkan opsi yang disebut pengoptimalan cerdas, jika opsi tersebut diaktifkan.

Maka penawaran anda akan di sesuaikan dan dioptimalkan demi meningkatkan konversi.

Sementara jika anda memilih klik atau tayangan sebagai sasaran iklan, sebaiknya pengoptimalan cerdas tersebut jangan di aktifkan.


5. Menentukan Format dan Memilih Desain Iklan

Kemudian anda dapat merancang desain iklan dari aplikasi TikTok. Iklan TikTok tersebut dapat berupa gambar dan video horizontal, vertikal, atau persegi.

Platform iklan TikTok tersebut juga mempunyai alat yang disebut video creation kit, alat tersebut menyediakan template video dan gambar yang bisa anda gunakan.

Fitur video creation kit ini juga sudah dilengkapi dengan 200+ pilihan musik latar dengan gratis.

Setelah pihak TikTok menyetujui kampanye iklan anda dan iklan mulai berjalan atau ditayangkan, anda dapat memantau kinerjanya di dashboard iklan.



Akhir Kata

Demikianlah langkah-langkah untuk melakukan cara beriklan di aplikasi Tiktok yang sudah kami bagikan diatas ini.

Bagaimana sangat mudah bukan untuk dilakukan? Dan tidak menghabiskan begitu banyak waktu.

Silahkan anda ikuti langkah-langkah yang diatas tersebut, jika ingin melakukan cara beriklan pada aplikasi Tiktok.

Itulah seluruh bahasan kami pada artikel kali ini tentang cara beriklan di Tiktok 2021. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Dody S. Seseorang yang senang belajar dan sharing segala hal tentang teknologi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel